Cara Melatih Ikan Cupang

Cara memberikan pelatihan ikan cupang atau betta ialah hal yang wajib di pelajari bagi orang yang hendak mempunyai cupang kuat saat di kompetisikan.

Pada kesempatan ini mari bahas seputar bagaimana metode pelatihan ikan cupang yang bagus dan benar, agar dapat jadi juara di setiap kontes.

Cara Melatih Ikan Cupang

cara-melatih-ikan-cupang

Pada dasarnya ikan cupang tergolong jenis petarung handal. Namun nyatanya kuat atau tidaknya ikan betta ketika di arena tergantung dari bagaimana si pemilik memberikan pelatihan dan membudidayakan nya.

Cara memberikan pelatihan di bawah ini berdasar dari pengalaman pribadi serta beberapa ahli yang telah berhasil membuat juara cupang mereka. Berikut ialah metode nya :

Cara Melatih Pernafasan Ikan Cupang Agar Lincah dan Agresif

Metode pertama yang dapat di coba ialah dengan membuat wadah khusus atau orang lebih sering menyebutnya jantur. Di amati dari desain wadahnya saja telah mampu nampak metode pelatihan pernafasan pada ikan cupang.

Jika tidak mempunyai nafas yang kuat saat bertarung mulut maka ikan akan memberontak dan meminta lawan untuk melepas gigitan, dengan begini betta tersebut sudah di anggap kalah dalam sebuah kontes cupang .

Bagaimana membuat wadah ideal  untuk metode pelatihan jantur yang fokus sebagai cara melatih pernafasan ikan cupang?

  • Siapkan ¬†wadah berupa aquarium berdiameter tinggi 100cm x lebar 20cm x panjang 20cm. Usahakan menggunakan bahan dari kaca agar bisa memantau gerakan cupang.
  • Setelah itu isi penuh wadah sampai penuh sekitar 90%, dan masukan ikan cupang kedalam nya.
  • Metode penerapannya ialah membuat betta naik turun dari atas ke bawah, agar pernafasan nya terlatih semakin kuat.
  • Lakukan metode berikut selama 4 hari sesekali di pancing buat naik turun.

Cara Melatih Ikan Cupang Agar Kuat

Setelah 4 hari berlatih di wadah jantur, pola latihan kemudian yang dapat di coba ialah memberi pelatihan otot, sehingga ikan cupang mempunyai kekuatan kuat untuk menyerang lawan.

Selain pelatihan otot, metode arus ini bisa membuat stamina ikan menjadi lebih tahan lama dengan tempramental yang kurang ganas.

Inilah prosedur menjadikan arus buatan secara gampang untuk melatih otot ikan cupang lebih kuat

  • Siapkan toples kecil yang mempunyai bentuk lingkaran, dan bening.
  • Isi gelas tersebut tapi jangan teramat penuh.
  • Siapkan kayu kecil, stik es krim atau juga bisa pensil 2b sebagai media untuk memutar air.
  • Masukan cupang kedalam wadah lingkaran yang telah diisi air.
  • Kemudian putar lah air secara pelan-pelan menggunakan stik kayu sampai membentuk pusaran kecil.
  • Di hari kemudian, latihan bisa menggunakan cara yang sama, memutar air dengan stik tetapi berkecepatan agak tinggi.
  • Lakukan selama 30 menit saja dalam jangka waktu 5 hari

Catatan : jangan sampai stik untuk memutar air, mengenai ikan, usahakan cupang berada di dasar dan stik di atas. Metode ini sangat sederhana untuk memberikan pelatihan otot ikan cupang agar menjadi kuat.

Cara Melatih Stamina Ikan Cupang Agar Tetap Terjaga Saat Kontes

Berikut adalah metode terakhir untuk di coba ialah meletakkan ikan cupang pada kondisi kekurangan air. Media latihan dapat memakai piring dengan di isi air setinggi badan betta.

Latihan ini bisa menjadikan ikan semakin gesit dan pernafasan nya jauh lebih kuat. Meski latihan ini nampak cukup berat bagi ikan tapi hal ini tidak akan membuat cupang mati karena paru-paru masih terpasok air.

Agar cara melatih ketahan cupang bertarung efektif lakukan metode ini 1 kali dalam 1 minggu, durasi latihan maksimal 60 menit agar cupang tidak kelelahan.

Jika sudah menerapkan semua cara diatas secara tahap demi tahap, istirahat kan cupang selama tiga hari, untuk memperbaiki kondisinya sebelum siap untuk di tanding kan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment