Cara Budidaya Kepiting Soka

Kepiting soka ialah tipe yang mempunyai cangkang lunak. Jika umumnya orang enggan memakan kepiting karena wajib berjuang memperoleh daging yang berada di antara cangkang keras, kini gak usah repot lagi.

Karena kulit atau cangkangnya lunak bisa ikut di makan. Pastinya sebelum dimakan wajib dimasak terlebih dahulu.

Langkah Cara Budidaya Kepiting Soka Air Tawar

Budidaya kepiting tipe ini cukup mudah untuk dikerjakan jika sudah mengerti perihal teknik dan juga tata cara budidayanya.

Petani bisa memulainya dengan menentukan lokasi budidaya, menyiapkan peralatan yang diperlukan, serta membeli bibit.

1. Menentukan Lokasi Budidaya Kepting Soka Kolam Terpal atau Tambak

Langkah cara budidaya kepiting soka yang pertama ialah dengan menetukan lokasi budidaya yang akan digunakan. Carilah lahan yang mempunyai ketersediaan air bersih tanpa terkontaminasii oleh polusi, dengan tingkat salinitas sebesar 15 hingga 35 ppt.

Suhu airnya berkisar antara 24 hingga 32 derajat celsius, jumlah oksigen terlarut minimal 3 ppm dan ph airnya 6,5 – 8,5. Lokasi yang paling mendekati faktor pendukung di atas ialah lokasi tambak dekat dengan tanaman mangrove.

Biasanya tanah tambak yang digunakan ialah tanah berlumpur pasir dengan kedalaman sekitar 80 cm atau lebih.

Siapkan juga macam-macam peralatan untuk budidaya kepiting soka air tawar seperti salinometer, termometer, ph meter serta tes kit untuk mengukur kualitas air.

2. Memilih Bibit Unggulan Kepiting Soka

Pemilik harap untuk memastikan bahwa bibit yang dipilih ialah bibit bagus dan unggulan untuk budidaya kepiting soka. Pilihlah bakal kepiting soka yang bagus bagi proses pembibitan yakni mempunyai berat 0,1 ons sampai 0,5 ons. Bibit-bibit inilah nantinya yang dibesarkan dan lakukan proses molting.

Selain itu siapkan juga tempat untuk menaruh bibit kepiting soka dengan ukuran ideal. Kandang untuk kepiting soka dapat berupa kotak-kotak berukuran 15 x 15 x 20 cm diletakkan di bawah permukaan tambak.

Buatlah pula jalan setapak yang terbuat dari bambu di antara tatanan kandang-kandang tersebut supaya mempermudah dalam mengelola dan mengamatinya.

3. Perawatan dan Penebaran Bibit Kepiting Soka

Langkah mudah dalam perawatan bibit kepiting soka yakni dengan memotong kaki-kaki serta capitnya. Proses ini penting untuk dikerjakan supaya menjadi kurang nyaman dan melepaskan cangkangnya.

Saat cangkang dari kepiting tersebut lepas, maka akan segera membentuk cangkang baru. Proses unik ini disebut dengan molting.

Proses penebaran bibit dilarang dikerjakan asal-asalan. Petani wajib menempatkan tiap kepiting pada kotak atau kandang yang telah dibuat. Jarak waktu antara proses pemotongan kaki hingga terbentuk cangkang kembali ialah sekitar 15 hari.

Perlu diingat, saat cangkang baru sudah mulai terbentuk, petani wajib segera memanen kepiting karena cangkangnya bakal balik mengeras. Untuk menghentikan proses pengerasan cangkang tersebut, bisa merendamnya memakai air tawar selama 30 menit.

4. Pemeliharaan dan Pemberian pakan dalam Budidaya Kepiting soka

Makanan yang bagus untuk budidaya dan membesarkan kepiting soka umumnya ialah ikan rucah, daging kerang atau pelet. Ikan rucah dan daging kerang setengah kering dicincang hingga hancur lalu disediakan  secukupnya. Bisa diberikankan lagi seandainya makanan yang disediakan sudah habis.

Berikan pakan sekali dalam sehari, atau saat sore menjelang senja. Kepiting merupakan binatang nokturnal yang aktivitas kehidupannya berlangsung di malam hari.

Dalam merawat kepiting soka yang terpenting ialah wajib menyediakan air bersih dan dapat terlepas dari polusi, serta mempunyai aliran lancar. Jika aliran air terhambat, maka kepiting soka dapat meninggal dan membawa kerugian besar.

Selain itu, pengendalian hama termasuk dalam kiat berhasil dalam budidaya. Segera tangani jika melihat gejala kepiting yang terjangkit hama atau penyakit. Jangan sampai hama tersebut mewabah dan merusak panen.

Tips Budidaya Kepiting Soka Air Tawar Cepat Untung

Bagian belakang kepiting soka air tawar unggulan

Agar urusan ekonomi budidaya kepiting soka menciptakan keuntungan besar, maka perhatikanlah  tips berikut ini:

  • Selalu jaga kualitas kepiting soka. Saat panen tiba, pisahkan yang mempunyai kualitas tinggi dengan yang mempunyai kualitas rendah.
  • Kualitas tersebut akan menentukan harga jual dari kepiting. Semakin baik kualitasnya, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Begitu pula jika kualitas yang dihasilkan tidak baik, maka akan ditawar dengan harga renah.
  • Tawarkan hasil panen ke pengusaha masakan, dimulai dari warung-warung di pinggir pantai, tengkulak, hingga didistribusikan ke restoran besar.
  • Belajarlah dari beberapa pengusaha atau pembudidaya yang sudah sukses sebelumnya. Jangan menyerah jika di awal usaha memperolehi kegagalan, tetapi justeru jadikan semangat untuk memperoleh hasil lebih berkualitas lagi di musim depan.

Kandungan Gizi pada Kepiting Soka Air Tawar

Walaupun daging kepiting mengandung kolesterol tetapi kandungan lemak jenuhnya rendah. Selain itu, dagingnya juga tinggi protein, sumber mineral dan vitamin.

Kandungan selenium pada kepiting dapat meningkatkan sistem imunitas dan antibiotik tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta dapat menghindarkan kanker dan kerusakan kromosom.

Menurut Fisheries research and development corporation di Australia dalam 100 gram kepiting terkandung 22 mg omega 3 epa, 58 mg omega 3 dha dan 15 mg omega 6. Vitamin tersebut sangat perlu bagi perkembangan dan kecerdasan anak.

Hambatan dalam Budidaya Kepiting Soka Air Tawar

Salah satu hambatan dari urusan ekonomi budidaya kepiting soka ialah sedikitnya bibit yang tersedia di alam. Disamping itu, saat proses molting dimulai, pemilik wajib mengawasi selama 24 jam untuk memahami kapan cangkang baru tumbuh.

Jangan sampai terlalu lama sehingga cangkang kembali mengeras. Itulah alasan kenapa kepiting soka harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding tipe lain.

Leave a Comment