Cara Budidaya Bekicot Biaya Ringan Hasil Melimpah

Cara budidaya bekicot sebenarnya sangat banyak. Dengan beragam cara beternak bekicot yang ada akan membuat kita tidak kesulitan dalam memulai salah satu usaha yang paling menjanjikan ini. Binatang ini sangat sering ditemukan di area persawahan, biasanya menempel pada bagian batang pohon, namun tahukah kalian bahwa hewan satu ini sangat kaya akan manfaat bagi tubuh?. Masyarakat Indonesia masih belum paham betul bahwa bekicot termasuk komuditi export populer karena sering dijadikan pengobatan, namun lambat laun sekarang sudah mulai banyak orang yang mulai usaha budidaya ternak bekicot.

Bekicot walaupun menjadi hewan yang menjijikan, tetapi mempunyai banyak khasiat, bahkan sering juga dibuat menjadi pakan ternak karena kaya akan protein. Berbagai olahan masakan juga dapat dihasilkan mulai dari sate, keripik bahkan dendeng. Sekarang sudah banyak sekali warung makan yang membuat bekicot menjadi menu andalan mereka terlepas dari minat pasar yang sangat besar.

Cara budidaya bekicot dalam drum

cara-budidaya-bekicot

Beberapa faktor tersebut menjadikan bekicot mampu menjadi peluang urusan ekonomi yang menjanjikan, apalagi binatang satu ini mudah ditemui di daerah yang lembap,terutama ketika musim penghujan. Lantas, bagaimana cara budidaya bekicot supaya efektif? Berikut ini beberapa tahapan yang dapat diterapkan.

Kandang drum

Cara budidaya bekicot dalam drum yang utama ialah mempersiapkan kandang, sama halnya dalam mempersiapkan tempat tinggal, perlu memahami lingkungan yang nyaman bagi binatang ternak. Untuk bekicot tempat tinggal yang cocok ialah lingkungan lembab. Yang paling penting mempunyai saluran udara baik, mempunyai penutup atap, mempunyai kondisi lembab, teduh bersuhu antara 25 hingga 30 derajat celcius.

Kandang umbaran

Kandang untuk beternak bekicot tergolong hal yang penting jika ingin berhasil dalam beternak. Sedangkan lokasi yang baik bagi bekicot ialah yang lokasinya seni manajemens, misalnya di lokasi kebun yang rindang dan banyak pepohonan.

Bisa dengan membuat kandang dengan diameter 10m x 10m, pastikan pula untuk membuat suasana kandang mirip dengan habitat aslinya untuk menghindari stres. Untuk kandang direkomendasikan untuk mempunyai kondisi lapisan bawah berupa tanah lembab, teduh dengan suhu udara antara 25 derajat celcius hingga 30 derajat celcius. Untuk lapisan bagian bawah kandang yang bisa dipakai yakni sebagai berikut :

  • Tanah biasa. Bahan ini umum dijadikan sebagai piihan baik bagi pelapis bawah drum sebagai tempat tinggal bekicot. Tetapi begitu harus memastikan tanah dapat menghindari bahan racun hama.
  • Tanah liat.¬† kendati tak terlalu kuat tetapi mempunyai tingkat kelembanban tinggi. Bila memakai tanah liat sebagai pelapis, bisa menambahkan tanaman hidup untuk menyokong kehidupan.
  • Tanah kering. Bekicot sangat sangat suka lingkungan tanah kering, akan tetapi tanah kering bisa menjadi pemicu hama berkawin. Ada baiknya mempertibangkan dengan matang.
  • Humus atau pun kerap disebut kompos dapat dipakai sebagai salah satu bahan pelapis bagian bawah drum. Selain mampu menjadi pelapis, kompos mempunyai nutrisi yang bagus untuk dijadikan makanan bekicot. Tetapi sayang, humus bisa menumbuhkan hama tumbuh di dalam drum.

Cara Budidaya Ikan Gabus

Tahap pembibitan Bekicot

tahap-pembibitan-bekicot

Untuk menerapkan cara ternak bekicot yang baik dan benar wajib menentukan spesies yang akan dikembangbiakkan. Ada dua jenis bekicot yang bisa diternak spesies, achatina variegate dan achatina fulica. Keduanya mempunyai ciri cangkang atau tempuran yang bermotif garis-garis dan berwarna. Kedua jenis bekicot ini pun kerap ditemui di semak atau kebun-kebun pada biasanya.

Bekicot biasanya akan memulai kawin pada usia 6 hingga 7 bulan. Saat akan melakukan perkawinan, betina akan mencari lingkungan yang dianggap aman buat bertelur. Untuk tempat bertelur Bekicot tidak membutuhkan tempat khusus namun hanya membutuhkan suasana yang nyaman dan lembab. Serta biasanya mereka akan bertelur sekitar 50 hingga 100 butir dengan diameter telur tidak lebih dari 2 mm

Upaya pembesaran bekicot

Cara ternak bekicot yang baik dan benar pasti melewati tahap pembesaran yang kompleks dan rumit. Pembesaran merupakan tahap lanjutan sesudah penetasan telur dan perawatan anak bekicot. Pembesaran yang dikerjakan di kandang dikerjakan sesudah anakan berusia 7-15 hr. Kegiatan pembesaran dimulai dengan pemindahan anakan dari kandang penetasan ke dalam pembesaran.

Pada saat pemindahan wajib dikerjakan dengan hati-hati karena bagian cangkang masih sangat rapuh. Sesudah anak bekicot ditempatkan ke dalam kandang pembesaran, butuh dicermati pemberian vaselin di dekat dinding, supaya tidak mudah keluar.

Supaya pembesaran bekicot sempurna lakukan penyiraman area kandang sehari 2x yakni padi dan senja hari supaya kelembaban dan suhu dapat terjaga dengan baik. Bekicot dapat diunduh sesudah berusia sekitar 7-10 bulan.

Cara merawat anakan bekicot

telur-bekicot

Kemudian, yang tak kalah pentingnya dalam cara budidaya bekicot ialah menerapkan proses pemeliharaan dan pemeliharaan yang tepat. Prosesnya ada dua jenis, yakni dengan campuran, atau terpisah. Untuk cara campuran, bisa mengombinasikan anakan dan indukan dalam satu wadah. Sementara untuk cara lainnya adalah kebalikannya.

Makanan bekicot

Untuk soal pakan benih bekicot, umumnya diberikan berupa lumut, pupus daun, dan penambahan zat kapur. Setelah itu, kamu bisa memindahkan anak-anak bekicot yang sudah berusia 2-3 bulan, di kandang yang lebih gede.

Selain itu, untuk memperoleh hasil bekicot yang mempunyai kualitas diatas rata-rata, kamu juga perlu melakukan beberapa teknis perawatan seperti berikut ini:

  1. Menjaga keimbangan dan kelembaban lingkungan.
  2. Memberikan pakan yang bermutu dan teratur. Misalnya, beri pakan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran (sawi, mentimun, bayam, daun pepaya).
  3. Menjaga kandang tetap aman, supaya tidak dimasuki binatang lain. Karena bisa memungkinkan bekicot akan dikonsumsi atau cangkangnya dirusak.

Usia panen bekicot

Panen bekicot bisa dikerjakan pada umur 5-8 bulan atau ketika diameter cangkangnya mencapai 8-10 cm. Bekicot diunduh untuk diambil dagingnya serta menjadikannya olahan makanan jadi. Selain itu bisa juga diolah menjadi bahan pakan ikan.

Cara pemasaran bekicot

Untuk usaha pemasaran ternak bekicot, ada 2 cara yang dapat dilakukan. Pertama, diambil dagingnya dan dipasarkan ketika dagingnya masih segar. Yang kedua dengan mengolahnya menjadi masakan jadi. Namun usaha pemasaran ternak bekicot yang amat sering dikerjakan ialah cara pertama yakni dijual ketika masih hidup. Hal ini menjauhi supaya daging bekicot tidak busuk karena masih dalam kondisi hidup.

Leave a Comment