Cara Budidaya Burung Belibis

Burung belibis biasanya hidup dialam bebas menyukai hidup di air seperti rawa rawa. Bentuk tubuh dari burung ini memang sangat menyerupai itik ini sudah hanya sedikit di perjual belikan di pasar.

Hal tersebut karena penangkapan yang melakukannya dengan beraneka macam cara mengakibatkan burung ini lama kelamaan semakin langka.

Daging binatang ini memang mempunyai rasa khas dan merupakan daging burung yang sangat lezat untuk dinikmati. Tidak heran jika harga dagingnya pada saat ini semakin sangat tinggi harga yang ditawarkan.

Oleh karena itu untuk dapat memenuhi keperluan di pasar, banyak para pemilik ternak memulai usaha budidaya atau ternak burung belibis di tempat tinggal.

Cara Budidaya Burung Belibis Agar Cepat Besar

cara-budidaya-burung-belibis

Sebelum memulai ternak burung belibis, tentu peternak wajib melakukan persiapan lokasi dan kandang sangat pas dengan jumlah populasi belibis yang hendak di ternak.

Untuk ukuran kandang, bisa dibuat dengan kandang panggung ukuran 10 x 6 meter. Kemudian kandang tidak wajib terbuat dari barang atau bahan mahal atau teramat berlebihan.

Untuk memilih lokasi kandang, bisa mencari lokasi yang tidak teramat jauh dari sumber air. Lokasi kandang juga wajib memperhatikan supaya kendaraan akan memuat hasil panen gampang dalam melakukan keluar masuk.

Serta pakan akan akan cepat untuk masuk kedalam lokasi kandang.

Memilih Bibit Unggulan Burung Belibis

Langkah awal sebelum memulai usaha budidaya ternak burung belibis. Tentu wajib melakukan persiapan bibit atau indukan sebelum dijadikan bakalan yang akan memilih hasil panen sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk memperoleh bibit atau indukan burung belibis tentu memang tidak amat gampang sekali. Karena belum pasti banyak penyedia indukan ataupun bibit yang mempunyai kualitas diatas rata-rata.

Untuk memperoleh bibit atau indukan berkualitas diatas rata-rata. Peternak bisa menangkapnya di rawa rawa dengan memakai jaring burung.

Pakan Terbaik Burung Belibis

Pakan yang sangat disenangi oleh burung belibis tentu biasanya hampir sama seperti pakan bebek. Makanan kerap dikonsumsi ialah jagung, gabah atapun tipe pakan berbeda. Untuk menyediakan pakan, tentu pemilik bisa dengan memberinya pakan ayam ataupun pelet.

Jika umurnya masih menginjak umur 0 sampai 2 bulan. Maka sebisa mungkin memberikan pakan ayam. Untuk penyediaan makanan bisa dengan memberi pakan dengan berupa campuran seperti dedak, ampas tahu ataupun dengan memakai jagung.

Karena hal ini tentu akan menunjang perkembangan burung belibis semakin cepat.

Masa Produksi dan Perawatan Burung Belibis

Dalam waktu setahun akan ada 3 kali masa kawin. Pada masa tersebut tentu burung belibis akan bertelur. Pada lumrahnya, jumlah telur yang dihasilkan lumrahnya sekitar 6 sampai 10 butir disetiap masa reproduksi tiba.

Burung belibis akan mengerami telurnya secara bergantian antara betina dan jantan sampai 21 hari hingga menetas.

Jika hendak menetaskan telur burung belibis dengan jumlah extra banyak. Tentu pemilik bisa menetaskannya dengan memakai mesin penetas atau inkubator.

Keuntungan menetaskan telur dengan memakai mesin tetas ialah jumlah telur yang hendak ditetaskan jauh lebih banyak.

Meskipun burung belibis merupakan binatang unggas yang menyukai suasana lembab. Tetapi bukan berarti tempat tersebut ialah kotor, peternak juga wajib menjaga kebersihan kandangnya dari sisa makanan disetiap harinya.

Karena metode ini ialah untuk menghindarkan  supaya tidak terinfeksi penyakit.

Cara Mengawinkan Burung Belibis

cara-mengawinkan-burung-belibis

Burung belibis adalah binatang berkelompok yang terkenal akan kesetiaaan terhadap pasangannya. Sebagaimana sudah dijabarkan di awal bahwa merawat burung belibis sebisa mungkin berpasangan supaya mudah dalam mengkawinkan.

Satu ekor jantan hanya akan mengawini satu ekor betina yang sudah menjadi pasangannya. Cukup tempelkan jantan dan betina maka ia akan berkembang biak dengan sendirinya

Masa Bertelur Belibis

Burung belibis dewasa yang sudah berkembang biak akan menciptakan telur selama tiga kali dalam setahun dan setiap bertelur menciptakan 7 sd 9 butir telur. Hal tersebut terjadi karena burung belibis sangat suka masa tertentu untuk berkembang biak.

Di masa kawin tersebut jantan dan betina sudah berpasangan akan mendekat secara reflek dan berkembang biak.

Masa Pengeraman Belibis

Burung belibis akan mengerami telurnya selama 21 hari, pada musim ini biasanya akan menjelma sedikit bergerak aktif karena ingin melindungi anaknya. Berikan nutrisi dan asupan minuman sesuai pada musim ini.

Pastikan meletakkan di lokasi nyaman supaya ia dapat menghindari gangguan baik dari burung belibis lain ataupun dari manusia. Sebab jika ia menunjukkan rasa stres akan berdampak pada keberhasilan pengeraman telurnya.

Pencegahan Penyakit Pada Burung Belibis

Berikan multivitamin dari bahan alami seperti madu atau kunyit untuk mempertahankan kebugaran dan menjaga kehangatan badannya. Cukup sediakan secara terjadwal sejumlah satu minggu sekali dengan menggunakan cara diampurkan dengan air minumnya.

Burung belibis adalah binatang yang termasuk aktif dan senang bergerombol, perhatikan jika ia tiba tiba senang menyendiri dan malas bergerak bisa saja ia mengalami sakit.

Usia Panen Burung Belibis

Belibis yang sudah berhasil di tetaskan ada baiknya dirawat sendiri dengan menggunakan cara melakukan persiapan kandang khusus pembesaran. Untuk tahap pembesasaran dan tentunya sebagai calon bakalan di periode kemudian jika hendak melakukan budidaya atau ternak burung belibis.

Jika peternak hendak membuat anakan burung belibis sebagai calon indukan. Tentu bisa menentukan anakan yang di jadikan indukan dan yang akan dijual. Tetapi jika hendak memanen atau menjual belibis sebagai konsumsi, ada baiknya memanen belibis pada umur 4 bulan.

Keuntungan Dalam Usaha Budidaya Burung Belibis

Untuk burung belibis muda atau baru ditetaskan, berikan ia pasangan dan berkembang biak sebelumnya. Hal tersebut agar bisa membuat bertambah populasi yang diternakkan.

Bisa juga akan menciptakan keuntungan extra banyak lainnya. Sebab keinginan atau birahi untuk berkembang biaknya lebih tinggi saat berusia muda.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!