Cara Beternak Landak Mini

Pemilik tak harus resah jika hanya mempunyai seekor landak mini saja, karena pada lumrahnya hewan ini hidup menyendiri atau solitaire yang artinya bisa membudidayakan hanya 1 ekor saja, jadi jangan takut jika piaraan akan kesepian atau mencoba kabur.

Asal diketahui bahwa pada biasanya justru membenci bersama-sama dalam satu kandang. Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika tak mau mengembang-biakan (menjodohkannya).

Landak mini siap untuk berkembangbiak paling cepat 3 bulan namun ada baiknya betina jangan diternak sebelum umur lima bulan, jadi telitilah dan jangan sampai kecolongan untuk telat memisah anakan yang beranjak dewasa.

Kejadian perkawinan dini terutama seandainya betina teramat muda, sering mentidakibatkan turun atau buruknya kualitas produktifitas si betina, dari segi jumlah anak, kebugaran, kualitas lahiran si betina, maupun kualitas anakan yang nanti akan dihasilkan.

Bahkan kehamilan yang teramat muda, tidak jarang dapat memicu kematian bagi sang calon indukan betina akibat belum mempunyai fisik maupun psikis yang kuat apalagi pada ketika beranak.

Cara Menjinakkan Landak Mini Dengan Mudah

cara-beternak-landak-mini

Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika tak mau terjadi perkelahian. Menjinakkan landak mini ini memerlukan ketekunan, kesabaran dan pemahaman, menjinakkannya tidak sama seperti menjinakkan binatang lainnya.

Prinsipnya ialah bagaimana pemilik dapat membangun ikatan atau hubungan antara landak mini dan pemelihara. Karena binatang ini mempunyai pengelihatan yang buruk, maka membangun ikatan dengan memakai indera lainnya akan meningkatkan efektifitas usaha pemilik.

Berikut ialah cara menjinakkan landak mini memakai banyak cara :

Metode aroma

Landak mini memiliki penciuman yang tajam, jadi sangatlah penting baginya untuk mengingat aroma tubuh pemelihara. Salah satu cara supaya aroma tubuh pemilik dapat diingat oleh piaraan ialah dengan menyimpan kaos bekas pakai kedalam kandang.

Metode suara

Landak mini sangat sensitif dengan bunyi dan akan selalu menggulung atau menegakkan duri-durinya saat mendengar bunyi asing atau bunyi bising. Bicaralah kepadanya dan biarkan piaraan mengingat bunyi pemilik.

Bicaralah kepadanyai saat dipegang, diberi mandi, disaat kalem akan menjadikan kandak terbiasa dengan bunyi pemelihara. Jangan pernah menjadikan bunyi bising atau bunyi mendadak saat membuka pintu atau menutup pintu dan bunyi lainnya akan menjadikannya kurang nyaman.

Metode Sentuh atau Raba

Satu cara yang terunggul dan termudah ialah dengan menaruh landak mini dipangkuan saat menonton tv atau disaat ngobrol kalem. Juga dapat mencoba dengan menaruh binatang piaraan di dada, biarkan menunjukkan rasa kehangatan dan detak jantung pemilik.

Landak mini menyukai memanjat, jadi biarkan memanjat-manjat di tubuh. Selalu ulurkan tangan sebelumnya sehingga hewan ini akan mendatangi dan mengendus-endus tangan.

Metode Rasa

Dapat juga dicoba memberi makan landak mini dengan menggunakan cara menaruh pakan di telapak tangan, sehingga dapat membedakan mana makanan dan mana tangan pemilik. Jangan biarkan landak mini menjilati tangan pemelihara, karena mungkin saja rasa tangan lebih lezat dibandingkan makanan, sehingga akan dapat menggigit.

Pemeliharaan Kandang Landak Mini

cara-memelihara-landak-mini

Dalam merawat landak mini pemilik harus menyiapkan perlengkapannya yang meliputi kandang, makanan, ataupun obat ketika sakit. Pada dasarnya untuk pemeliharaan landak mini tidak dibutuhkan tempat khusus yang seperti pada daerah asal aslinya.

Cukup dengan memakai akuarium kaca atau acrylic atau container plastic atau juga kotak kayu. Yang terpenting ialah dimensinya mencukupi keperluan ruang gerak dan aktifitas landak mini.

Rekomendasinya ialah berukuran 50cm x 50cm atau 40cm x 60cm, sedangkan untuk tingginya tidak kurang dari 30cm (menghindari memanjat dan lepas). Letak kandang terbaik ialah pada area dengan suhu normal : 21°-27°c, dan mempunyai peredaran udara dan pencahayaan yang bagus.

Serutan Kayu

Dipakai sebagai media alas atau bedding pada kandang. Fungsi lainnya ialah menyerap feses padat (pup) atau feses cair (pee), penghangat tubuh  ketika malam hari, dan juga media kunyah bagi landak mini ketika anointing.

Pastikan berhati-hati dalam menentukan tipe serutan kayu yang dipakai, sehingga landak mini akan terjaga kebugaran maupun kenyamanannya di dalam kandang.

Wadah Makan Minum

Lebih didianjurkankan memakai bahan yang sesuai lebar dan berat, seperti kaca (asbak kaca, wadah keramik, dll) yang penting sangat sulit dibolak-balik oleh landak mini. Ketinggian wadah juga wajib memperhatikan, tidak teramat rendah juga tidak teramat tinggi (4-8cm).

Untuk tempat minum cukup dengan memakai tempat minum hamster dan ukurannya diadaptasi (80ml, 100ml, 125ml atau 250ml) tergantung keperluan dan kemudahan memperolehnya.

Makanan Minuman

Usahakan menyediakan pakan atau makanan cf (cat food) atau df (dog food), namun jika dana kurang memadai, pilih pelet khusus landak mini (jangan pernah sekali – kali menyediakan pakan atau makanan untuk ikan).

Biarpun bentuk dan baunya sama kaya pelet khusus tapi kandungannya jauh banget (jika kepepet tidak apa-apa dari pada tidak ada asalkan piaraan kita mau makan). Sistem penyediaan makanan atau makanan itu cukup 2x sehari saja dan ditakar makannya agar  tidak kelebihan berat badan.

Caranya : beri pakan atau makan landak mini pada pagi hari lebih sedikit dari pada di malam hari, ini diakibatkan karena hewan ini merupakan binatang yang aktif di malam hari, jika untuk minum berikan saja air matang atau air hasil penyulingan, karena jika memberi minum air belum matang ada dampak jangka panjangnya.

Jangan pernah memberikan susu berlaktosa kepada landak mini. Susu biasanya mengandung zat laktosa dan hewan ini sangat rentan terhadap laktosa. Jika dikasihkan, mula-mula akan nampak cemas, muntah, mencret yang pada akhirnya akan mengarah pada kematian.

Hiding box

Masih ingat perihal sifat landak mini ”nocturnal”. Akan aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari. Hiding box berfungsi sebagai ruang gelap dimana tempat hewan ini tidur.

Keberadaan media ini sangat menolong daam penyesuaian atau adaptasi landak mini dengan kandang alias salah satu factor penting dalam kenyamanan. Berfungsi dalam proses kehamilan dan dalam musim menyusui.

Bahan hiding box bisa dengan pipa peralon atau talang pvc, kotak sepatu, kotak triplek atau hiding box khusus tetapi harga yang ditawarkan mahal.

Cara Memelihara Landak Mini

cara-mudah-budidaya-landak-mini

Untuk perawatan itu pintar-pintarnya saja membudidayakannya, jemur landak mini dibawah terik matahari pagi (07.00-9.30) kurang lebih sekitar 5-10 menit saja tidak usah lama-lama karena matahari diperlukan hanya untuk menolong metabolisme tubuh serta menolongnya agar aktif bergerak.

Lalu dibiasakan tiap sabtu dan minggu landak mini berpuasa, puasa sekitar 12 jam (no makan) tapi tetap sediakan minum ini diakibatkan ditempat tinggal banyak makan dan pasif jadi agar tidak kelebihan berat badan.

Cara memandikannya seperti meberi mandi kucing atau anjing, disampo atau disabun dan disikat juga. Bersihkan kandang hanya jika kotor saja, kalau sudah teramat kotor bersihkan kandang dengan merubah total serbuk kayu dan disemprot antiseptic atau obat pembasmi serangga.

Alergi pada landak mini

Biasanya landak mini ada yang alergi dengan sesuatu, misal timbul bentol-bentol, itu karena serbuk kayunya tidak cocok. Perawatannya mudah, cukup karantina ditempat yang bersih tanpa serbuk kayu, selanjutnya diberi cairan kunyit saja.

Dikasih setiap hari sampai bentol-bentolnya hilang. Cairan kunyit fungsinya membunuh bakteri dan kuman, karena sifatnya sama seperti antiseptik dan atibiotik, beberapa obat yang dapat dipake ditempat tinggal itu cuma : kunyit, cairian antiseptik dan minyak goreng saja.

Obat yang diperlukan

Penyakit yang paling lumrah pada landak mini ialah kutuan. Kutu bisa ditimbulkan dari macam-macam hal bisa dari kondisi  yang kurang bersih, tempatnya yang kurang bersih, piaraan yang kurang bugar, dll.

Gejalanya mudah dilihat dari tinggkah laku landak mini, yakni garuk-garuk, duri yang rontok. Obatnya mudah, cukup tuangkan minyak goreng kebagian yang gatal-gatal dan pada area duri yang rontok tunggu sampai tiga hari abis itu dimandiin.

Untuk cara mencegah dapat memakai cairan antiseptik tiap harinya. Dan jika serbuk kayunya lembab dan kotor banget lebih baik di ganti total.

Cara Mengawinkan Landak Mini Agar Cepat Beranak

landak-mini-lucu

Cara membedakan kelamin jantan dan betina pada landak mini adalah untuk pejantan alat kelaminnya agak jauh dari ekor atau anus. Sedangkan untuk betina alat kelaminnya berdekatan dengan ekor atau anus.

Untuk mengawinkannya masukkan betina ke kandang jantan (ini lebih menjamin tingkat keberhasilan pembiakan), bersihkan kandang, ambil semua mainan, tabung atau kotak yang kemungkinan bakal menghalangi proses perkawinan.

Biarkan selama sekitar 7 hari lalu setelah dipindahkan bersama-sama pejantan akan mulai mencicit mengejar betina. Landak mini betina tak mungkin pasrah begitu saja, betina akan menolak dan berlari-lari keliling kandang.

Terlihat seolah-oleh berkelahi, namun jangan bingung itu ialah peilaku alamiah menjelang perkawinan. Begitu dirasa cukup betina akan mengakngkat pantatnya sehingga  jantan secara gampang mengawini.

Namun tidak setiap pejantan dan juga merta akan mengawini jika ditonton, ada baiknya ditinggalkan untuk sementara waktu untuk menyakinkan pengembangbiakan. Setelah 7 hari selanjutnya bersihkan kandang.

Bisa juga membiarkan perkawinan dengan mengumbarnya selama 7 hari selanjutnya untuk menyakinkan kehamilan. Sekali lagi tinggalkan . 7 hari selanjutnya angkat pejantan, jangan biarkan bersama-sama karena keduanya dapat mengkonsumsi bayinya.

Catat semua aktifitas semenjak perkawinan. Masa kehamilannya sekitar 35-40 hari, sehingga dapat memprediksi dan melakukan persiapan kandang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengawinkan Landak Mini

  • Pastikan pasangan landak mini yang akan dijodohkan sudah cukup umur (diatas lima bulan).
  • Pastikan pasangan dalam kondisi fisik dan mental yang bugar (tidak sakit atau stres).
  • Beri mandi kedua-duanya sebelumnya (agar bersih, karena pada ketika beranak kita tidak bisa meberi mandi si betina serta untuk menghindarkan kutu serta penyakit lainnya).
  • Siapkan tempat yang besar sebagai tempat beranak dan membudidayakan anaknya.
  • Catat tanggal pisah kawin dan hitung waktu kelahiran yakni paling lama 40 hari setelah dipisahkan dari sang jantan. Hal ini tujuannya supaya kita tahu kapan landak mini akan beranak. Apabila sewaktu yang ditentukan sang betina belum beranak, umumnya kami menanti 1 minggu setelahnya untuk kembali dikawinkan dengan jantan.
  • Letakkan indukan yang lagi mengandung di tempat tenang dan terpisah dari yang berbeda untuk menghidari keributan, kami umumnya menaruhnya di kamar kosong.
  • jangan teramat sering merubah serbuk, umumnya kami hanya membuang serbuk yang terkena tinja dan basah saja, merubah serbuk bisa mengakibatkan sang induk stres, resiko terbesar ialah seandainya anak sudah lahir, sang induk malas untuk menyusui anaknya serta bisa mengakibatkan kematian.
  • berikan makanan dengan porsi lebih. Hal ini memiliki tujuan untuk pertumbuhan janin di dalam tubuh sang induk, dan memberikan nutrisi cukup selama proses kehamilan.
  • berikan makanan dengan protein tinggi, kami memberikan protein lebih dengan memberikan ulat hongkong 5 ekor setiap hari selama proses kehamilan, dan 10 ekor tiap hari selama tiga hari sebelum kehamilan. Hal ini dibutuhkan supaya sang induk tidak mengkonsumsi anaknya pasca beranak. Indukan yang mengkonsumsi anaknya salah satunya ditimbulkan karena kurang nutrisi.
  • apabila sang induk telah beranak, jangan merubah serbuk (cukup buang tinjanya saja) selama musim menyusui untuk menghindari sang induk malas menyusui anaknya, serta perlu dikasihkan ulat hongkong lebih banyak pada awal-awal musim kelahiran.

Ciri Landak Mini Sedang Hamil

Landak mini yang hamil memiliki tanda-tanda sebagai berikut :

  • air kencing berbau sangat tajam.
  • setelah 2 minggu kehamilan, perut landak mini bila diraba terasa kencang.
  • putting susunya membesar.
  • badan menjadi lebih gede dan beratnya naik,
  • pup memiliki ukuran besar, sebab landak mini akan memakan makanan lebih banyak saat sedang mengandung.
  • aktifitas menurun atau malas-malasan, sering makan dan banyak tidur.
  • posisi tidur terlungkup (seperti superman saat terbang, tetapi tak seluruh landak mini seperti itu).
  • menolak untuk di kawinkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan setelah Landak Mini Beranak

  • jangan teramat penasaran atau over terhadap goglet.
  • jangan mengganggu induk dan hoglet (memegang hoglet, sering melihat hoglet, dll) karena bisa menjadikan induk stres dan terjadi banyak hal yang idak diharapkan.
  • bila hoglet terpisah ketika induknya menyusui, pindahkan hoglet memakai sendok yang steril secara pelan-pelan ke dekat putting induknya ketika induknya tidur.
  • ganti serbuk kayu yang kurang bersih saja jangan semua diganti.
  • makanan dan minuman wajib selalu tersedia.
  • berikan ulat hongkong lebih sering, namun jangan teramat banyak.

Akibat Menjodohkan Landak Pada Usia Dini

  • induk betina dapat meninggal karena hoglet kecil-kecil yang menyangkut sehingga hanya bisa berada didalam (karena perkembangan rahim yang belum sempurna).
  • indukan akan mengkonsumsi hoglet karena stress.
  • induk tak mau menyusui hoglet sehingga hoglet dapat meninggal semua.
  • ukuran hoglet yang lahir teramat kecil dan cacat.
  • rahim induk rusak permanen, sehingga tidak dapat beranak kembali.

 

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!