Cara Membasmi Semut di Rumah 5/5 (2)

Semut adalah salah satu binatang yang keberadaannya dianggap cukup mengganggu, apalagi saat mengerumuni makanan atau barang dirumah. Serangga satu ini juga dapat menghasilkan banyak telur dalam sekali bertelur, sehingga akan sangat sulit untuk membasminya.

Jenis semut api atau merah menyerang masakan berupa lauk, ikan serta lainnya. Sedangkan jenis semut hitam lebih cenderung mencari makanan manis seperti gula, minuman terbuka tutupnya dan apapun yang manis lainnya.

Cara Ampuh Membasmi Semut Secara Alami

cara-membasmi-semut

Rumah kita adalah salah satu tempat favorit untuk tinggal bahkan membuat sarang, karena tempat tinggal kita selalu menjadi penyedia makanan.

Saat serangga sudah berdatangan lalu menyerang masakan, kita pasti sangat jengkel lalu ingin membasminya menggunakan pestisida atau obat anti serangga. Namun hal itu dapat menimbulkan efek samping bagi lingkungan serta manusia terutama bagi anak kecil.

Efek samping racun kecoa dapat berupa gangguan pernafasan bagi manusia, atau iritasi pada kulit. Maka dari itu kita gunakan cara alami untuk membasmi semut hitam dan merah, berikut penjelasannya :

  Cara Membasmi Lalat Kandang

1. Membuat Rumah Di Benci Semut

Masakan jatuh di lantai akan menjadi bahan pakan untuk semut hitam, jadi sebisa mungkin sapu lantai setiap hari untuk mencegahnya datang kembali. Selain itu bisa juga dengan mengepel lantai beberapa kali dalam seminggu.

Selain menimbulkan aroma wangi yang dibenci semut atau serangga lain, mengepel juga bisa membasahi lubang – lubang kecil di lantai yang kemungkinan menjadi sarang.

2. Mengusir Semut dengan Sabun

Sabun pencuci piring selain membersihkan piring kotor juga dapat digunakan untuk membasmi atau menghilangkan semut hitam dan merah di rumah. Cara tersebut sudah turun temurun dilakukan dan terbukti ampuh membuat serangga jera untuk datang kembali.

Bahan yang diperlukan antara lain, sabun pencuci piring cair, botol semprot bekas. Langkah selanjutnya bisa dengan bersihkan botol menggunakan air hingga bersih, masukkan sabun cuci piring beberapa tetes, beri air sedikit lalu kocok hingga larutan menyatu.

Gunakan larutan tersebut untuk menyemprot sekelompok semut yang lalu lalang di rumah. Lakukan penyemprotan hingga serangga terlihat diam atau telah mati. Segera bersihkan sisa tubuhnya agar tidak mengotori tempat tinggal Kecoa.

3. Membasmi Semut dengan Larutan Cuka Dicampur Air

Cairan cuka dapat anda gunakan untuk mengusir semut dari rumah karena terbukti dibenci olehnya. Anda dapat menggunakan botol semprot bekas parfum atau bekas semprot saat menyetrika.

  Cara Memperoleh Ratu Semut Rangrang

Bersihkan terlebih dahulu botol tersebut sebelum digunakan lalu masukkan air beserta cuka secukupnya, kocok larutan tersebut hingga menyatu sempurna. Semprotkan cairan pada tempat terlihat banyak semutnya.

Bahan Alami Pengusir Semut Hitam atau Merah

Membasmi semut dengan obat memang sangat efektif dalam menghilangkan gerombolan semut di sarang, namun perlu diperhatikan timbulnya efek samping penggunaannya. Obat pestisida cenderung tidak aman digunakan, terutama jika memiliki buah hati yang masih kecil. Berikut adalah beberapa cara ampuh mengusir semut hitam atau merah secara alami :

1. Perasan Jeruk Nipis Dicampur Air

Karena semut tidak menyukai aroma harum, anda bisa menggunakan campuran perasan jeruk nipis dengan air. Cara penggunaannya cukup siapkan botol semprot bekas, lalu masukkan perasan jeruk nipis dengan air secukupnya, Selanjutnya semprotkan pada area dimana banyak terlihat berlalu lalang.

2. Daun Sirih

Sirih sejak dahulu dikenal memiliki sejuta manfaat, Salah satunya  yaitu untuk mengusir serangga dari rumah. Langkah yang Anda lakukan cukup remas daun sirih hingga mengeluarkan aroma,

kemudian letakkan pada tempat dimana semut sering terlihat. Aroma sirih tidak disukai semut sehingga membuatnya menjauhi area sekitarnya.

3. Bubuk Kopi

Semut atau serangga lainnya tidak suka aroma harum yang ditimbulkan oleh bubuk kopi, taburkan Bubuk kopi murni  pada tempat dimana muncul semut. Jangan lupa menaburkan juga pada sarangnya agar pergi selamanya.

4. Mentimun

Aroma segar dari mentimun ternyata sangat dibenci semut, cara pengaplikasiannya juga mudah cukup potong timun, lalu letakkan pada sarang. Bisa juga mentimun di blender lalu taruh di area jalannya.

  Cara Mengusir Kecoa Dari Rumah

5. Garam Dapur

Selain dapat melezatkan masakan, garam dapur juga bisa digunakan untuk mengusir serangga. Rasa asin dari garam akan mengganggu kesehatan kulitnya, sehingga mereka akan menghindarinya. Agar lebih ampuh mengusir kecoa tambahkan dengan air hangat lalu semprotkan ke sarang.

Cara Mencegah Semut Datang Kerumah

Setelah sukses mengusir semut, ketikanya anda mengerahkan kemampuan supaya koloni pengganggu ini tidak datang lagi ke tempat tinggal anda. Semut pada biasanya mencari tempat yang lembap untuk membangun sarang, dan suka muncul di dapur atau dekat tumpahan makanan atau minuman.

  1. Simpan buah masak di lemari es dan makanan lainnya dalam wadah tertutup, hindarkan membiarkan makanan di tempat terbuka.
  2. Segera bersihkan tumpahan makanan seandainya jatuh atau tercecer dari piring.
  3. Apabila punya binatang piaraan, jagalah supaya wadah makan binatang piaraan bersih. Jangan lupa juga bersihkan semua makanan atau air yang tumpah di dekatnya.
  4. Bersihkan tempat buangan (di dalam dan di luar tempat tinggal).
  5. Periksa tanaman pot di dalam ruangan untuk cegah adanya serangga.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!