Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya ikan arwana golden red termasuk jenis ikan purba yang masih hidup. Ikan ini memiliki banyak nama antara lain ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi dan ikan kelasa. Arwana merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak – perakan, ia juga sering disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung – hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ikan arwana terdaftar dalam spesies langka yang terancam punah oleh IUCN 2004. Jumlah spesies ini menurun disebabkan oleh seringnya diperdagangkan. Hal ini karena nilai jual yang sangat tinggi sebagai ikan aquarium, terutama oleh masyarakat Asia.

Cara Budidaya Ikan Arwana Golden Red

Para pengikut Feng Shui mempercayai bahwa ikan ini dapat membawa keberuntungan, sehingga mereka dapat membayar dengan harga mahal untuk seekor ikan.

Untuk mencegah punahnya hewan purba satu ini maka diperlukan pembudidayaan. Selain mencegah kepunahan pada hewan langka, hasil yang didapatkan pun akan banyak karena harga ikan yang selangit. Berikut cara bududaya ikan arwana golden red untuk pemula.

1. Sediakan Tempat Pemeliharaan Ikan Arwana golden red

tempat-pemeliharaan-ikan-arwana-golden-red

Saat akan membudidayakan ikan arwana hal pertama yang harus disiapkan adalah tempat pemeliharaan ikan arwana golden red. Apabila ingin membudidayakan dalam jumlah banyak maka sebaiknya menggunakan kolam berukuran besar.

Namun jika membudidayakan jumlah sedikit misalkan satu atau dua saja maka gunakan akuarium karena dapat menghemat biaya.

Buatlah tempat pemeliharaan yang membuat ikan betah tinggal sehingga ia dapat berkembang biak. Berilah batu – batu kecil mereka akan menyukainya dan bertahan hidup lebih lama, karena akan mengingatkannya pada habitat aslinya.

Berbagai Macam Penyakit Ikan Arwana

2. Pilihlah Jenis Ikan Arwana dan Cara Perawatannya

jenis-ikan-arwana-berharga-mahal

Ada beberapa jenis ikan arwana antara lain Merah (Super red), Golden (cross back, cross back golden, CBG), Golden (Ekor merah, Red tail Golden, RTG), Arwana Hijau, Banjar Merah, RED SSPOTTED PEARL VS JARDINI.

Jika memiliki modal yang besar maka kami sarankan untuk memilih jenis Merah(Super Red) karena memiliki daya jual tinggi hingga mencapai 5 juta per ekor.

3. Pembesaran Benih Arwana

benih-ikan-arwana

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu proses pembesaran benih arwana. Apabila ikan arwana sudah mencapai ukuran 12 cm maka ia harus dipisahkan dari anakan arwana karena mereka merupakan pemakan segala atau kanibal.

Pemberian pakan di sini biasanya diberikan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Pakannya berupa pellet yang mengandung 32% serta pakan dari binatang hidup seperti ikan kecil, ikan mas, udang, kepiting kecil, dan potongan – potongan daging.

Cara Memelihara Ikan Guppy

4. Pemeliharaan Ikan Arwana Agar Cepat Besar

Pemeliharaan adalah salah satu proses yang akan menentukan kondisi dari ikan arwana. Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kestabilan. Berikut adalah dua hal yang amat penting dalam pemeliharaan ikan arwana agar cepat besar:

  • Menjaga PH dan Suhu Air Kolam atau Aquarium

    PH yang baik dalam pembudidayaan arwana adalah PH 6 atau 7, jangan lebih atau kurang karena dapat mengganggu pertumbuhannya. Suhu air yang dianjurkan yaitu sekitar 26 – 30 derajat. Binatang ini menyukai cahaya terang, maka dari itu buatlah kolam atau akuarium yang sekiranya terkena sinar matahari. Namun usahakan agar matahari jangan sampai langsung mengenai kolam. Hal ini dapat mengakibatkan ikan kepanasan dan mati.

  • Memantau Sifat dan Karakter Ikan Arwana

    Ikan yang sudah remaja memiliki ukuran 25 – 40 cm serta memiliki sifat agresif dan gesit. Ikan yang memiliki karakter tersebut yang paling banyak dicari oleh peminat ikan hias. Selain sifat di atas, biasanya peminat ikan hias juga menyukai ikan arwana dengan sisik indah. Untuk menghasilkan sisik indah dengan warna cantik secatra alami maka anda bisa menjemurnya sebentar pada pagi hari.

Arwana yang telah berumur 4 tahun sudah memiliki kelamin matang, karena jenis kelamin pada ikan ini baru bisa diketahui saat berumur 3 – 4 tahun. Untuk melihat perbedaan kelamin pada ukuran tubuh dan rongga mulut.

Demikian artikel tentang cara budidaya ikan arwana golden red. Semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi artikel kami.

Leave a Comment