Cara Ampuh Mengusir Kelelawar Dari Rumah

Kelelawar ialah tipe mamalia yang sering muncul pada malam hari. Biasanya, binatang ini bisa diperoleh di dalam gua karena kesukaannya bergelantungan di langit-langit gua. Namun, di jaman sekarang hewan ini telah mampu hidup di perkotaan.

Bahkan, burung dengan nama kalong ini dapat masuk ke rumah. Terkadang hewan ini cukup membantu jika berada di rumah karena akan melahap serangga tergolong nyamuk dan setipenya.

Cara Mengusir Kelelawar Dari Rumah

Namun selain membantu kelelawar juga mampu memberi dampak negatif di antaranya ialah bau fesesnya sangat busuk sehingga akan membuat bertambah kesan kotor di hunian. Binatang ini umumnya suka berdiam di tempat-tempat kosong seperti di loteng dan kamar tidak terpakai.

Bila sudah mulai jenuh dengan eksistensinya yang membuat kotor rumah, ikuti beberapa cara mengusir kelelawar secara ampuh dan mudah berikut ini :

  • Gunakan Kapur Barus

Kapur barus termasuk dalam obat alami untuk mengusir kelelawar dari rumah dengan aman. Caranya ialah hanya perlu menggantung kapur barus di tempat-tempat yang umumnya dipakai sebagai sarang seperti di loteng atau kamar kosong.

Selama kapur barus tetap berada di tempat tersebut maka hewan nokturnal ini tidak mau untuk kembali lagi. Perlu diperhatikan, jangan menggantung kapur barus dalam jumlah banyak karena bisa mengganggu kesehatan.

  • Memasang Jaring – Jaring

Jaring-jaring yang dipasang di langit-langit rumah atau loteng dapat menjadi perangkap cukup baik untuk menangkap dan mengusir kelelawar. Jaring yang dipasang berfungsi untuk menjerat saat berterbangan.

Meskipun tidak menjamin semua kelelawar dapat terjerat jaring ini, namun tak ada salahnya bila ingin mencobanya. Apabila ada yang terjerat, maka keesokan harinya akan terlihat kelelawar tersebut terjebak pada jaring tersebut.

  • Gunakan Belerang

Aroma yang dihasilkan oleh belerang ternyata juga ampuh dalam proses membantu mengusir kelelawar. Pemilik rumah bisa membakar belerang pada saat malam tiba. Pastikan asap yang disebabkan oleh belerang yang telah terbakar bisa mengarah ke atap.

Ternyata hewan tersebut punya kelemahan yaitu tidak tahan dengan bau belerang dibakar. Cara ini mungkin cukup aman dalam membantu mengusirnya dari atap secara gampang, alami dan aman.

  • Memasang Lampu Penerangan

Kelelawar merupakan hewan nokturnal sehingga bersifat kurang menyukai cahaya terang dan suka tinggal di loteng pada siang hari, karena hangat dan gelap, maka dari itu bisa dipasang lampu terang di loteng tersebut dan menyalakannya pada siang hari. Karena itu akan mengganggu rutinitas tidur dan pada akhirnya binatang ini akan mencari tempat lain untuk bersembunyi.

  • Gunakan Cermin

Satu lagi cara efektif untuk mengusir kelelawar dari rumah yakni memakai cermin. Pasang cermin di tempat yang menjadi sarangnya kemudian gunakan cahaya terang yang mengarah pada cermin tersebut.

Saat cahaya terang mengarah pada cermin tersebut mengenai binatang ini, maka akan merasa terganggu dan pada akhirnya pergi meninggalkan tempat tersebut.

  • Gunakan Minyak Kayu Putih

Bau minyak kayu putih yang menyengat sangat tidak disenangi kelelawar. Jadi bahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengusirnya dari rumah. Caranya cukup lakukan penyemprotan minyak kayu putih pada gerombolan kelelawar.

Bau yang dihasilkannya akan membuatnya merasa kurang nyaman dan menjadikannya tidak betah untuk tetap tinggal di rumah. Lakukan secara teratur sampai hewan ini beneran terganggu.

  • Gunakan Kayu Manis

Kayu manis memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengusir kelelawar dari lingkungan. Caranya ambil bubuk kayu manis selanjutnya taburkan pada koloninya. Selain cara tersebut, bisa juga membuat obat semprot dari bubuk kayu manis yang nantinya akan digunakan untuk mengusirnya. Ini ialah cara cukup ampuh sekaligus tidak membahayakan bagi kelelawar.

  • Gunakan Terasi

Terasi merupakan bumbu dapur yang memiliki ciri istimewa yaitu mengeluarkan bau cukup tajam. Hal tersebut bisa dimanfaatkan dalam proses membantu mengusir kelelawar dari atap. Seperti halnya belerang memiliki bau tajam, kelelawar juga tidak tahan dengan bau menyengat dari terasi.

Aplikasikan terasi di atap dengan menggunakan cara mengolesinya di beberapa sudut yang dianggap sebagai tempat kesukaannya. Dijamin binatang tersebut akan pergi dengan sendirinya.

  • Menggunakan Fenol

Bau yang dihasilkan fenol sangat tidak di sukai oleh kelelawar sehingga akan membuatnya pergi dari rumah. Aroma dari fenol dapat mengiritasi indra penciumannya yang terkenal sangat sensitif terhadap bau. Fenol putih dapat dibeli di supermarket.

Setelah itu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada area bertenggernya, sebagai alternatif kristal fenol dapat diletakkan di dekat sarang. Maka fenol akan mulai menguap sehingga bau yang dihasilkannya akan mengusir kelelawar.

  • Menggunakan Balon

Ada cara mengusir kelelawar cukup kreatif lain yakni memakai balon. Selain aman, pemakaian balon juga akan membuat bertambah hiasan di rumah. Jenis balon yang dipilih sebaiknya memiliki warna mencolok dan bersinar terang.

Gantung balon tersebut di tempat yang menjadi sarangnya, lalu gunakan kipas angin untuk membuat balon bergerak gerak. Pergerakan balon yang terus menerus akan membuat kelelawar takut dan akhirnya tak mungkin betah tinggal di rumah.

  • Membuat Hiasan dari Alumunium Foil

Menggantung hiasan aluminium foil tidak sekadar menciptakan suara yang tidak disenangi oleh kelelawar, namun juga dapat menyilaukan matanya. Kelelawar dikenal sebagai binatang sensitif terhadap suara dan juga cahaya.

Jadi hal tersebut bisa dijadikan celah untuk mengusirnya dari rumah. Pasang hiasan tersebut di tempat-tempat strategis dimana hewan ini bisa dengan jelas melihat hiasan tersebut terutama saat terkena cahaya.

  • Gunakan Suara Ultra Sonic

Pemilik rumah bisa memanfaatkan bunyi untuk mengusir kelelawar dari atas loteng. Caranya tinggal mendownload music tertentu yang menciptakan bunyi cukup mengganggunya.

Selain cara tersebut bisa juga memanfaatkan perangkat emitor bunyi ultrasonik yang bisa dipakai untuk menentukan indera pendengaran kelelawar. Melakukannya secara terus menerus akan membuatnya stres dan pada akhirnya akan pergi dengan sendirinya.

  • Memanfaatkan Lampu Disco dan Suara Katak

Cara mengusir kelelawar dengan cepat selanjutnya ialah memanfaatkan lampu disco. Sorotan lampu disco yang berkelap-kelip dan juga bergerak-gerak akan membuatnya takut sehingga menjadikannya tidak betah untuk tinggal di rumah. Hal ini selain cukup praktis juga efektif dalam membuatnya kapok untuk kembali lagi ke rumah.

Kelelawar juga sangat terganggu dengan bunyi yang disebabkan oleh katak. Dengan demikian bisa merawat banyak katak lalu ditempatkan pada suatu wadah dan letakkan di atap. Cara alami ini mungkin bisa sedikit membantu dalam proses mengusir kelelawar yang telah bermukim di atap.

  • Semprotan Kelelawar

Ada obat yang didesain khusus untuk mengusir kelelawar berbentuk semprot. Obat semprot aerosol ini umumnya banyak dijual di toko-toko pengendali hama. Semprotan pengusir ini akan mengiritasi hidungnya sehingga akan segera pergi.

Melakukannya secara teratur akan membuatnya tidak betah tinggal di rumah. Selain memakai semprotan aerosol, bisa juga menjadikannya sendiri dengan memakai merica. Merica mempunyai efek sangat mirip yakni bau pengganggu indra penciuman kelelawar.

  • Perbaiki Lubang pada Atap Rumah

Untuk mengusir kelelawar dan membuatnya tidak kembali lagi ke rumah, harap untuk memastikan memulihkan setiap lubang yang dapat dijadikan jalan keluar masuknya. Periksa setiap sudut kamar atau loteng, segera tutup jika dirasa ada lubang yang mempunyai diameter cukup untuk dipakai masuk oleh kelelawar.

Setelah lubang diperbaiki dan pemilik rumah bermurah hati kepada kelelawar maka membuatkan kandang tersendiri akan menghindarkan kelelawar masuk ke dalam rumah. Bisa dengan membuatnya sendiri atau memesan kandang yang didesain khusus untuk tempat tinggalnya. Sebagai gantinya, letakkan kandang yang sudah dipersiapkan tersebut di tempat agak jauh dari rumah.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!