Burung Mengangkat Kaki Sebelah

UntukĀ  semua penyuka yang gemar merawat burung bersuara merdu, sebisa mungkin ketahui penyebab serta mengobati tingkah laku dan kondisi pada burung piaraan. Dengan melihat cara bertengger ternyata dapat dijadikan sebagai cara untuk mencermati apakah burung tersebut tengah sakit atau bugar. Bahkan burung yang mengangkat kaki juga bisa menjadi petunjuk dalam mengetahui keadaan burung.

Perlu untuk tahu bahwa jika burung sering terlihat mengangkat bagian kaki ini tergolong sebuah tanda sedang ada masalah dengan kesehatannya. Permasalahan yang bisa timbul karena bagian kaki mengalami luka maupun karena infeksi penyakit khusus. Burung yang punya kebiasaan mengangkat sebelah kakinya bukan sedang melakukan atraksi namun burung sedang menunjukkan perasaan kesakitan.

Penyebab Burung Mengangkat Kaki Sebelah

penyebab-burung-mengangkat-kaki-sebelah

Sebagai pemilik burung sebaiknya anda bisa paham dengan tingkah laku yang sering dilakukan burung peliharaan. Apabila burung tidak pernah hinggap menggunakan satu kaki, kemudian mendadak dia bertengger dengan memakai satu kaki, bisa diartikan jika terdapat gangguan pada burung yang anda miliki.

Jadi sebaiknya ketahui apa saja hal yang menyebabkan burung sering mengangkat kaki. Dengan mengetahui hal yang menyebabkannya, maka anda bisa lebih mudah di dalam mengobatinya.

1. Kaki Burung Bengkak

Jika burung piaraan anda sering menaikkan kaki bisa saja dikarenakan oleh suatu penyakit. Beberapa penyakit yang sering menjadi penyebab kaki burung bengkak yakni bubulan atau bumble foot. Apabila burung mengalami sakit ini maka akan berdampak pada bagian kaki membesar dan terlihat seperti berkerak.

Penyakit bumble foot juga dapat menjangkiti semua tipe burung seperti kacer,kenari,murai batu, serta lovebird. Namun dari seluruh tipe burung tersebut yang paling kerap mengalami sakit bubul yakni burung kenari.

Penyebab serta Cara Mengobati Burung Kenari Bersuara Serak

2. Kaki Burung Terluka

Jika sebelah kaki seekor burung tampak terluka, hal yang bisa dilakukannya hanya menaikkan salah satu kaki. Maka apabila burung anda sering meninggikan kaki, coba perhatikan di bagian sebelah kaki. Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah terdapat luka atau hal lain yang membuatnya mengangkat sebelah kaki.

Jika hal yang menyebabkan burung sering mengangkat kaki karena burung sedang mengalami luka. Maka cara mengobatinya yakni dengan mengolesi cairan antiseptik pada bagian sekitar luka. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan terjadinya infeksi. Selanjutnya bisa dengan memberi pakan yang bergizi, multivitamin di dalam mendukung masa penyembuhan.

Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kenari Mencret Cepat

3. Pembuluh Darah Bengkak

Salah satu hal yang menyebabkan burung sering mengangkat kaki kemudian yakni pembuluh darah bengkak. Beberapa tanda dapat timbul jika terjadi pembengkakan dalam pembuluh darah seperti urat-urat kaki yang masih terlihat mencuat keluar.

Ada yang beranggapan jika pembengkakan ditimbulkan oleh terbenturnya kaki burung. Hal tersebut akan membuat ligamen tertekan dan juga pembuluh darah menjadi terhalang.

Untuk mengobatinya sebisa mungkin pindahkan burung ke kurungan karantina, kemudian letakkan handuk berbahan lembut pada bagian dasar kurungan. Selanjutnya anda bisa usapkan obat ke bagian kaki burung yang bengkak.

Usahakan untuk memberi obat khusus untuk burung dari petshop terdekat. Dengan dikasihkan obat secara rutin maka rasa sakit pada kaki yang bengkak bisa berangsur-angsur menyusut. Tentu saja hal tersebut akan membuat burung kesayangan mampu bertengger dengan sempurna.

Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kacer Batuk Tersedak

4. Terkena Gigitan Nyamuk

Meskipun nyamuk berukuran kecil tapi ternyata gigitannya mampu membuat kaki burung menjadi bengkak. Bahkan nyamuk bisa menyalurkan bermacam-macam benih penyakit seperti virus, bakteri, jamur dan lain sebagainya.

Untuk menyembuhkannya sebisa mungkin kerodong pada saat beristirahat, khusunya ketika malam hari. Namun apabila kaki terlanjur tergigit nyamuk maka anda bisa mengolesi minyak kayu putih untuk mengempiskan bagian kaki burung yang bengkak.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

2 thoughts on “Burung Mengangkat Kaki Sebelah”

  1. apakah penyebab burung manyar mengangkat kaki satu juga disebabkan sama hal diatas gan?
    ini mayarku kok ngangkat mulu kaki kirinya

    • hampir semua jenis burung sama saja gan penyebabnya
      jadi penyebab burung mengangkat kaki diatas berlaku universal yak

Leave a Comment

error: Content is protected !!