Cara Memilih Bibit Ayam Kampung 4/5 (1)

Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Jantan dan Betina Berkualitas – Berurusan ekonomi peternakan ayam kampung memang juga merupakan salah satu tipe usaha yang sangat menjanjikan.

Asal teknik yang digunakan dapat diterapkan secara penuh, pasti hasil yang di dapat juga sangat menjanjikan. Mulai dari memilih bibit memang harus sangat waspada agar bibit bisa tumbuh serta menghasilkan telur yang mempunyai kualitas diatas rata-rata.

Bukan hanya hal tersebut, tipe ayam kampung memang merupakan tipe ayam yang mempunyai pesona sendiri. Tidak sedikit orang yang mencari telur dari ayam kampung untuk bermacam-macam alasan diantaranya ialah untuk pengobatan.

Cita rasa daging yang lebih lezat menjadikan ayam kampung menjadi incaran penikmat kuliner dibandingkan dengan ayam jenis lain. Tetapi untuk perkembangannya ayam kampung memang sedikit lebih lemot, dan bentuk badannya juga terbilang lebih mungil dibandingkan dengan ayam tipe lain.

Banyaknya tipe ayam di pasaran memang menjadikan beberapa peternak galau dalam menentukannya terutama peternak yang baru memulai usaha.

Minimnya informasi membuat peternak kewalahan dalam menemukan bibit ayam jantan dan betina kampung yang baik. Berikut kami ulaskan cara menentukan bibit ayam kampung jantan dan betina berkualitas di bawah ini:

  Manfaat Gula Jawa Untuk Ayam

Daftar Isi

Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Jantan Berkualitas

cara-memilih-bibit-ayam-kampung-berkualitas

Bentuk tubuh bibit DOC yang mempunyai kualitas diatas rata-rata harus bugar dan utuh. Hal tersebut bisa diketahui dengan tidak adanya bagian cacat di kakinya, sayap, leher atau lainnya.

Bibit yang mempunyai badan yang baik dan bugar akan membuatmu tidak menderita kerugian karena dikala di jual akan punya harga jual yang lumayan. Otot yang kuat dan gempal di bagian dada serta paha bisa juga jadi tanda bahwa ayam tersebut merupakan ayam terbaik, tangguh dan kuat.

Cara ini dilakukan agar bisa memperoleh bibit ayam kuat sehingga sangat sulit terinfeksi penyakit dan bisa bertahan hidup lebih lama. Cara untuk tahu bahwa bibit sehat bisa juga dengan cara melihat pada bagian matanya, mata yang sehat biasanya terlihat bersinar cerah dan tajam.

  Cara Mengobati Ayam Ngorok

Menentukan Bibit Ayam Kampung Betina Berkualitas

Selain itu susunan bulu ayam kampung unggulan umumnya tertata dengan rapi. Punya ukuran badan sedang sehingga bibit dapat melakukan gerakan yang gesit dikala akan di tangkap. Biasanya ayam yang sehat dan berkualitas akan memberikan perlawanan saat akan ditangkap.

Indukan pejantan ayam kampung yang berkualits punya warna jengger merah dengan kepala kokoh dan patu pendek serta tajam. Untuk menentukan ayam kampung betina yang unggul dan berkualitas memang beda dengan pejantan, berikut ini cara mudah memilih :

1. Memilih Jenis yang Tepat

Menentukan ayam kampung betina yang mempunyai kualitas diatas rata-rata dan unggul bisa dengan memilih ayam jenis arab, nunukan atau kedu. Ketiga ayam tersebut terbukti punya produktifitas telur lebih tinggi di bandingkan ayam tipe lain.

2. Memperhatikan Ciri Fisik

Selain itu perlu juga melihat ciri fisik seperti seperti mempunyai kepala halus, mata terang dan bersih, bentuk paruhn pendek, bermuka kecil, dan bulu tebal yang tertata rapi.

  Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina

2. Menentukan Usia yang Tepat

Bibit ayam kampung yang ideal, ialah saat usianya baru menginjak lima bulan, serta punya bobot antara satu sampai satu setengah kilo gram. Perlu diperhatikan untuk memilih bibit ayam dengan bentuk perut melebar.

3. Menghitung Jarak Antar Tulang

Hitung jarak antar tulangnya dengan memakai cara tiga jari antara tulang dada dan pubis. Dengan cara menentukan bibit ayam kampung unggulan berkualitas ini semoga bisa meminimalisir kerugian yang bisa anda alami. Selain itu cara ini juga mampu menjadikan perolehan keuntungan menjadi berkali – kali lipat lebih banyak.

Dalam menentukan bibit ayam kampung perlu memperhatikan makanan yang akan di berikan. Pakan harus punya kualitas agar mendapatkan ayam kampung yang terunggul.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!