Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora

Penyebab dan Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora – Kucing merupakan hewan peliharaan yang jadi kesayangan banyak orang. Bahkan bisa dibilang banyak sekali suka dengan hewan berciri khas mempunyai kumis ini.

Apakah kamu tergolong pecinta kucing? Kalau iya maka julukan kamu adalah cat lovers. Banyak sekali kucing import yang selama ini beredar di Indonesia tetapi menurut pengamatan kami, Jenis ras Anggora dan Persia tergolong paling banyak diminati.

Penyebab Mata Kucing Anggora Kotor

Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora Belekan

1. Cacing Pada Bagian Mata

Penyebab yang kerap menimbulkan kotornya bagian mata pada kucing yaitu cacing, Hewan satu ini tergolong terlampau kecil tetapi tetap bisa dicermati walaupun tanpa alat bantu. Cacing ini terdapat pada bagian mata sehingga kamu bisa mengeceknya secara langsung.

Cacing ini membuat mata gatal dan bisa mengganggu proses penglihatan kucing, jika kalian menyaksikan cacing ini segera bawa ke dokter hewan. Karena persoalan ini cukup beresiko bagi penglihatan.

2. Mata Terluka pada Anggora

Mata tergolong organ tubuh yang rentan tergores, Karena kucing terlalu aktif kadang membuat mata tergores secara tidak sengaja. Dengan tergoresnya mata ini dapat mengakibatkan radang konjungtiva di dalam mata.

Radang ini terjadi karena bakteri ikut masuk kedalam luka hingga mengakibatkan kucing merasakan perih dan panas terhadap bagian mata. Efek dari perih akan membuat mata mengeluarkan cairan bening, untuk bersihkan dan meringankan rasa panas organ mata.

3. Kurangnya Kebersihan

Ini perihal utama yang benar-benar lazim sebagai penyebab penyakit mata kucing jenis anggora. Kurangnya merawat kebersihan benar-benar berakibat pada kesegaran kucing itu sendiri.

Jadi jangan malas membersihkan kucing kalian ya sobat, semakin bersih maka dapat membuatnya terhindar dari berbagai macam penyakit dan mempunyai umur panjang. Pemilihan cara membersihkan tidak boleh secara sembarangan, karena keliru sedikit mata menjadi taruhannya.

4. Nasolaccrimal Occlusion

Nasolaccrimal adalah penyakit yang disebabkan terganggunya organ mengeringkan dan membasahi mata. Dalam tubuh kucing terdapat proses organ yang dapat mengatur kapan air mata keluar dan berhenti.

Jika organ ini mempunyai masalah maka air mata bakal keluar secara berlebihan atau  kadang tidak keluar.

Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora Kotor

1. Masukkan Kandang

Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora Kandang

Wajib hal pertama dilakukan untuk mengatasi kucing sakit dengan memasukkannya ke dalam kandang. Hal ini kita lakukan agar  penyakit tidak menular ke kucing kita yang lain.

2. Menggunakan Air

Cara ini tergolong cara termurah dan termudah untuk membersihkan kotoran pada mata kucing anggora. Walaupun sebagai cara termudah tetapi kita harus tetap berhati – hati. karena cara mengatasi  mata berselaput berbeda dengan saat membersihkan mata kita sendiri.

Adapun tahapan – tahapan yang dapat kita lakukan yaitu:

Air Hangat

Selain menggunakan air dingin kita juga dapat menggunakan air hangat untuk membersihkan kotoran mata kucing anggora. Membersihkan dengan air hangat sangat berguna jika kotoran  telah mengendap.

Dengan menggunakan air hangat kotoran tersebut dapat dengan mudah terangkat tanpa membuat kucing merasa kesakitan. Perlu diperhatikan untuk mengecek suhu secara tepat agar tidak mengalami kepanasan.

Air terlalu panas bisa mengakibatkan kucing  merasa tidak nyaman. Jika anda masih ragu takaran yang dipakai bisa menggunakan takaran 1 gayung air dingin ditambah setengah gelas air panas.

Untuk cara membersihkan kotoran mata kucing jenis anggora dengan air hangat sama saja dengan menggunakan air dingin.

Air Dingin

Menyediakan air bersih di dalam wadah bak kecil. Penting bagi kita untuk mengecek terlebih dahulu kebersihan air yang akan digunakan untuk membersihkan kotoran pada mata berselaput dikarenakan mata tergolong organ vital.

Menyediakan handuk kecil halus atau waslap, nantinya handuk ini digunakan untuk membersihkan secara lembut bagian ketiak mata. Membasuh ketiak mata berselaput dengan menggunakan handuk atau waslap yang telah di celupkan air, Hati – hati dalam membasuhnya.

Cek terlebih dahulu kebersihan handuk atau waslap dan lakukan secara perlahan.

3. Obat

Sudah banyak obat beredar di toko hewan kesayangan anda, tidak terkecuali obat untuk membersihkan kotoran mata kucing anggora. Kita bisa menggunakan obat jika dirasa kotoran mata (belekan) tidak kunjung sembuh.

Jika kotoran sulit hilang bisa dipastikan terdapat virus dan cara cocok untuk mengatasinya hanya dengan obat antibiotik.

Sirih

Kita dapat menggunakan daun sirih sebagai obat alami untuk membersihkan mata. Daun sirih terkenal akan kaya dengan manfaat dan tidak mempunyai efek samping karena tergolong tanaman herbal.

Daun sirih kaya akan antibiotik serta baik untuk mengatasi berbagai penyakit, Cara penggunaan daun sirih menjadi obat juga tergolong mudah.

  • pertama-tama bersihkan bagian pinggir mata secara perlahan dengan kapas sampai dirasa cukup bersih.
  • Bersihkan daun sirih yang telah dipetik tadi lalu rebus hingga mendidih.
  • Tunggu air hasil rebusan daun sirih hingga dingin sempurna.
  • Teteskan secara perlahan hasil rebusan daun sirih dingin tadi pada mata anggora kesayangan anda.
  • gunakan pipet untuk meneteskan air rebusan sebanyak 1-2 tetes.
  • ulangi setiap hari hingga penyakit belekan atau kotoran pada mata sembuh.

Terramycin

Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora Terramycin

Produk salep ini memang sudah banyak digunaakan untuk mengatasi atau mengobati infeksi di mata anjing atau kucing. Penggunaan obat salep ini sangat dianjurkan oleh  banyak orang atau komunitas karena sangat menimal efek samping.

Salep ini sangat dianjurkan jika infeksi mata terlanjur parah, Hal ini bisa dilihat dari munculnya selaput pada bagian mata . Selaput ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan pada kucing kesayangan.

cara penggunaan obat salep Terramycin untuk mengobati infeksi pada mata anggora juga tergolong mudah. Cukup oleskan secara tipis pada bagian mata yang tertutup 1x sehari. Mohon untuk gunakan secara tipis jangan terlalu tebal untuk meminimalkan efek samping obat ini.

4. Pergi Ke Dokter Terpercaya

Jika dirasa dengan melakukan berbagai langkah di atas kotoran di mata anggora belum hilang, Mungkin sudah saatnya untuk membawanya ke dokter hewan. Walaupun dengan mengeluarkan uang sedikit lebih banyak tapi kucing akan ditangani secara profesional.

Demikian sedikit Penyebab dan Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora. Bantu sebarkan jika dirasa artikel ini bermanfaat dalam memulihkan kondisi hewan kesayangan.

Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!