Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Persia Galak Dirumah – Memandikan kucing termasuk aktivitas rutin yang wajib dilakukan secara teratur para catlovers. Mandi dapat menjaga kebersihan badan serta menghilangkan beberapa kuman penyebab penyakit.

Namun banyak hal perlu diperhatikan dalam proses memandikan terutama rasa nyaman. Kucing dapat mengalami trauma berkepanjangan jika sewaktu memandikan merasa terpaksa dan tersakiti.

Padahal seperti yang diketahui kucing yang bersih mampu mengeluarkan pesona lebih indah serta menarik dipandang mata. Mandi telah terbukti mampu menjadikan bulu menjadi lebih bersih dan sehat.

Sebenarnya kucing persia sudah terbiasa memembersihkan tubuh dengan sendirinya yaitu melalui kebiasaan menjilati tubuhnya. Namun kebiasaannya tersebut tergolong berbahaya bagi tubuh karena bulu yang rontok akan ikut tertelan kedalam tubuh serta tinggal di bagian usus dan membuatnya terkena hairball.

Selain itu untuk membersihkan kulit dari jamur dan kutu tidak bisa hanya dengan menjilati saja. Dibutuhkan shampo atau sabun khusus kucing untuk membasmi penyebab penyakit jamur dan kutu.

cara-memandikan-kucing-persia

Proses memandikan kucing sebenarnya tergolong mudah jika sudah terbiasa, namun akan beda ceritanya jika memandikan kucing liar. Sifat alami yang tidak suka dengan air membuat proses mandi seolah menjadi bencana.

Kucing menjadi lebih agresif dari biasanya serta suka mencakar dan berontak, tapi seiring berjalannya waktu, dia akan lebih terbiasa mandi, sehingga menjadi lebih jinak. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum proses memandikan kucing:

Persiapan Sebelum Memandikan Kucing

Sebelum memulai langkah-langkah memandikan sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing persia. Hal tersebut sangat berguna agar proses pemandian menjadi lebih singkat dan lancar.

1. Mempersiapkan alat mandi

Banyak yang perlu dipersiapkan sebelum mulai memandikan seekor kucing salah satunya peralatan mandi. Beberapa peralatan mandi wajib ada yaitu shampo, waslap, handuk serta ember tempat memandikan  terisi air hangat.

Pastikan wadah memandikan tidak terlalu kecil jika sedang memandikan kucing persia liar. Ditakutkan saat berontak air tumpah sehingga membuat proses memandikan gagal total.

2. Menyediakan Alat Kosmetik

Demi memberikan penampilan menarik tidak jarang beberapa catlovers sering menyediakan beberapa kebutuhan kosmetik untuk kucingnya. Kosmetik yang digunakan juga merupakan produk khusus diperuntukkan hanya untuk kucing.

Beberapa contoh kosmetik berupa bedak, parfum, sisir, cottonbuds dan hair dryer. Jika tidak mempunyai bedak dan parfum khusus, dapat menggunakan bedak atau parfum bayi.

Langkah-Langkah dalam Memandikan Kucing

Setelah semua peralatan yang dibutuhkan telah siap berikutnya tinggal melakukan beberapa prosedur dalam memandikan kucing. Ikuti sesuai urutan yang telah ditentukan untuk membuatnya tetap merasa nyaman selama proses memandikan.

1. Membasahi Tubuh Secara Perlahan

Pertama-tama basahi tubuh dimulai dari bagian kaki dengan air hangat, lalu basuh secara perlahan agar kucing tidak berontak dan tetap merasa nyaman. Setelah dirasa telah tenang masukkan kedalam bak mandi.

Basahi secara merata sampai semua bagian tubuh terkena air, usahakan agar air tidak masuk kedalam telinga, karena dapat membuat kucing kesakitan. Cukup gunakan waslap yang telah disiapkan untuk membersihkan telinga.

2. Menggunakan Shampo khusus

Setelah semua bagian tubuh kucing telah terbasahi, berikan shampo merata keseluruh tubuh, Hindari bagian mata, hidung serta mulut dari jangkauan shampo.

Setelah melakukan usapan secara merata, sebaiknya lakukan juga pemijitan untuk memberikan rasa nyaman serta membuat kandungan shampo mampu meresap sempurna. Kandungan shampo sangat berguna untuk membersihkan tungau serta jamur penyebab penyakit dari kulit serta bulu.

3. Melakukan Pembilasan secara Merata

Jika dirasa semua bagian telah terkena shampo, silahkan lakukan pembilasan dengan menggunakan air hangat. Untuk memastikan kondisi tubuh kucing benar-benar kering, usap dan lilitkan handuk yang telah disediakan sebelumnya.

4. Mengeringkan Bulu Persia

Bawa keluar dari kamar mandi lalu letakkan kucing pada tempat hangat, jika cuaca dalam kondisi cerah bisa menggunakan bantuan sinar matahari untuk mengeringkan bulu. Namun bila sedang hujan gunakan hair dryer untuk membantu proses pengeringan bulu.

5. Membersihkan Telinga

Kucing yang telah bersih dan kering tidak lengkap rasanya jika telinga dalam kondisi kotor, bisa menggunakan cottonbuds dengan diberi sedikit baby oil untuk membersihkan telinga. Baby oil terbukti ampuh mampu mengangkat kotoran yang melekat erat pada bagian telinga.

Lakukan pembersihan secara perlahan agar tidak merasakan sakit, telinga kotor menjadi sarang tempat berbagai macam penyakit salah satunya  radang telinga (Otitis).


Tips Memandikan Kucing Persia Galak

Dengan berhasil melewati beberapa cara diatas sebenarnya proses mandi sudah berakhir dengan sukses. Namun sebagai pelengkap sebaiknya silahkan terapkan beberapa tips dalam memandikan kucing persia berikut ini :

1. Memotong Kuku Kucing Persia

Sebelum mulai memandikan sebaiknya lakukan pemotongan terhadap kuku. Kucing biasa menggunakan kuku sebagai alat pertahanan diri serta berburu. Saat kondisi terancam dia akan menjadi agresif serta suka mencakar.

Dikhawatirkan saat dimandikan kucing menjadi beringas dan mencakar anda, dengan memotong kuku maka resiko tersebut dapat diminimalisir, karena kondisi kuku telah tumpul.

2. Menggunakan Sikat untuk Meratakan Shampo

Meratakan shampo sebenarnya sangat mudah cukup dengan menggunakan tangan. Namun untuk menghilangkan bulu rontok dibutuhkan bantuan alat  berupa sikat. Bulu rontok akan menempel pada sikat serta membuatnya menjadi lebih halus dan bersih dari jamur yang menempel.

3. Memperhatikan Waktu Memandikan

Kucing membutuhkan mandi untuk menjaga kebersihan tubuhnya serta menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Teratur dalam memandikan membuatnya menjadi lebih terbiasa dalam mandi.

Intensitas mandi kucing dapat diberikan setiap seminggu sekali namun jika kondisi sangat kotor maka wajib untuk segera memandikannya. Demikian artikel tentang Cara Memandikan Kucing Persia Galak Dirumah. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Mengusir Kucing Liar 6 Cara Mengusir Kucing Liar Bandel Ampuh dan Cepat - Biasanya orang penyuka binatang akan menjadikan kucing liar sebagai binatang piaraan kesayangan k...
Gejala Kucing Keracunan Kenali 10 Gejala Awal Kucing Keracunan Sebelum Terlambat. Keracunan sebenarnya mempunyai gejala yang dapat diketahui sejak awal dan sangat mudah untuk...
Tanda Kucing Hamil Muda Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan dan menyusui. Tanda dan ciri kucing akan melahirkan dapat dikenali dari berb...
Ciri – Ciri Kucing Sehat Ciri - Ciri Fisik Kucing yang Sehat - Ciri - ciri fisik kucing sehat terutama jenis persia dan anggora sangat mudah untuk diamati. Mengamati kondisi k...
Macam Penyakit di Mata Kucing Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Pada Kucing - Hampir semua piaraan sangat rentan dengan komplikasi terutama di organ mata. Umumnya penyakit ...
Cara Mengobati Scabies Kucing Cara Efektif Menghilangkan Scabies pada Kucing - Binatang yang tidak terawat dan terjaga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit salah satunya ...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!