Cara Budidaya Burung Kolibri Ninja

Belum Ada Ulasan

Burung kolibri ninja merupakan jenis terkenal mempunyai penampilan bulunya sangat indah dengan variasi warna mencolok dan sangat cantik.

Selain itu kolibri ninja juga mempunyai beberapa kelebihan yang sangat memukau salah satunya adalah kolibri mempunyai bunyi sangat indah serta bervariasi.

Makanan Terbaik Untuk Kolibri Ninja

nectar-alami-burung-kolibri

Burung kolibri ninja atau umum disingkat juga dengan nama konin, Untuk penyediaan makanan minumnya menyediakan pakan berupa susu, nektar, kroto serta air putih setiap hari.

Perubahan pakan dan airnya pada malam hari pada ketika kolibrinya tertidur. Karena jika merubah pakannya pada siang hari dikhawatirkan kolnin malah takut dan glabakan sehingga menjadi pemicu stres. Berikut ialah beberapa tipe makanan yang disenangi olehnya.

Pakan Utama Burung Kolibri Ninja

Madu

Madu merupakan produk alami yang kaya akan nutrisi, bisa dijadikan sebagai sumber vitamin serta anti bakteri. Kolibri ninja sangat suka madu, pemilik bisa memberi makanan madu dicampur dengan gula untuk burung tersebut.

Nectar

Nektar ialah cairan manis umumnya ada di dalam madu maupun di ketiak daun atau di dalam bunga yang disenangi oleh lebah,bisa juga dihisap oleh burung kolibri ninja.

Selain dari alam, nektar ternyata bisa juga ditemukan secara gampang di toko burung yang menjual produk jadi.

Makanan Tambahan Untuk Burung Kolibri Ninja

Makanan ekstra bisa disediakan dalam bentuk susu kental manis dengan brand apa saja. Susu kental manis dapat menjadi sumber vitamin untuk burung supaya tetap bugar dan aktif.

Cara pemberiannya tak harus campur dengan air layaknya memberikan makan atau minum kepada manusia. Namun cukup diteteskan beberapa tetes saja kemudian biarkan burung menghisapnya.

Solusi lainnya ialah dengan memberikan suplemen dan multivitamin orbird.

Ulat dan kroto

Ulat hongkong atau kroto tentu tidak sulit untuk ditemukan. Hampir semua toko burung menyediakan makanan ini. Manfaat kroto dan ulat hongkong ialah sebagai sumber protein.

  Cara Mengobati Burung Berak Kapur

Agar burung ini mau makan ulat hongkong atau kroto, peternak bisa dengan memberinya di pagi hari pada ketika diberi mandi, dimana dalam kondisi lapar.

Cara Budidaya Burung Kolibri Ninja Agar Cepat Besar

cara-budidaya-burung-kolibri

Untuk memulai pembudidayaan kolibri ninja pemilik perlu mempersiapkan hal – hal seperti berikut :

  1. Siapkan Sepasang Burung Kolibri Ninja

Untuk kolibri jantan pilihlah pejantan yang mempunyai ukuran tubuh besar serta paling mendominasi dikandangnya.

Untuk kolibri betina pilihlah yang mempunyai tubuh besar serta memiliki sifat indukan tinggi, telah cukup umur tidak teramat muda.

  1. Siapkan Kandang Penangkaran

Bahan-bahan yang digunakan untuk menjadikan kandang penangkaran burung kolibri ninja yakni:

  • kawat ram-ram,
  • kayu papan atau tripleks,
  • paku,
  • alat yang digunakan untuk membangun kandang penangkaranya.

Buatlah kandang penangkaran burung kolibri mirip dengan kandang penangkaran lovebird. Yakni berbentuk kotak memanjang, untuk ukuranya bisa disesuaikan sendiri sesuai keinginan.

Setelah bentuk bagian kanan kiri belakang sudah di pasang tripleks dan atapnya sudah di pasang dengan baik. Selanjutnya pasanglah kawat ram-ramnya dibagian depan kandangnya.

Cara Membuat Kandang Ideal Burung Kolibri Ninja

Bahan

Untuk bahan-bahan penangkarang burung kolibri untuk beranak pinak ialah sebagai berikut:

  • Ranting pohon kering dan keras, tapi ringan.
  • Daun, yang agak besar misalnya daun mangga, daun kakao, daun lemon ataupun daun nangka. Perlu diketahui daun yang dimaksud yakni daun mengering.
  • Tali rafia atau benang wol.
  • Rumput jepang atau rerumputan kering lainya.
  • Jaring laba-laba sebagai perekat sarang burung nantinya, tapi untuk sarang laba laba tidak di haruskan.

Cara Membuat

Untuk cara pembuatan media sarangnyapun cukup mudah, berikut ulasanya:ng nantinya, tapi untuk sarang laba laba tidak di haruskan.

  1. Ambil daun yang sudah disiapkan tadi, yakni daun mangga ataupun daun kakao dalam kondisi kering. Kemudian pangkal daun tersebut ikat dengan tali atau dengan sabut kelapa, ikat saunya hingga melekat erat pada ranting pohonnya.
  2. Jika ingin menjadikan burung kolibri tidak takut untuk masuk sarang yang telah dirancang pemilik. Maka bisa menjadikannya tidak takut dengan menggunakan cara merekatkan jaring laba-laba di pangkal daun maupun di sarangnya nanti.
  3. Jika tidak ingin repot-repot untuk menjadikan sarang burungnya. Bisa dengan hanya membiarkan bahan-bahan yang telah disebutkan diatas tadi berhamburan di kandangnya. Biarkan binatang ini menjadikan saranya sendiri dengan sesuai keinginanya.
  Cara Menjodohkan Burung Murai Batu

Cara Mengawinkan Burung Kolibri Ninja

Disini menggunakan betina yang telah dewasa serta sudah matang buat diternak. Karena betina  matang akan cepat dan celat untuk proses penangkaran sangat cepat bertelur jika dibandingkan dengan betina burung kolibri masih sangat muda.

Disini mengajarkan pembuatan kandang ternak burung konin diluar ruangan. Tetapi lebih baiknya lagi setelah kandangnya telah jadi kemudian pindahkan kandang tersebut ke tempat yang agak tertutup seperti di gudang atau didalam tempat tinggal.

Usahakan kandang tersebut masih terkena terik matahari dan ventilasi udaranyapun tetap bagus. Dengan tujuan agar burung tidak takut untuk membangun sarangnya supaya tidak terganggu oleh bunyi bising manuasia.

Setelah kandang konin telah jadi kolibri jantan dan betina sudah berada dalam kandangnya. Biarkan burung menyesuaikan diri di tempat barunya jangan sekali-sekali memperlihatkan diri.

Ada baiknya tidak terlalu sering mengintip konin, biarkan keduanya menjadikan sarangnya sendiri.

Setelah sarang yang dibuat telah jadi umumnya indukan kolibri akan mulai masuk sarang, itu pertanda bahkan koninya mau bertelur, umumnya indukan kolibri akan menghasil telur sejumlah 2 butir.

Apabila telah melewati jangka 5 hari setelah bertelur umumnya indukan konin sudah melakukan proses pengeraman.

Dalam jangka 3 minggu konin sudah menetaskan telur-telurnya lalu muncullah anakan kolibri yang sudah ditunggu tunggu.

Penyakit Pada Burung Kolibri Ninja

Terdapat banyak factor penyebab kolibri sakit seperti suasana cuaca berubah-ubah.  Contohnya saja saat panas mendadak hujan, nutrisi kurang berkecukupan, kebersihan kandang tidak terjaga. Selain itu juga karena cara memelihara yang salah.

Perawatan kolibri lain halnya dengan perawatan burung kecil seperti pleci. Apabila pleci setiap hari mandi semprot,namun pada kolibri jangan di beri mandi semprot sebab dapat fatal akibatnya. Jenis makanannya pun juga lain, yang mana pakai voer atau tanpa voer.

Burung yang bugar masih terlihat lincah dan ramping. Serta bulu nampak mengkilap serta sorot mata tajam. Berbeda sekali dengan yang gembung. Mata nampak sayu, aktifitasnya jug berkira-kira banyak diam.

Penyebab Burung Kolibri Gembung

burung-kolibri-gembung

Tanda pertama kolibri sakit yakni di bagian bulu nampak gembung. Bulu masih terlihat berdiri semua. Tanda seperti ini juga tergolong tanda awal seandainya burung tengah sakit maka pemilik wajib segera memahami jika piaraan mengalami gembung.

  Cara Mengatasi Burung Patah Kaki

Akan tetapi seandainya cuaca sedang mendung atau dingin kolibri yang kondisinya bugar juga akan mengembangkan bulunya. Namun seandainya pemilik mencoba menyentuh di bagian badannya.

Maka burung akan terbang itu pertanda bahwa piaraan hanya menunjukkan rasa menggigil saja.

Cara Mengatasi Gembung pada Burung Kolibri

Burung yang nampak kurang lincah, serta malas untuk terbang dan hanya diam dipangkringan saja itu juga pertanda jika piaraan tersebut gembung karena sakit. Pada biasanya burung hanya diam di dekat pakan dengan sesekali minum.

Apabila sebagai pemelihara memahami keadaan burung seperti itu, maka wajib segera mencari cara untuik mengobati kolibri gembung dan lesu.

Apabila pemilik memahami tanda tanda tidak baik pada burung kolibri, maka wajib selektif dalam mengatasi. Jangan terlalu cepat untuk melakukan tindakan.

Ketahui sebelumnya hal yang menyebabkan bulu kolibri menjadi gembung. Bisa jadi kejarng tersebut sakit atau hanya menggigil. Karena hal ini akan masih terlihat sama.

Burung yang hanya menggigil ditimbulkan oleh cuaca mendung atau di tempat teduh. Apabila dijemur maka konin bakal balik singset serta masih terlihat lincah.

Salah satu mengobati kolibri gembung yakni dengan upaya supaya tetap hangat. Yakni dengan menggunakan cara menjemur atau meletakkan di tempat yang terkena terik matahari. Berikan madu supaya tubuh burung tetap menunjukkan rasa hangat.

Kemudian untuk burung yang sakit ketika dijemur akan nampak lincah. Namun ketika diletakkan di tempat teduh maka burung bisa kembali ngembang juga akan masih terlihat malas gerak.

Apabila burung kurus segera penuhi nutrisinya agar dapat gemuk kembali. Berilah makanan yag bernutrisi dan tercukupi dalam sehari harinya.

Jika burung gemuk tapi ngembang hal itu bisa diyakini jika piaraanlagi sakit. Cara yang sebisa mungkin di lakukan yakni dengan mengatasinya.

Pemilik bisa dengan memberinya antibiotik untuk burung secepatnya selama kira-kira 5 hari sampai kolibri sembuh. Jika kondisi badannya bugar maka bulunya tak mungkin nampak gembung lagi.

Mohon Kasih Ulasan

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!