Cara Memperbanyak Lebah Madu

Lebah madu memiliki kebiasaan untuk hidup secara berkoloni dengan rata – rata antara sepuluh sampai tiga puluh ribu ekor per koloni. Untuk jenisnya biasanya dalam tiap koloni dihuni se ekor ratu dengan lebah lainnya jenis pekerjan dan pejantan.

Setiap tipe lebah madu ini memiliki tugas dan juga peranannya masing-masing. Lebah madu memiliki kekuatan untuk menciptakan madu yang sengaja dibuat sebagai makanan cadangan. Tapi kita bisa memanfaatkan madu tersebut untuk dimakan karena bagus bagi kebugaran.

Cara Memperbanyak Koloni Lebah Madu Agar Budidaya Sukses

Madu merupakan produk alami buatan lebah yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Madu mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk kebugaran tubuh kita. Beberapa penyakit bahkan sudah dipercaya bisa disembuhkan hanya memakai madu.

Mahalnya harga madu lantas mendorong kita sebagai pemilik ternak untuk merawatnya. Budidaya lebah madu memang tidak teramat sulit. Kita juga cukup membuatnya sebagai usaha sampingan karena hampir tidak memerlukan perawatan yang kompleks.

Cara Memecah Koloni  Supaya Bertambah Lebah Madu Banyak

Salah satu kiat berhasil budidaya lebah madu ialah anda wajib memiliki koloni banyak. Makin bertambah jumlah koloni yang anda miliki, maka akan semakin baik. Banyaknya jumlah koloni nantinya akan berbanding lurus dengan jumlah madu yang mampu dihasilkan.

Makin bertambah koloni selaku produsen, makin bertambah pula madu yang bisa diproduksi. Maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan.

Koloni lebah madu sebetulnya bisa diperbanyak, tetapi terlebih dahulu ada dua syarat yang wajib dipenuhi jika anda ingin memperbanyak. Syarat pertama yakni kondisi koloni lebah wajib kuat. Pastikan minimal ada 8 sisiran di dalam kotak dipenuhi oleh lebah.

Ratu wajib rajin bertelur dan lebah pekerja giat mencari makanan. Koloni juga wajib bebas dari serangan hama dan penyakit. Kemudian syarat kedua ialah tersedianya bahan makanan yang sesuai dan cukup. Berikut adalah langkah – langkah dalam menambah koloni lebah madu :

  1. Anda perlu menyiapkan kotak yang dipenuhi oleh koloni lebah madu dan kotak kosong.
  2. Pindahkan 4-5 sisiran sarang ke kotak kosong sebelumnya. Lalu pindahkan pula ratu lebah dari kotak lama ke kotak baru tersebut.
  3. Kotak baru yang sudah berisi ratu lebah selanjutnya ditempatkan sejauh 700 meter untuk jenis apis cerana atau 2.000 meter untuk tipe apis mellifera.
  4. Waktu pemindahan kotak sebisa mungkin dikerjakan sore hari mendekati petang. Tujuannya supaya lebah tidak kembali ke daerah asalnya.
  5. Dalam waktu 5-8 hari setelah pemecahan, periksa kondisi kotak lama, biasanya ada sel ratu yang tumbuh.
  6. Jika terdapat lebih dari satu sel ratu, pilih sel ratu paling kuat dan besar. Sedangkan yang lainnya dibuang atau ditempatkan pada wadah lainnya.
  7. Kini tinggal menanti waktu saja sampai sel ratu tersebut tumbuh menjadi ratu lebah. Waktu yang diperlukan kira-kira selama 2-3 minggu.
Baca Artikel Lainnya :
Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu Cara Menyatukan Koloni Lebah Madu - Kadang kita perlu menyatukan koloni lebah madu yang satu dengan lainnya, dengan harapan mampu menyelamatkan dan me...
Cara Membuat Ratu Lebah Madu Cara Membuat Ratu Lebah Madu - Lebah dikenal sebagai serangga penghasil madu yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Madu juga diperc...
Budidaya Lebah Madu Budidaya Lebah Madu mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu ialah cairan kental manis yang diproduksi lebah seb...
Cara Mengusir Tawon Ndas Cara Mengusir Tawon Ndas merupakan jenis serangga terbang yang suka menyengat dan memiliki warna menyolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!