Cara Budidaya Tikus Putih

Tikus putih atau mencit merupakan tipe tikus yang mempunyai warna putih, umumnya jenis ini dipakai untuk penelitian atau pakan burung predator serta ular.

Sekarang semakin tidak sedikit orang yang mencoba membudidaya ternakan tikus putih untuk menjadi ladang duit mereka. Tikus ini terfavorit para pemelihara binatang reptil khusunya ular untuk pakan ular.

Cara Beternak Tikus Putih

Orang mulai banyak melirik untuk memelihara tikus tipe ini karena perawatan serta modal yang diperlukan lumayan miring. Selain hal tersebut mencit ini dapat diunduh setiap bulan karena amat gampang beranak dengan masa kehamilan hanya 20 hari.

Satu indukan tikus putih akan menciptakan anakan hingga 12 ekor. Tetapi sebelum mulai usaha budidaya ternak tikus putih anda wajib diperhatikan beberapa hal, diantaranya ketersediaan pakan, kebersihan kandang, dan juga suhu udara yang sempurna.

Memilih Kandang Ideal Untuk Tikus Putih atau Mencit

cara-beternak-mencit

Kandang yang dipakai untuk budidaya ternak tikus putih bisa memakai container box, akuarium yang sudah disekat, atau kandang yang diracik sendiri dari kayu triplek. Jika menunjukkan rasa kesusahan maka dapat memakai kandang lemari plastik yang mempunyai banyak laci. Lemari plastik dapat secara gampang di beli di area pasar atau toko perabotan meubel di dekat.

Kandang yang dipakai tidak teramat berukuran kecil serta teramat lebar. Hal penting yang perlu memperhatikan yakni kebersihan kandang, pakan, serta temperatur suhu kandang yang teratur dan terjaga.

Tempat makanan yang dipakai sama halnya wadah yang dipakai untuk hamster tetapi ukurannya lebih gede. Hal ini juga berlaku untuk wadah minum yang dapat memakai kepunyaan hamster. Dengan memakai peralatan kepunyaan hamster kita dapat secara gampang memperoleh segalanya di toko binatang yang berada di sekitar tempat tinggal.

Cara Menjodohkan Tikus Putih atau Mencit

tikus-putih

Sebelum budidaya tikus atau mencit pasti kita memerlukan indukan yang akan di ternakan. Tetapi terlebih dahulu anda wajib memahami perbedaan antara tikus putih jantan dan betina, untuk pejantan biasanya mempunyai buah zakar sedangkan betina tidak mempunyainya. Calon indukan tikus putih yang bagus ialah tikus yang sudah berusia sekitar 2 bulan lebih.

Untuk setiap kandang perkawinan bisa meletakkan empat ekor tikus putih dengan jumlah seekor pejantan dengan tiga ekor betina.. Masa obserbasi mengawinkan tikus putih atau mencit yakni sekitar satu minggu dengan terus diberi pakan yang bernutrisi, dapat memakai pur ayam. Sedangkan minuman bisa memakai air mineral biasa.

Seandainya perkawinan berhasil maka setelah satu minggu,sudah mulai nampak bagian perut betina mengalami perubahan atau bunting. Jika anda menemukannya segera pindahkan indukan tersebut pada kandang yang berbeda dan tetap amati pertumbuhan dan nutrisi makanan yang dikasihkan.

Cara Memelihara Anakan Tikus Putih atau Mencit

budidaya-tikus-putih

Indukan yang lagi mengandung terus lakukan penanganan yang bagus dan harap untuk memastikan pakan serta minum selalu tersedia. Apabila anakan telah lahir, jangan pisahkan dahulu dengan indukannya.

Mulai pisahkan indukan dengan anakan setelah berumur tiga minggu atau anakan telah mampu makan sendiri. Anakan tikus dapat mulai dijual setelah berumur satu bulan dan jika ingin membuat bertambah lagi maka setelah berumur 2 bulan tikus putih atau mencit siap kawin.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Membasmi Tikus Di Sawah Cara Membasmi Tikus di Sawah Paling Ampuh dan Cepat - Negara Indonesia dikenal sebagai negara Agraris yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pe...
Cara Mengusir Tikus dari Rumah Tikus dapat ditemukan di seluruh belahan dunia, kecuali di Antartika atau pulau yang terletak di tengah samudera. Beberapa spesies tikus merupakan hew...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!