Cara Membasmi Tikus Di Sawah 4/5 (2)

Cara Membasmi Tikus di Sawah Paling Ampuh dan Cepat – Negara Indonesia dikenal sebagai negara Agraris yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Masyarakat Indonesia sangat mengandalkan hasil pertanian terutama padi, yang diolah menjadi nasi, kemudian dijadikan makanan pokok. Namun seiring perkembangan zaman, sebutan negara agraris bagi Indonesia mulai mengalami kemunduran.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain ialah lahan pertanian yang semakin berkurang, karena telah dijadikan sebagai pemukiman. Cuaca yang tidak menentu juga penyebab petani gagal panen, serta banyaknya hama yang menyerang tanaman.

Cara Membasmi Tikus di Sawah Secara Alami

cara-membasmi-tikus-di-sawah

Tikus bisa dibilang merupakan salah satu hama yang sering merusak tanaman para petani, dan biang penyebab berbagai macam penyakit antara lain Leptopirosis, Pes, Murine Typus, Scrub Typus serta Hantavirus.

Tikus yang menyerang tanaman para petani dapat merugikan, karena menyebabkan hasil panen menurun atau bahkan tidak dapat panen. Berdasarkan penelitian, tikus dapat berkembang biak dengan sangat cepat dengan perbandingan sekali beranak dapat melahirkan 7 sampai 9 ekor anak.

  Cara Mengusir Tikus Curut

Oleh karena itu penanggulangannya juga harus dilakukan secara cepat, Berikut cara membasmi tikus di sawah paling ampuh :

1. Hewan Pungusir Tikus di Sawah

Burung hantu dikenal sebagai pemangsa tikus, setiap harinya burung hantu dapat membunuh 5 – 8 ekor tikus. Burung hantu dikembang biakkan dengan membuatkan pagupon atau sarang.

Selain itu burung hantu juga dilepaskan agar berkembang biak secara alami. Sebagian besar petani menggunakan burung hantu jenis Tyto Alba sebagai alat pembunuh tikus paling cepat.

Tikus sangat tidak menyukai area ramai dan bising, sehingga suara nyaring dan bising yang dihasilkan oleh jangkrik dapat mengusir tikus. Sehingga dapat menjadi alat untuk membasmi tikus sawah secara alami.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

3. Singkong dan Air Kelapa Tua

Basmi tikus di sawah dengan bahan alami gabungan singkong rebus dengan air kelapa tua, campuran ini terbukti  mampu menjadi racun alami pembasmi tikus, langkahnya adalah :
– Kupas kemudian parut singkong namun jangan dicuci
– Campurkan air kelapa tua dan singkong parut tadi
– Kukuslah singkong tersebut dengan suhu sekitar 40 derajat celcius (tidak terlalu matang)
– Taburkan singkong tadi pada area yang sering dilalui tikus atau di sarangnya.

4. Buah Yang Tidak Disukai Tikus

Buah ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membasmi tikus sawah secara alami. Caranya, cacah buah kolang kaling muda kemudian letakkan pada sarang atau tempat sering dilalui tikus.

  Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Buah kolang kaling akan membuat tikus yang terkena akan merasakan gatal – gatal. Selain itu tikus tersebut dapat menyebarkan ke kawanannya jika telah terkena buah kolang kaling sehingga akan menciptakan efek domino.

Cara membasmi tikus sawah dengan cepat bisa memakai bantuan buah maja. Rasa buah maja yang pahit dapat kita gunakan sebagai obat untuk membunuh tikus secara alami. Belahlah buah maja menjadi 4 atau 8 bagian kemudian letakkan di area persawahan.

6. Bau untuk Menghilangkan Tikus

Bau dari buah mengkudu sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh tikus. Gunakan buah mengkudu sebagai obat membasmi tikus di sawah, dengan cara memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian.

Kemudian letakkan potongan buah mengkudu tersebut pada area sering dilalui tikus, bau menyengat dari buah mengkudu akan membuatnya pergi.

Buah durian rasanya sangatlah lezat untuk dimakan tapi dibalik itu juga bisa sebagai cara membasmi tikus sawah dengan cepat. Letakkan kulit durian di area persawahan, bau menyengat yang dihasilkan durian akan membuat tikus menjadi tidak betah.

8. Tanaman Untuk Mengusir Tikus

Tanaman kenikir dapat juga digunakan sebagai cara membasmi tikus di sawah paling ampuh, aroma yang dihasilkan oleh tanaman kenikir tidak disukai oleh hama. Tanamlah kenikir di pinggiran area persawahan, kenikir juga dapat dimanfaatkan untuk sayuran.

  Cara Budidaya Tikus Putih

Beberapa jenis tanaman berduri tajam dapat anda gunakan sebagai perangkap untuk mengusir tikus, di antaranya batang pohon salak, atau carang bambu. Potonglah beberapa batang tanaman berduri tajam kemudian letakkan di ladang, maka tikus yang menginjaknya akan terluka dan mati.

10. Perangkap Tikus TBS (Trap Barrier System) dan LTBS (Linier Trap Barrier System)

Memasang perangkap TBS (Trap Barrier System) merupakan cara yang diterapkan di daerah rawan hama tikus. TBS memerlukan area seluas 20 x 20 m untuk dapat mengamankan area tanam sebesar 15 hektar. Sedangkan LTBS adalah pemasangan pagar plastik/terpal dengan tinggi 60 cm dimaksudkan untuk membatasi habitat tikus.

Kegiatan pemasangan perangkap ini sebaiknya dilakukan secara bersama – sama agar dapat memaksimalkan pengusiran tikus. Jika ingin lebih efektif bisa dengan menambahkan obat membasmi tikus di sawah yang dapat dibeli ditoko pertanian.

Selain itu petani melakukan penanaman dan pemanenan secara serempak dalam selisih waktu kurang dari 2 minggu untuk menghindari perkembang biakan tikus secara berkesinambungan.

Petani juga diharapkan melakukan fumigasi serta pembersihan secara berkala area persawahan agar tidak dijadikan tempat perkembang biakan tikus. Itulah 10 cara membasmi tikus di sawah paling ampuh, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!