Cara Budidaya Kutu Air

Masih seputar pakan ikan hias, kutu air ialah pakan alternatif selain pelet yang baik untuk ikan hias. Kutu air ialah setipe plankton yang di sukai oleh ikan berbadan kecil seperti ikan cupang, ikan guppy, dan ikan hias lainnya.

Perkembangan kutu air lebih cepat, jadi sangat pas di jadikan usaha sampingan atau sebagai pakan ikan hias peliharaan.

Belajar Budidaya Kutu Air Dengan Kol

budidaya-kutu-air

Untuk budidaya kutu air tidak susah, dan dapat di coba dengan amat gampang, bahkan tingkat keberhasilannya tinggi. Kandungan protein pada plankton sangat tinggi yakni sekitar 66% dan lemaknya 5% sehingga cocok untuk burayak atau ikan yang baru saja lahir.

Yang akan dibahas ialah menjadikan kutu air datang dengan sendirinya, cara tersebut terbilang sangat ampuh dan mudah untuk di lakukan. Selain itu bentuk kutu air sangat kecil dan bergerak kesana kemari sehingga dapat memikat perhatian ikan untuk segera mengkonsumsinya.

Bagi sebagian orang kutu air sangat menganggu dan mampu dapat memicu iritasi kulit, tetapi bagi penggemar ikan hias kutu air ialah binatang paling menguntungkan. Selain bisa di budidayakan dan di jual, kutu air dapat dipakai sebagai pakan ternak ikan hias.

Budidaya Kutu Air Secara Tanpa Modal Alias Gratis

Untuk budidaya kutu air tanpa bibit, bisa dengan memakai media feses ayam, ampas kelapa, atau sayuran. Keduanya itu ialah media yang paling cocok untuk mendatangkan kutu air. Sayuran yang paling cocok untuk mengundang kutu air ialah sayuran kol.

Karena hanya dengan memasukan kol kedalam sebuah wadah saja nanti kutu air akan berdatangan dengan sendiri, tanpa wajib membeli bibit.

Dengan memakai kol maka tak harus mengeluarkan banyak biaya alias gratis, bahkan tanpa wajib memakai aerator. Berikut ialah prosedur budidaya kutu air memakai sayuran kol :

Menyiapkan Media Makanan Kutu Air

Langkah pertama ialah mencari sayuran kol di pasar, dari pada membelinya lebih baik ambil dari buangan pasar. Kebanyakan kol dari buangan pasar hampir busuk, justru itu mampu membuat kutu air cepat berdatangan.

Coba tanyakan kepada penjual sayuran apa ada kol hampir busuk, kalau ada dapat dipastikan akan di beri secara gratis, atau paling tidak membelinya dengan harga murah.

Memilih Wadah Budidaya Kutu Air

Hal paling penting dalam pemilihan wadah untuk budidaya kutu air ialah wadah mempunyai bentuk panjang dan lebar. Jumlah kutu air yang di budidayakan juga wajib dengan keperluan, misal tujuan merawat kutu air untuk pakan ikan, maka banyaknya kutu air sesuaikan dengan banyaknya ikan cupang.

Jika berniat memelihara kutu air dalam skala besar, maka media yang disiapkan untuk tempat memancing dan penampungan kutu air berupa kolam terpal atau kolam semen. Jika dengan skala kecil cukup dengan baskom berukuran agak besar dan luas

Mengisi Wadah Budidaya Kutu Air

Sebaiknya masukan air yang telah di endapkan dengan volume air secukupnya saja, jangan teramat tinggi, karena hanya butuh melebar dan memanjang.

Jika semua langkah di atas sudah siap, kini saatnya memasukan kol didalamnya. Sebaiknya kol dibersihkan dulu dan jangan lupa beri tutup pada wadah suapay tidak menjadi tempat bersarang jentik nyamuk.

Tapi jika ingin mendatangkan jentik nyamuk untuk pakan ikan cupang besar juga tidak masalah.

Usia dan Cara Panen Kutu Air Untuk Makanan Ikan Hias

Jika sudah memasukan kol kedalam wadah berisi air sebisa mungkin diamkan dulu selama 1 minggu. Pada saat masa pembusukan kol, maka warna air akan bermetamorfosis hitam.

Tapi jika di biarkan air akan menjadi berning dengan sendirinya dan kutu air sudah muncul didalam air dengan jumlah banyak.

Ambil kutu air dengan saringan yang halus khusus kutu air, dan berikan pada ikan cupang kecil atau burayak. Lakuakn secara continue agar burayak lincah dan segera berkembang.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment