Cara Memelihara Tokek

Tokek atau gekko dapat dikategorikan termasuk dalam spesies reptil yang mempunyai bentuk mirip dengan cicak tapi dengan ukuran yang lebih besar.

Walaupun bentuknya mirip namun manfaatnya sangat jauh berbeda, bahkan menurut rumor tokek mampu menyembuhkan penyakit HIV/AIDS yang hingga saat ini tidak ada obatnya.

Karena manfaat ini banyak yang mulai berlomba lomba mencari cara memelihara tokek supaya cepat besar dan Panjang. Hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan karena ternyata semakin Panjang dan besar ukuran tokek harga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

Cara Memelihara dan Budidaya Tokek

cara-memelihara-tokek-agar-cepat-besar

Hanya dengan mempunyai tokek berukuran 3 ons saja, anda dapat meraih keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari hasil penjualan hewan reptil ini.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan apakah mudah membesarkan tokek hingga berukuran tiga ons atau lebih? Tentu saja sulit, karena tokek termasuk dalam hewan yang sangat mudah stres dan sering malas makan.

Mungkin dengan sedikit cara berikut dapat mengatasi kondisi tokek yang sedang stres dan membuatnya lebih cepat gemuk dan panjang.

Mencari Tokek Di Alam Liar

Jika ingin memulai usaha budidaya tokek maka yang pertama dilakukan ialah mempunyai sejumlah tokek. Lalu, seperti apakah tokek terbaik untuk dibudidayakan dan dipelihara? Jawabannya gekko liar yang diambil dari alam liar.

Selain sifatnya yang liar dan agresif, tokek liar lebih mudah digenjot pertumbuhannya, cukup dengan memberikannya makanan hidup rutin setiap hari.

Saat anda sedang hoki dan beruntung, bisa saja menemukan tokek berukuran raksasa seperti seorang warga dari Kalimantan dan berhasil menjualnya sampai dua milyar rupiah.

Seandainya tidak punya waktu untuk mencari tokek secara langsung di alam liar, maka dapat membelinya di pasar hewan. Rata-rata penjual akan menawarkan dengan harga tujuh puluh ribu rupiah untuk tokok berukuran kecil dan dari jenis biasa.

Tokek juga bisa di cari di sekitaran rumah atau pepohan. Suaranya yang khas dan sangat lantang membuatnya dapat dengan mudah ditemukan saat bersuara.

Perbedaan Cicak Dan Tokek

Membuat Kandang Ideal untuk Habitat Tokek

Sifat alami tokek hutan dan rumah suka berdiam diri di suatu tempat yang tenang dan gelap. Jadi sebaiknya pilihlah posisi kandang yang tenang atau jauh dari keramain untuk meminimalisir tokek menjadi stres.

Pastikan juga ruangan remang-remang atau gelap, gekko termasuk hewan nocturnal / aktif pada malam hari. Tokek yang stres akan sangat sulit dibesarkan karena gekko tidak mau makan.

Untuk kandang usahakan jangan disatukan antara tokek satu dengan lainnya kecuali jika ingin menjodohkan atau mengawinkan tokek siap kawin.

Untuk bahan lebih baik mengggunakan bahan alami dan sederhana dari sekitar seperti kayu atau batang bambu. Namun jika terpaksa bisa menggunakan wadah plastik yang dilubangi untuk jalan masuknya udara.

Cara Mengusir Tokek

Memberi Makanan Kesukaan Tokek

Kondisikan gekko seperti di alam liar, jadi untuk pemilihan makanan bisa memberikan makanan alami tokek batu di alam liar seperti jangkrik, laron dan serangga lainnya.

Jika anda pernah mendengar tentang memberi makanan daging sapi atau ayam agar tokek cepat gemuk, lupakan saja hal tersebut. Bahaya atau resiko memberi tokek dengan daging sapi sangat banyak.

Kandungan lemak yang tinggi pada daging sapi akan membuatnya menjadi kelebihan berat badan dan lambat laun menjadi kurang gerak. Jika hal tersebut terus berlanjut maka akan berdampak fatal hingga menyebabkan kematian.

Cara Mengatasi Tokek Stres

Makanan Alami Tokek Kecil

Tokek yang berukuran kecil atau masih anakan sangat rentan terkena kelebihan makan dan menyebabkan kondisinya kurang sehat. Walaupun ukuran mulut tokek kecil besar dan lebar tapi ada baiknya memberinya makanan yang kecil-kecil terlebih dahulu untuk melatihnya dalam berkembang.

Untuk makanannya bisa memilih dari serangga – serangga berukuran kecil seperti nyamuk, jangkrik kecil atau ulat. Seiring bertambahnya umur bisa memberi makanan lanjutan berupa jangkrik yang termasuk makanan alami tokek batu di alam liar.

 

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment