Cara Melatih Burung Merpati

Cara Melatih Burung Merpati – Saat ingin membudidayakan burung merpati pertama kali, kita wajib memilih tujuan dari kita membudidayakannya. Jika hendak membudidayakan burung untuk di kompetisikan, anda wajib membeli merpati yang berkualitas dengan memperhitungkan performanya.

Anda wajib melihat detail burung dara tersebut menurut keperluan atau tujuan membudidayakannya. Lebih baik jika anda mampu mengambil merpati dengan kualitas diatas rata-rata, walaupun kualitas bagus biasanya mempunyai harga yang mahal.

Perlu untuk ingat juga bahwa dalam membeli burung dara sebisa mungkin yang sejodoh karena mereka hidup secara berpasangan.

Menentukan Ukuran Kandang Burung Merpati

melatih-burung-merpati

Beberapa hal yang wajib memperhatikan ialah kandang yang dibuat wajiblah dapat melindungi burung dara dari pemangsa seperti kucing liar. Selain sebagai pelindung, kandang merpati juga perlu mempunyai ventilasi yang bagus, ruang yang sesuai disertai wadah makan dan minum.

Kandang wajib diletakkan di ketinggian yang dapat terlepas dari pengganggu seperti kabel, pohon, tiang lampu dan lainnya agar tak mengacau merpati yang terbang ketika anda memberikan pelatihannya.

Makanan Burung Merpati

Memberi makan berkualitas Untuk Burung Dara

Cara memberikan makanan burung dara ialah saat makanan telah diberikan, pakan tersebut sudah wajib dikonsumsi dalam waktu 20 menit. Setelah 20 menit, anda wajib melakukan pembersihan semua sisa makanan.

Selain itu anda bisa menyediakan jagung giling kasar untuk menolong pencernaan dari burung dara dan sebagai tambahan vitamin dan mineral. Teknik pemberian makan yang sudah dijabarkan tadi dapat dilakukan sejumlah 2 kali dalam sehari.

Memberi Program Pelatihan Khusus Merpati

Anda bisa melakukan agenda pelatihan burung dara saat ia berumur 6 minggu, karena pada usia ini merpati sudah mampu mengingat pintu yang berada di kandangnya.

Pintu tersebut dirancang untuk memudahkan merpati masuk ke kandang setiap saat. Pintu ini kemungkinan bakal sedikit meresahkan,untuk itu perlu menolong merpati untuk menunjukkan cara mudah masuk dan keluar kandang melewati pintu.

Membuat Burung Dara Terbiasa Dengan Kandangnya

Saat berumur antara 6 dan 8 minggu anda dapat mulai memberikan pelatihan merpati untuk keluar dan kembali lagi ke kandangnya. Pertama-tama bisa mencoba melepaskan burung dara sejauh 1,5 kilometer dari kandang dan tunggu apakah kembali ke sarang.

Lakukan hal tersebut selama beberapa kali dalam jangka waktu seminggu. Setelah itu bisa menambah jarak hingga 8 kilometer. Tetapi perlu memperhatikan bahwa jangan teramat cepat menambah jarak karena merpati  belum pasti terbiasa dengan latihan ini. Pastikan untuk menambah jarak setiap minggu dan pergilah ke beberapa arah yang lain.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Menjodohkan Merpati Cara Menjodohkan Merpati Jantan dan Betina yang Masih Single - Merpati atau burung dara termasuk dalam famili Columbidae atau burung berparuh dari ord...
Makanan Burung Merpati Makanan - Merpati atau burung dara merupakan binatang yang sangat ramah dan telah dijadikan binatang kesayangan semenjak lama. Beberapa merpati bahkan...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!