Cara Membedakan Lele Jantan dan Betina 4.5/5 (2)

Memulai bisnis peternakan bisa sangat merepotkan bagi orang awam, terlebih bagi yang tidak mengetahui cara membedakan kelamin antara jantan dan betina. Cara membedakan ikan lele jantan dan betina dapat dilakukan dengan melihat ciri-ciri khusus, serta melakukan pengamatan pada bagian fisik.

Dengan memperhatikan tanda dan ciri serta mengamati secara fisiologis dan morfometrik, jenis kelamin dapat diketahui dengan sangat mudah. Ikan lele merupakan hewan ovipar / berkembangbiak dengan cara bertelur.

Sama halnya seperti hewan lainnya yang mempunyai jenis kelamin, terbagi menjadi dua yaitu jantan dan betina. Ikan jantan akan melakukan pembuahan ke betina, untuk menghasilkan telur sebagai sarana perkembangbiakan, berikut adalah cara membedakan ikan lele berdasarkan jenis kelaminnya :

Ikan Lele Berjenis Kelamin Jantan

  1. Mempunyai bentuk tubuh ramping
  2. Bagian kelamin menonjol keluar
  3. Bentuk kepala lebih kecil daripada tubuhnya.
  4. Bergerak dengan lincah dan gesit
  5. Agresif terhadap sekitarnya
  6. Tubuh berwarna gelap dan mengkilap.

Ikan Lele Berjenis Kelamin Betina

  1. Bentuk tubuh bulat memanjang dan besar melebar
  2. Bagian kelamin berbentuk oval menjorok kedalam
  3. Bentuk kepala besar atau nyaris seimbang dengan tubuhnya.
  4. Bergerak dengan lambat
  5. Tubuh berwarna pucat / tidak seterang ikan jantan.
  Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Daftar Isi

Fungsi dan Manfaat Ikan Lele

cara-membedakan-ikan-lele-jantan-dan-betina

Sebagai hewan kaya akan manfaat yang dapat diambil, ternyata mafaat yang dapat diambil dari lele diambil tidak terbatas hanya sebagai bahan konsumsi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa didapatkan jika kita memanfaatkan ikan lele dengan maksimal :

1. Sebagai Bahan Konsumsi

Lele mempunyai karakteristik daging yang padat dan pulen, serta kandungan duri yang sedikit. Proses memasak dengan sedikit bumbu tradisional sudah dapat menciptakan citarasa yang sangat lezat bagi banyak kalangan.

Hasil olahan ikan lele tidak hanya disukai warga Indonesia, tapi juga di negara tetangga seperti malaysia, thailand bahkan sampai mancanegara. Penyebaran yang sangat luas menjadi penyebab utama makanan berbahan dasar ikan lele dapat terkenal di berbagai negara.

2. Manfaat Lele Sebagai Hewan Pembersih

Karena sifatnya yang rakus membuatnya sering dijadikan sebagai hewan untuk membersihkan air, Lele sangat suka berbagai hal berbau menyengat termasuk feses ataupun bangkai. Fungsi ini sangat mirip ikan sapu – sapu yang biasa digunakan untuk membersihkan air.

  Cara Budidaya Ikan Lele

Lele juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama yang berada disawah,  Petani biasanya menebar bibit ikan saat sawah memasuki musim tanam.

Bibit lele akan tumbuh dengan mencari makan serangga/hama yang hinggap diatas atau didekat air. Populasi hama akan terus berkurang sehingga membuat hasil panen berlimpah, dan petani akan mendapatkan tambahan uang dari hasil penjualan ikan.

3. Menjadikan Lele Sebagai Ladang Bisnis dan Uang

Membudidayakan ikan termasuk dalam bisnis yang sangat menguntungkan, menurut data survei tingkat konsumsi lele lebih besar daripada produksinya.

Proses membudidayakannya yang mudah dan cepat, membuat banyak orang berbondong-bondong memulai usaha beternak lele. Tempat yang dibutuhkan untuk mengembangbiakkan juga sangat simpel, hanya membutuhkan sepetak kolam terpal anda sudah bisa memulai usaha ini.

Ikan lele mempunyai mangsa pasar yang luas tidak terbatas pada penjualan mentahnya namun hasil olahannya juga laku keras. Membuka warung/restoran yang menyajikan olahan dari ikan dapat memperbanyak lapangan pekerjaan dan ladang bisnis baru.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!