Cara Membasmi Lalat Kandang Belum Ada Ulasan

Kehadiran lalat merupakan salah satu masalah umum yang pasti akan di hadapi oleh para peternak sapi,kambing dan ayam. Lalat adalah salah satu serangga yang dengan mudah bisa menyebabkan penyakit pada manusia atau hewan ternak.

Kebiasaan hidup lalat yang suka hinggap pada tempat kotor, sampah dan bangkai membuatnya menjadi alat transportasi penyebaran penyakit. Dari benih penyakit yang menempel di badan lalat maka akan memberi dampak besar pada kesehatan saat hinggap pada binatang ternak.

Saat dewasa, lalat mampu menghasilkan telur sekiar 500 butir telur dalam waktu tiga hari. Sehingga sangat tidak mungkin untuk membasmi seluruh lalat yang terdapat di sekitar kita.

Hal yang Menyebabkan Lalat Datang ke Kandang Ternak

cara-membasmi-lalat-kandang

Sebagian besar hal yang bisa membuat datang serangga ini ialah tempat lembab dan aroma tajam, Kedua hal tersebut sangat disukai oleh lalat, sehingga sebaiknya dihindari terutama kandang lembab. Berikut ini beberapa hal lain yang menjadi penyebab lalat datang ke kandang ternak :

  Cara Membasmi Semut di Rumah

1. Keadaan lingkungan sekitar kandang kurang bersih.

Kebersihan kandang perlu untuk dijaga terutama pada wadah pakan, hal tersebut akan membuat makanan yang telah dihinggapi oleh lalat, mampu membuat hewan ternak menjadi sakit. Sehingga cara terampuh membasmi lalat bisa dengan memulai dari membersihkan kandang.

2. Banyak kotoran binatang di dalam kandang.

Sama seperti poin diatas, kandang juga perlu dijaga kebersihannya dari kotoran yang dihasilkan hewan ternak, Bau yang dikeluarkan kotoran mampu memikat lalat untuk datang dan hinggap. Kotoran yang paling disukai oleh lalat ialah yang punya tekstur lembek dan berbau menyengat.

3. Terdapat bangkai hewan ternak.

Kadang kita lupa untuk mengecek kondisi kesehatan ternak berukuran kecil seperti ayam, sehingga tidak mengetahui jika terdapat ayam meninggal dan menjadi bangkai. Kondisi bau bangkai ini dapat memikat dan menarik lalat untuk datang.

4. Kondisi kandang lembab

Lalat dapat berkembang biak disekitar kita, namun dengan kondisi kandang lembab akan membuatnya semakin mudah berkembang.

5. Sisa Makanan Tercecer

Pemilihan makanan yang tepat dapat membantu proses perkembangan hewan ternak, namun pemberian makanan sembarangan dapat menyebabkan pakan tercecer. Makanan ini nantinya akan membuat lalat menjadi tertarik untuk datang ke kandang.

  Cara Mengusir Kecoa Dari Rumah

Cara Membasmi Lalat Kandang Ternak

Setelah mengetahui berbagai penyebab banyaknya lalat di kandang, selanjutnya tinggal atasi masalah tersebut, banyak cara yang dapat digunakan untuk membasmi lalat seperti di bawah ini :

Cara Mengusir Lalat Kandang Ternak Secara Alami

1. Menanam Tanaman Lavender dan Pandan

Lavender dan pandan termasuk dalam golongan tanaman yang dibenci lalat karena baunya sangat harum, sehingga dapat dijadikan cara mengusir lalat kandang ternak. Manfaatkan daerah terbuka di dekat kandang untuk menanam lavender dan pandan, saat tumbuhan telah tumbuh maka ia bisa menanggulangi nyamuk.

2. Melakukan pembersihan kandang beserta perlengkapannya

Cara mengusir lalat kandang ternak termudah bisa dengan melakukan pembersihan kandang, sebisa mungkin bersihkan feses ternak setiap hari. Jangan lupa juga  untuk mencuci wadah makan dan minum agar telur lalat yang menempel dapat hilang. Cara simpel ini bisa di lakukan secara tahap demi tahap supaya lalat tidak datang ke kandang ternak.

Cara Ampuh Membasmi Lalat Kandang

1. Menggunakan lem

Cara penggunaan lem lalat di kandang ternak sangat mudah, cukup memancingnya untuk hinggap di jebakan lem yang sudah terpasang, sebagai umpan bisa menggunakan kotoran ternak. Cara ini terbilang sangat ramah terhadap lingkungan, serta untuk diuji coba, lalat yang menempel akan terus melekat sampai akhirnya mati.

  Cara Mengusir Lalat

2. Menggunakan Obat untuk Membasmi lalat

Ada beberapa obat kimia yang dibuat secara khusus untuk mengusir dan membasmi lalat kandang, cara membasmi lalat kandang ternak bisa dengan ditaburkan atau semprot.

Untuk jenis zelotin bisa dengan menaburkannya pada tinja, sehingga membuat lalat tidak mau datang. Sedangkan untuk penyemprotan bisa menggunakan lindane,metoxychlor,toxaphene dan coumaphos, Sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan mantri binatang ternak.

3. Memasang jebakan nyamuk elektrik

Untuk menggunakan cara ini tentu membutuhkan biaya tidak sedikit, karena harga alatnya sangat mahal, jebakan nyamuk elektrik terbukti ampuh dan sangat efektif, dalam mengatasi lalat yang datang.

Jika menerapkan cara ini, maka wajib untuk memperhatikan tempat pemasangan alatnya, semua peralatan elektrik akan menjadi lebih cepat rusak jika terkena air. Maka perlu untuk memperhatikannya terutama dimusim penghujan seperti saat ini.

 

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!