Cara Memanjangkan Bulu Kucing Kampung

Kucing kampung ialah ras lokal, yang artinya berasal dari indonesia. Jenis kucing ini sangat banyak, bahkan jumlahnya tak terhitung. Kucing kampung bisa ditemukan secara gratis dengan menggunakan cara mengambil mereka ketika di jalanan.

Cara Memelihara Kucing Kampung agar Berbulu Lebat

cara-memanjangkan-bulu-kucing-kampung

Kucing kampung bisa ditemui di taman, pasar, kampung dan lain-lain namun tubuhnya sangat standar, tidak segagah dan secantik persia atau anggora, yang mempunyai bulu yang tebal, muka lucu dan mata indah.

Jika suka dengan kucing namun belum bisa membeli ras import maka jenis lokal pilihan terbaik. Kucing import memang terkenal punya harga relatif mahal, dengan perawatan sedemikian rupa ternyata jenis lokal mampu mempunyai bulu lebat dan badan gemuk.

Berikut ialah cara merawat kucing kampung agar gemuk dan bulunya lebat, simak dan praktek kan secara teratur ya.

Sering Memberi Perawatan Bulu

Perawatan bulu sangat beragam, hal ini akan berpengaruh pada kualitas bulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bulu kucing kampung menjadi panjang.

Menyisir Bulu

Hal terpenting untuk menjadikan bulu kucing tetap lembut ialah dengan menyisir nya setiap hari. Dengan menyisir .lnya kapanpun dia mau akan menjadikan bulu menjadi lebat. Fungsi dari menyisir bulu ialah untuk membuang bulu mati, agar dapat berganti menjadi bulu baru.

Rutin Memandikan Kucing

Dengan meberi mandi secara teratur bulu kucing akan lebih halus, dan dapat menghindari kutu. Sebenarnya kucing kampung mempunyai kekuatan untuk melakukan pembersihan diri sendiri. Namun tetap lebih baik jika dimandikan dengan shampo.

Kucing wajib rutin dimandikan sekitar 1 minggu sekali, dan gunakan juga shampo khusus yang dapat dibeli di pet shop.

Menjaga Perasaan Kucing

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres kucing berdampak pada rontok bulunya. Jadi usahakan menjaga moodnya dengan cara jangan memarahi dan membentaknya. Selalu ajaklah bermain jika memiliki waktu luang, kucing menyukai bermain bola kecil yang ringan.

Membuat Kucing Menjadi Lebih Gemuk

Kucing berukuran besar atau gemuk dapat meningkatkan pesona yang dimilikinya. Selain itu dengan pertambahan berat badan akan membuat bulu menjadi lebih terlihat lebat. Berikut adalah cara untuk menggemukkan kucing kampung secara alami.

Cara Menambah Napsu Makan Kucing

Sebelum memberikan makanan, ada baiknya membuat kucing lebih berselera makan dengan menggunakan cara mengolesi makanan basah ke hidung. Bau makanan basah sangat disenangi oleh kucing karena baunya yang kuat.

Makanan basah bisa dibeli di pet shop seharaga enam ribu rupiah per saset untuk merk whiskas tuna.

Supaya kucing kampung cepat gemuk berilah makanan dan minuman yang bergizi dan bersih.itulah kenapa ras kampung nampak kurus, bulu rontok, ya karena makan dan minum mereka asal-asalan.

Yang paling penting jangan biarkan kucing mengkonsumsi tikus, karena tikus mempunyai bermacam-macam macam penyakit.

Makanan kucing yang baik bisa ditemukan di petshop dengan harga paling murah sekitar harga dua puluh ribu per kg, dan paling mahal enam puluh ribu rupiah per kg. Minuman kucing bisa menggunakan air minum bersih matang.

Memberi Nutrisi Tambahan

Ada beberapa nutrisi tambahan yang dapat diberikan pada kucing kampung supaya bulunya makin lebat. Yang pertama yakni kuning telur ayam kampung.

Kuning telur ayam kampung sangat efektif buat memperindah bulu kucing supaya semakin halus, serta menghindarkan dari kerontokan. Berikan maksimal 3 kali satu minggu,

Pastikan hanya menggunakan bagian kuningnya saja karena putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat membuang zat penting pada tubuh kucing, yakni vitamin b biotin. Kuning telur akan lebih baik jika diberikan dalam kondisi belum matang, supaya khasiatnya tak hilang.

Nutrisi kedua ialah minyak ikan yang terkandung asam lemak omega 3. Telah banyak orang tahu bahwa asam omega 3 sangat perlu bagi kulit dan bulu kucing, sehingga mampu melebatkan bulu dan menghindarkannya dari kerontokan.

Nutrisi yang ketiga ialah vitamin e yang bisa diperoleh secara gampang di petshop dalam bentuk tablet dan sachet. Vitamin e berkhasiat untuk mempertahankan kelembapan kulit, dan mencegah kucing dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang bisa mengeringkan kulit dan bulunya.

Menjaga Kesehatan Kucing Kampung

Merawat ras kampung tidak sekompleks merawat kucing ras import. Meski begitu kucing kampung tetap memerlukan perhatian dalam hal kebugarannya.

Terutama menjaga pola makan dan kebugarannya, jika memungkinkan bawalah ke dokter binatang untuk pengecekan kebugaran atau vaksinasi.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!