Cara Agar Kacer Cepat Jinak

Cara Membuat Kacer Cepat Jinak dan Siap Untuk Lomba – Kebanyakan burung kacer yang gemar berkicau ialah burung yang sudah jinak. Hal tersebut bisa dilihat ketika burung kacer masih galak saat didekati itu artinya burung masih liar. Burung kacer liar hanya mengoceh di tempat yang jauh dari keramaian, sebab itu merupakan kebiasaan naluri hewan.

Bila anda mendapatkan kacer liar dari hutan lalu membawanya ke tempat tinggal pasti kacar tidak akan berkicau dengan nyaring. Banyak yang mempertanyakan apakah ada cara membuat kacer jinak dalam waktu singkat.

Sebenarnya singkat atau tidaknya menjadikan burung kacer menjadi jinak, tergantung dari cara memberikan pelatihan membuat kacer lebih jinak. Bila anda melakukan latihan secara rutin dan teratur,  tentu burung kacer yang tadinya galak dapat menjadi jinak dalam waktu singkat.

Beberapa hal yang terpercaya dalam cara untuk membuat kacer jinak yang baru akan kami sampaikan secara lengkap di bawah ini:

Membiarkan Burung Kelaparan Untuk Sementara Waktu

cara-agar-kacer-cepat-jinak

Anda bisa memberikan pelatihan burung dengan cara membiarkan untuk sementara waktu agar kelaparan. Walaupun metode ini terbilang sadis dan menyedihkan, namun terbukti sangat ampuh membuat kacer lebih jinak.

Metode ini sudah sering diterapkan, bahkan menjadi salah satu cara yang teruji untuk menjinakkan burung kacer yang baru didapat. Jika burung adalah tangkapan langsung dari hutan ada baiknya melakukan pelatihan dengan dibarengi menjemurnya dibawah terik matahari.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Memberikan Intensitas Mandi Secara Berlebih Pada Kacer

Dibutuhkan waktu dalam melakukan terapi mandi, mungkin sekitar tiga hari lamanya untuk burung dapat menyesuaikan pelatihan ini. Berikan mandi ke kacer sampai basah menyeluruh dan biarkan sampai sedikit menggigil agar membuat burung menjadi jinak.

Bila Kacer tiba-tiba menjadi agresif maka bisa memberi mandi dengan menggunakan semprotan. Saat burung masih dalam kondisi basah, gunakan kesempatan tersebut untuk mengelus bagian punggung dan dada kacer.

Pada awalnya mungkin akan terlihat kondisi cemas dan waspada, namun setelah beberapa waktu kacer akan melunak dan menjadi lebih jinak dengan kehadiran anda.

Menyuapi Dengan Lidi Pendek

Cara paling mudah untuk membuat kacer jinak yang gilas yaitu dengan menggunakan lidi berukuran pendek. Cara ini dapat dilakukan setelah anda memberikan terapi mandi, umumnya kacer akan merasa lapar setelah dimandikan.

Pergunakan fase bertambahnya nafsu makan kacer tersebut untuk menyuapinya menggunakan lidi. Pertama-tama gunakan lidi dengan ukuran panjang lalu lolohkan makanan yang diletakkan di ujung lidi, lalu potong lidi setelah penyuapan sampai dekat dengan tangan.

Setelah lidi tidak bersisa coba berikan makanan dengan menggunakan tangan secara langsung. Jika kacer memakannya tanpa ragu, selamat burung anda sudah jinak dan siap dilatih untuk dilombakan.

Burung Mengangkat Kaki Sebelah

Melatih Kacer Berani Di Keramaian

Kacer dapat segera dilatih pada tempat yang ramai setelah dirasa jinak agar nantinya tidak kaget saat berada di situasi ramai seperti perlombaan. Sebagai awalan bisa membawa burung ke depan rumah, dan lakuan secara bertahap sampai bisa ke tempat yang lebih ramai.

Mungkin pada awal perlombaan kacer akan terlihat grogi dan takut, tenang saja hal tersebut tidak permanen, lambat laun akan menjadi lebih berani.

Sekian artikel tentang cara membuat kacer lebih jinak dan bersuara merdu, jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment