Budidaya Lebah Madu

Budidaya Lebah Madu mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu ialah cairan kental manis yang diproduksi lebah sebagai makanan cadangan.

Di dalam madu terdapat nutrisi yang berlimpah, sehingga manusia memanfaatkan madu sebagai minuman pendukung kebugaran. Tingginya minat masyarakat secara otomatis menaikkan harga madu itu sendiri.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang mahal, tetapi untuk menjual ke pasar amat gampang. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang amat sering dicari oleh masyarakat, karena dipercaya dapat menolong menjaga kebugaran manusia.

Penelitian juga membuktikan kalau tidak ada efek samping dari pengonsumsian madu, bahkan kini madu menjadi pilihan obat herbal utama bagi masyarakat indonesia.

Keuntungan dan Kerugian Budidaya Lebah

Pada dasarnya, tidak teramat sulit untuk budidaya lebah madu, bahkan hampir tak harus mengelolanya. Lebah mampu mengurus dirinya sendiri, mungkin hanya perlu menyediakan stup yang layak bagi koloni lebah madu untuk ditinggali.

Budidaya lebah madu bisa dijadikan sebagai usaha sampingan karena tanpa disadari, kita telah  mendapatkan banyak madu yang siap dijual.

Keuntungan Budidaya Lebah Madu

  • Lebah madu amat gampang diternakkan, bahkan koloni serangga ini bisa mengurus diri sendiri. Anda tak harus melakukan penanganan yang kompleks.
  • Penjualan produk hasil lebah madu amat gampang. Ada banyak pengepul, pemilik toko, atau konsumen langsung yang siap membelinya.
  • Kita hampir tak harus mengeluarkan biaya untuk pengadaan pakan. Lebah madu akan mencari nektar dan serbuk sari dari tanaman-tanaman sekitar.
  • Modal yang diperlukan untuk beternak lebah madu tidak teramat banyak. Apalagi jika mau menjadikan stup sendiri dan juga berburu lebah madu di alam liar.
  • Kita bisa memperoleh keuntungan yang besar mengenali harga madu dan produk hasil lebah lainnya dihargai cukup mahal di pasaran.
  • Lingkungan yang dipakai sebagai tempat pemilik ternakan lebah madu tidak menjelma kotor sebagaimana tempat pemilik ternakan binatang yang berbedanya.
  • Lebah sangat sulit diserang oleh hama dan penyakit, jadi tak harus gelisah terhadap kondisi kebugaran koloni yang dipelihara.
  • Lebah madu mampu berkawin dengan lebih cepat. Dalam waktu yang singkat, pemilik ternakan akan menjadi semakin besar.

Kerugian Budidaya Lebah Madu

  • Cukup sulit untuk menjadikan suatu koloni betah tinggal di dalam stup, membutuhkan trik khusus untuk menyiasatinya.
  • Lebah madu merupakan serangga yang mempunyai sengat. Artinya tempat pemilik ternakan lebah wajib jauh dari permukiman penduduk supaya tidak membahayakan orang lain.
  • Masa paceklik yang menyebabkan terjadi ketika minim bunga di dekat lingkungan pemilik ternakan wajib disiasati sebaik mungkin.
  • Wajib memastikan terdapat aneka bunga yang tumbuh di dekat tempat pemilik ternakan. Jika tidak, maka koloni akan kabur meninggalkan stup.
  • Proses memanen madu dari stup cukup kompleks sehingga memerlukan keahlian tersendiri. Proses ini wajib dikerjakan secara bijaksana supaya tidak merusak sarang.
Baca Artikel Lainnya :
Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu - Kadang kita perlu menyatukan koloni lebah madu yang satu dengan lainnya, dengan harapan mampu menyelamatkan dan me...
Cara Mengusir Tawon Ndas Cara Mengusir Tawon Ndas merupakan jenis serangga terbang yang suka menyengat dan memiliki warna menyolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ...
Cara Membuat Ratu Lebah Madu Cara Membuat Ratu Lebah Madu - Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Madu juga diperc...
Cara Memperbanyak Lebah Madu Lebah madu memiliki kebiasaan untuk hidup secara berkoloni dengan rata - rata antara sepuluh sampai tiga puluh ribu ekor per koloni. Untuk jenisnya bi...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!