Cara Membasmi Kutu Kucing

Permasalahan lagi yang kerap di alami oleh penyuka kucing ialah kutu. Binatang hama ini termasuk yang paling merugikan bagi kucing, karena kutu ialah binatang parasit yang mengkonsumsi darah . Bahkan membuat susah gemuk karena kebanyakan parasit di tubuhnya.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Sepenuhnya

cara-basmi-kutu-kucing

Kutu tidak bisa di anggap sepele, karena dapat menjadikan kucing menunjukkan rasa gatal dan menggaruk-garuk badannya, sehingga bisa menyebabkan lecet di kulit. Penyebab kutu kucing bisa hinggap karena tertular dari kucing lain, atau juga bisa karena tertular dari tikus.

Perihal cara menghilangkan kutu kucing di tempat tinggal tanpa wajib ke dokter binatang, berikut ialah cara yang dapat diterapkan secara gampang dibawah ini :

Membasmi Kutu Kucing  Sampai Akarnya

Metode ini untuk cara menghilangkan kutu kucing sepenuhnya atau terlanjur terinfeksi atau terjangkiti. Lakukan cara dibawah ini secara berurutan agar menciptakan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan

Memandikan Kucing Dengan Shampo Khusus Anti Kutu

Cara pertama yang dapat dicoba ialah dengan memberi mandinya secara teratur, memakai shampo khusus kucing dari petshop dengan harga relatif murah, sekitar rp.30.000 untuk merk umum. Ingat wajib diberi mandi secara teratur agar semua kutu dan telur nya hilang dari tubuh kucing.

Lalu apakah aman memakai shampo manusia untuk manusia?. Sebenarnya metode ini tidak disarankan karena kandungan ph dan zat kimia pada shampo manusia tidak sama dengan tubuh kucing atau kulit manusia. Tapi jika terpaksa, misalnya kutu sudah teramat banyak, maka dapat memakainya tapi tidak usah terlalu sering.

Berdasarkan pengalaman memandikan kucing dengan shampo khusus atau shampo manusia, lebih ampuh memakai shampo manusia. Saat diberi shampo khusus kucing, kutu masih tidak nampak mati atau berlarian, tapi jika memakai shampo manusia kutu bisa loncat-loncat berlari dan bahkan berpindah ke kepala kucing.

Membasmi Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Cara praktis yang dapat dicoba ialah dengan memakai minyak telon. Usapkan minyak telon di anggota tubuh yang kiranya terdapat banyak kutu seperti selangkangan, saat serta bawah leher kucing. Jangan usapkan pada seluruh tubuh , agar kucing tidak menjilat badannya setelah di beri minyak telon.

Memberi Obat Spray Anti Kutu Kucing

Spray ini bisa dibeli di petshop dengan harga cukup terjangkau, cara menggunakanya sama sperti minyak telon, tapi lakukan penyemprotan saja di anggota tubuh kucing yang ada banyak kutu.

Jangan lakukan penyemprotan ke semua anggota tubuh , karena dapat menganggu kebugaran kulit. Usahakan pada ketika menyemprot, jangan sampai kena bagian mata dan mulut. Bagaimana pun juga spray ini terbuat dari bahan kimia yang tidak layak di konsumsi, namun cara ini terbukti sangat ampuh membasmi kutu kucing sampai akarnya.

Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Terkena Kutu

Cara pertama bisa dengan menyisir rambut terutama setelah memandikan kucing. Manfaat menyisir bulu ialah untuk membuang bulu mati yang masih melekat pada tubuh. Selain itu menyisir bulu akan menghilangkan kutu jika terus di lakukan setiap hari, apa lagi jika memakai sisir yang khusus untuk membasmi kutu.

Membuat Lingkungan Ideal Untuk Kucing

Setelah hal di atas sudah dapat lakukan dengan rutin, kemudian ialah bersihkan seluruh lingkungan kucing. Biasanya larva atau telur kutu masih melekat pada tempat tidur atau alas tidur. Bersihkan alas tersebut dengan menggunakan cara mencucinya, sebagai cadangan paling tidak wajib mempunyai 4 alas tidur dari kain yang dapat di ganti setiap kali dicuci.

Menjaga Kucing Agar Tidak Sering Keluar Rumah

Pada dasarnya kucing ialah binatang yang aktif, kasihan kalau seharian penuh di kurung di dalam kandang. Biarkan kucing keluar kandang hanya di dalam tempat tinggal saja, dan ajaklah bermain selama beberapa menit. Jangan sampai pergi jauh dari tempat tinggal, karena kemungkinan dapat tertular kutu dari kucing liar, atau setelah mengkonsumsi tikus.

Memberi Vaksin Anti Kutu Pada Kucing

Jika tidak terlalu sibuk, cobalah bawa kucing piaraan ke dokter binatang terdekat untuk memperoleh vaksinasi, yang gunanya untuk menghindarkannya dari beragam macam penyakit seperti virus. Selain itu, bisa juga berkonsultasi mengenai hal yang dapat di lakukan untuk membasmi kutu pada tubuh kucing.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!