Cara Budidaya Entok

Belum Ada Ulasan

Cara ternak entok tidaklah susah, sama seperti membudidayakan binatang tipe unggas lainnya seperti ayam. Bebek entok banyak di temui didaerah pedesaan, pinggiran kota dan juga daerah pedesaan yang masih mempunyai lahan luas.

Bebek entok sering di piara oleh sebagian orang karena kemudahan nya dalam merawat, dan juga harga pakan yang sesuai terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah.

Selain itu entok mempunyai daging yang sangat enak dan empuk jika di kelola menjadi kuliner, bahkan tidak sedikit orang yang mengucapkan bahwa daging entok lebih enak dari pada daging bebek pada biasanya.

Saat ini sangat banyak restoran dan warung penyetan yang menyajikan daging bebek entok sebagai menu andalannya, oleh sebab itu permintaan daging entok bertambah dari tahun ke tahun.

Cara Budidaya Entok Modern

cara-budidaya-entok

Selain itu entok mempunyai daging yang sangat enak dan empuk jika di kelola menjadi kuliner, bahkan tidak sedikit orang yang mengucapkan bahwa daging entok lebih enak dari pada daging bebek pada biasanya.

Saat ini sangat banyak restoran dan warung penyetan yang menyajikan daging bebek entok sebagai menu andalannya, oleh sebab itu permintaan daging entok bertambah dari tahun ke tahun.

  Pakan Alternatif Entok

1. Mebuat kandang entok ideal

Untuk ternak entok agar segera berkembang, tips yang pertama ialah perhatikan ukuran kandang yang ideal untuk entok. Siapkan kandang bersih yang bisa dari hasil membuat sendiri atau membelinya jika merasa tidak mempunyai waktu luang.

Besar atau kecilnya ukuran kandang wajib menurut lokasi serta jumlah entok yang akan dibudidayakan. Jika di belakang tempat tinggal ada lahan kecil, maka bisa membuat sangkar berukuran kecil sesuai dengan luas tanah.

Memanfaatkan daerah terbuka untuk beternak tergolong hal yang paling menguntungkan. Utamakan membersihkan kandang entok untuk menjaga kesehatan serta mencegah datangnya penyakit hewan ternak entok, setidaknya tiga hari sekali.

Karena 80% penyakit pada entok dari feses yang tidak di bersihkan. Pemilihan tempat budidaya entok juga memerlukan pemahaman tersendiri. Misalnya usahakan menjauhkan dari jalan raya karena aromanya dapat menggangu tetangga sekitar..

Entok pada umumnya suka diumbar berkeliaran dan menjadikan kandang hanya sebagai tempat istirahat pada malam hari.

2. Pakan Terbaik untuk Entok

Hal yang menjadi penentu perkembangan entok cepat besar dan bertelur adalah makanan yang sering diberikan. . Entok memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang sesuai supaya cepat tumbuh besar.

  Cara Budidaya Angsa

Oleh karena itu ada baiknya perhatikan pakan yang diberikan. Jenis pakan dan takaran entok juga berbeda – beda menurut usia entok yang diberi makan. Berikut adalah fase pemberian pakan agar cepat besar berdasarkan umur:

Pakan Anakan Entok Umur 1 – 14 Hari

Anak entok yang masih muda memerlukan nutrisi dan protein tinggi untuk mempertahankan kekebalan badannya dan menolong pertumbuhan. Sistim pencernaan yang kecil serta mudah tergores membuat pemilihan pakan juga tergolong hal yang sulit yakni membutuhkan pakan bersifat lunak dan encer.

Anakan entok memerlukan asupan kalsium, energi, fosfor dan protein kasar. Makanan yang terkandung nutrisi kebutuhan entok umur satu sampai empat belas hari bisa temukan dalam bentuk konsentrat stratrter (pelet) pabrikan yang dapat dibeli di toko pakan ternak.

Pakan Entok Umur 15 – 35 Hari

Vaksinasi juga sangat perlu dalam menjaga kestabilan ternak entok yang dijalankan. Vaksinasi diperlukan untuk menghindarkan entok mengidap beragam macam penyakit penyebab kematian pada entok.

Beberapa penyakit berbahaya pada entok ialah coccidiosis, fowl cholera,  avian influenza, fowl pox. Meskipun daya tahan tubuh entok lebih gede dari bebek namun tetap saja memerlukan vaksinasi. Apa lagi jika jumlah entok yang dibudidayakan mencapai ratusan bahkan ribuan.

Untuk entok yang telah berusia 15 hari sampai 35 hari asupan pakan yang diberikan ada sedikit perubahan. Karena dii tahap ini entok lebih memerlukan banyak energi. Hal ini tujuannya untuk membuat bobot entok cepat besar.

  Macam - Macam Penyakit pada Entok

Berikan pakan konsentrat strater yang telah dicampur dengan dedak halus, ampas tahu, atau jagung.

Pakan Entok Saat Akan Panen

Entok yang burumur 36 hari atau lebih sudah bisa dikatakan siap panen. Umumnya pada umur ini entok memerlukan vitamin dan mineral dengan jumlah sangat besar untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kebanyakan di umur ini para pemilik ternak lebih suka mencampur atau membuat pakan sendiri atau mengoplos. Campuran racikan bisa berupa campuran eceng gondok, dedak, keong, ampas tahu bahkan nasi aking.

3. Pakan Entok agar Cepat Bertelur

Jika ingin membuat entok cepat bertelur, perhatikan asupan nutrisi dan vitamin yang terkandung pada pakan. Salah satu makanan yang bisa membuat entok cepat bertelur adalah keong sawah atau bekicot.

Kedua hewan tersebut memiliki protein tinggi yang bisa membuat entok lebih cepat bertelur. Ada pula obat dan vitamin agar entok anda cepat bertelur, obat perangsang ini dijual bebas di toko pakan ternak pusat atau yang mempunyai ukuran besar dan lengkap.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!