Alternatif Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Alternatif Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang – Daun ketapang ialah salah satu daun yang telah di kenal oleh banyak penyuka ikan cupang di indonesia karena kegunaannya bagi ikan cupang sangat besar. Seperti menyembuhkan luka, mempercantik warna ikan cupang dan masih banyak yang lainnya.

Di pulau jawa sendiri masih banyak di temui daun ketapang di sekitar. Jadi bisa mencari sendiri dan mengolah daun ketapang wajib dengan menggunakan cara yang benar, agar tidak meracuni ikan hias yang dipelihara.

Alternatif Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

alternatif-pengganti-daun-ketapang

Di wilayah sumatera dan kalimantan juga sangat susah di temukan pohon ini, dan masih jarang di temukan disana. Akibatnya pecinta ikan cupang di wilayah tersebut susah untuk mendapat obat alami ikan cupang.

Tapi jangan bingung, bagi yang masih kesulitan untuk mencari daun ketapang, ada alternatif dan lain yang akan cepat di temukan.  Khasiatnya lumayan, meski tidak sebaik ketapang, tapi daun di bawah ini bisa di gunakan sebagai perawatan ikan cupang .

Memanfaatkan Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang

Daun pisang berlimpah di temukan, manfaat daun pisang untuk ikan cupang ini sudah di gunakan para penyayang ikan cupang yang telah senior.

Meski banyak yang belum tau juga, tidak ada salahnya  mencoba daun pisang juga sebagai obat ikan cupang jika tidak bisa mendapati pohon ketapang.

Tapi tidak semua jenis pisang daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat ikan ya. Karena hanya ada beberapa jenis pisang yang sifatnya aab dengan nama latin musa sapientum ( musa sp. Var. Sapientum ) yang memiliki manfaat baik bagi ikan.

Misalnya saja pisang raja, pisang tanduk, pisang siam dan Pisang kepok yang biasanya ada di sekitar  dan tumbuh dengan liar. Cara pengolahan daun ini juga sama seperti cara mengolah daun ketapang kering, namun tipe daun yang di gunakan tidak sama

Cara Merawat Ikan Cupang

Manfaat Daun Pisang untuk Ikan Cupang

  1. Meringankan stres
  2. Meningkatkan kecerahan warna ikan
  3. Membantu mempercepat pemulihan luka
  4. Mengobati penyakit semisalnya jamur, kerusakan selaput lendir dll
  5. Meningkatkan kesiapan pemijahan

Menggunakan Daun Jati Pada Cupang

Sebagai alternatif pengganti daun ketapang untuk ikan cupang, menurut komunitas ternyata daun jati juga sangat bagus bagi keindahan warna. Karena daun jati di yakini bisa melakukan pembersihan tinja dan bakteri yang melekat pada tubuh dan ekor ikan cupang.

Cara mengolahnya juga tidak jauh tidak sama dengan daun ketapang dan daun pisang.

Budidaya Ikan Cupang

Cara Penggunaan Daun Jati untuk Ikan Cupang

  1. Tuang air bersih dan sedikit garam ke dalam wadah (aquariun / ember cat.
  2. Masukan satu lembar daun jati kering kedalam wadah ( aquarium / ember cat ) dan sedikit cairan daun ketapang yang suda direbus.
  3. Selanjutnya masukan ikan cupang hias peliharaan ke tempat yang sudah disediakan di atas.
  4. Biarkan ikan cupang hias selama di karantina, dan jauh dari terik matahari (tempat gelap) sekitar 2-tiga hari (selama karantina penyediaan makanan seperti bias).
  5. Setelah masa akhir karantina 2-tiga hari. Pindahkan ikan cupang hias ketempat aquarium lain yang berisi air bersih.
  6. Kemudian jemur di panas pagi hari sekitar 15- 20 menit. Lihat hasil nya corak warna ikan cupang hias peliharaan akan lebih menonjol dan lebih indah untuk dipandang mata.
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment