Cara Budidaya Ikan Bandeng di Kolam

Cara budidaya ikan bandeng di kolam – Bandeng memang lauk yang sungguh enak menjadi sahabat nasi. Apalagi lagi jika diberikan dengan sambal khusus maka akan semakin lezat. Sehingga sampai sekarang budidaya bandeng memang masih menjanjikan, terlebih setelah lebih banyak varietas bandeng air tawar.

Ikan bandeng hidup di air payau yang merupakan daerah asal aslinya. Daerah asal bandeng khusus ini membuat sedikit repot para peternak bandeng yang tinggal jauh dari pantai. Namun, kedatangan bandeng air tawar membuat pemeliharaan dan perawatannya menjadi akan cepat.

Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar

Cara budidaya ikan bandeng di kolam

Persiapan apa saja yang dibutuhkan mulai usaha budidaya ikan bandeng di kolam air tawar ? Paling tidak cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar mirip dengan ikan tipe lain seperti; gurame, nila, dan lainnya.

Untuk persiapan membudidayakan bandeng di air tawar, perlu beberapa persiapan supaya hasilnya tidak mengecewakan antara ;ain :

1. Menyiapkan Kolam Budidaya Ikan Bandeng

Langkah apa saja yang perlu diterapkan untuk menyiapkan kolam budidaya ikan bandeng air tawar ? Tahap awal dalam budidaya bandeng di air tawar, tentunya adalah menyipakan kolam ikan. Dalam mempersiapkan kolam ikan bandeng berikut beberapa tahap harus diperhatikan :

  • Pilih lokasi terbaik untuk pembuatan kolam.
  • Isikan kolam dengan air tawar, bisa menggunakan genangan air sawah atau air sumber.
  • Pastikan kedalaman genangan air tersebut tidak terlalu dalam.
  • Tentukan juga panjang dan lebar atau luasan kolam. Sebab luas kolam inilah selanjutnya akan dipakai sebagai dasar perhitungan bibit yang akan dipakai.
  • Luas kolam wajib sesuai dengan jumlah populasi bandeng. Sebab jika terlalu banyak ikannya dan kolam ukurannya kecil maka perkembangannya tak mungkin optimal.
  • Apabila kolam yang dipakai merupakan kolam baru, maka ada baiknya sebelumnya tumbuhkan plankton alami, supaya ikan bisa mencari makan secara alami.
  • Cara mudah dapat digunakan untuk menumbuhkan plankton ialah dengan menggaru tanah atau area kolam.

2. Pemilihan benih Ikan Bandeng Berkualitas

Seperti apa ciri – ciri benih ikan bandeng berkualitas bagus atau unggulan ? Dalam pemilihan benih bandeng wajib melakukannya dengan cermat. Benih yang tidak berkualitas akan sangat berakibat terhadap hasil panen. Tentu saja ini akan mengecewakan. Berikut hal – hal harus diperhatikan dalam memilih benih ikan bandeng.

  • Pastikan benih yang dibeli ialah benih bandeng air tawar. Oleh sebab itu, tanyakan informasi spesifikasi mengenai benih kepada penjual.
  • Periksa anggota tubuh benih, apakah mengalami bagian cacat atau tidak.
  • Lihat gerakan benih bandeng, benih mempunyai kualitas di atas rata-rata adalah benih ikan yang mempunyai pergerakan aktif.
  • Benih juga wajib sehat dan bebas dari hama dan penyakit.
  • Ukuran ideal benih ada baiknya telah mencapai 1-2 inch.
  • Tempatkan benih di bak atau plastik bersih dan beri udara atau angin.

3. Cara Menebar Benih Bandeng Pada Kolam

Bagaimana cara menebar benih bandeng pada kolam agar tidak banyak yang mati ? Sama halnya dengan penebaran benih ikan tipe lain, sebelum dimasukkan ke dalam kolam, ada baiknya benih transit dahulu. Tempatkan benih pada bak atau wadah plastik. Pastikan kondisi kolam telah siap menampung benih.

Hal penting yang perlu diperhatikan ialah harap memastikan dahulu bahwa benih yang dimasukkan merupan benih sehat, sebab jika ada satu yang sakit maka bisa saja akan merambati lainnya. Selain itu juga ukur kepadatan kolam dan isi benih sesuai dengan simulasi idealnya.

Perawatan dan Pemeliharaan Usaha Budidaya Ikan Bandeng di Kolam Air Tawar

Tahapan perawatan dan pemeliharaan usaha budidaya ikan bandeng di kolam air tawar sangat menentukan keberhasilan. Oleh sebab itu beberapa hal harus diperhatikan, Jumlah pakan yang dikasihkan wajib sesuai jumlah ikan dan ukuran badannya. Jumlah pakan terlampau sedikit akan membuat perkembangan ikan tidak optimal. Namun sebaliknya jika pakan dikasihkan terlampau banyak, maka terjadi pemborosan dan dapat menimbulkan penyakit karena sisa makan akan membusuk di dalam kolam.

Pemberian pakan sebisa mungkin melakukannya dengan menggunakan cara sebagai berikut :

  1. Pada saat benih baru dimasukkan , ada baiknya biarkan benih ikan cukup mengkonsumsi plankton-palnkton pada di kolam
  2. Pelet lembut baru dikasihkan ketika usia benih di dalam kolam telah mencapai  7 hari
  3. Pemilik bisa menggiling atau mengaluskan pelet supaya berukuran menjadi lebih kecil.
  4. Berikan pakan dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.
  5. Setelah benih berukuran 3-4 inch, maka peternak bisa memberi pelet atau pur ikan tanpa perlu dilembutkan.
  6. Untuk dosis pemeberian sendiri yang perlu diperhatikan adalah pada saat tahap awal dosis disediakan adalah 5% dari berat badan ikan.
  7. Selanjutnya pada tahap kedua penyediaan makanan adalah sejumlah 12-15 % berat bandeng.
  8. Pada saat beranjak dewasa maka jumlah pakan yang disediakan berkisar 20-25% berat ikan.

Cara Pemeliharaan Air Kolam Ikan Bandeng

Kualitas air kolam sangat berdampak terhadap kesehatan ikan, lebih lanjut berdampak pada perkembangannya. Sehingga perlu penerapan cara pemeliharaan air kolam ikan bandeng agar tetap berkualitas dan mengandung cukup oksigen serta tidak kotor.

Air kolam yang mempunyai kualitas buruk dapat menjadi pemicu ternak menjadi sakit dan berujung pada kematian. Ini akan membuat pekerjaan yang sudah dipersiapkan cukup lama menjadi sia-sia. Kegagalan beternak bandeng sama artinya dengan wajib menanggung kerugian materi. Agar tidak terjadi hal – hal tidak diinginkan maka perlu diperhatikan :

  1. Periksa setiap hari saluran air masuk dan air keluar. Pastikan saluran lancar.
  2. Buat kincir air di kolam agar kadar oksigen lebih terjamin.
  3. Perhatikan ketinggian air, jangan sampai kurang atau berlebih. Khususnya pada musim penghujan, jangan sampai air meluap melewati dinding kolam. Sedangkan pada musim kemarau, jaga jangan sampai air kurang dari semestinya.

Usia Panen Budidaya Ikan Bandeng

Biasanya setelah 4 bulan diternakkan, maka ikan bandeng telah memasuki usia siap panen. Namun sebelum diunduh harap untuk memastikan ukuran tubuh ikan telah mencukupi.

Untuk memanen ikan, terlebih dahulu kurangi jumlah air kolam dan tangkap dengan memakai jaring.

Demikian artikel cara budidaya ikan bandeng di kolam jika merasa berguna silahkan bagikan dengan teman. Dan tinggalkan komentar jika merasa ada pertanyaan.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!