Cara Berkembang Biak Gajah

Cara Berkembang Biak Gajah – Ada banyak sekali jenis gajah yang hidup di dunia mulai dari gajah afrika, sumatra dan juga gajah Asia Gajah mempunyai masa perkembang biakan yang rumit. Mereka mempunyai saluran perkembang biakan besar, masa kehamilan yang lama, menciptakan anak yang  besar dan memerlukan masa pertumbuhan yang panjang.

Sistem Reproduksi Gajah

Karena gajah ialah tergolong binatang mamalia maka binatang ini mempunyai sistem reproduksi yang hampir sangat mirip mamalia lainnya, tetapi karena mempunyai yang besar, maka terdapat perbedaan dan masa kehamilan pada gajah juga lebih lama dari mamalia lainnya. Berikut ialah sistem reproduksi pada gajah.

Sistem Reproduksi Gajah Jantan

gajah-di-alam-liar

Organ reproduksi pada gajah jantan hampir sangat mirip mamalia lainnya. Namun tidak seperti mamalia lainnya, testis gajah terletak dalam tubuh dengan ginjal. Saluran perkembang biakan jantan ini mempunyai panjang sekitar 2 meter. Gajah jantan mulai dapat memproduksi sperma ketika berusia antara 10 dan 15 tahun.

Gajah jantan akan mengibaskan pendengaran mereka lebih sering saat ia siap untuk berkembang biak. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyalurkan aroma mereka secara lebih merata dari terlebih dahulu dan untuk menarik betina yang bisa menjadi potensi pasangan.

Laki-laki yang lebih tua dan berusia 40 – 50 tahun ialah yang paling mungkin untuk berkawin dengan betina. Betina siap untuk berkawin saat ia berusia sekitar 14 tahun.

Sistem Reproduksi Gajah Betina

Sistem reproduksi dari gajah betina telah di analisis dalam  30 tahun terakhir melalui kombinasi penelitian memakai nekropsi, tes hormonal dan investigasi ultrasonik. Seekor gajah betina mungkin menghasilkan bunyi-bunyi dan memperlihatkan minat yang lebih besar dan antusiasme pada gajah jantan.

Gajah jantan akan melakukan uji coba kesiapan gajah betina untuk berkawin dengan melakukan tingkah laku flemen, yang memakai belalainya untuk membawa sampel urin pada reseptor veromonasal di mulutnya.

Reseptor sensorik menyalurkan sinyal kimia ke otak gajah mengucapkan kepadanya jika betina siap untuk berkawin. Masa perjodohan dapat berlangsung  sampai 4 hari di mana gajah jantan akan tinggal di sekitar gajah betina dan menjaganya dari jantan yang berbedanya.

Setelah 1 sampai tiga hari, gajah betina tak mungkin lagi menerima pemuliaan atau mampu hamil. Biasanya, gajah betina liar akan mulai berkembang biak pada umur 12 sampai 14 tahun.

Cara Gajah Kawin di Alam Bebas

Cara berkawin gajah ialah dengan menggunakan cara melahirkan atau disebut vivivar. Dimana calon anak akan berkembang di dalam tubuh induk betina pada masa kehamilan berlangsung. Gajah mempunyai masa kehamilan yang tidak sebentar yakni sekitar 18 hingga 22 bulan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment