Cara Mempercepat Birahi Kambing

Cara Mempercepat Birahi Kambing – Memulai bisnis ternak memang sangat menjanjikan, tidak sedikit orang indonesia yang membudidayakan kambing karena harga yang ditawarkan tinggi dan terus melambung.

Jika kita menernakkan domba pastinya akan senang jika mengetahui jumlah yang di pelihara bisa kawin menjadi banyak. Artinya jika jumlah  makin bertambah, keuntungan yang di peroleh pasti juga makin membesar.

Sebelum mulai mengulas cara mempercepat birahi kambing, sebaiknya kita memahami apa saja tanda-tandanya supaya anda dapat menentukan penanganan yang tepat. Pada umumnya kambing akan memperlihatkan tanda birahi saat berumur 10 bulan, dengan syarat jika bisa mengurusnya dengan sangat bagus.

Perawatan yang bagus bisa dipandang dari segi makanan yang di kasihkan kambing, beberapa obat yang di kasihkan, memandikan, di jemur di terik matahari.

Metode Mempercepat Siklus Birahi Kambing

siklus-birahi-kambing

Ada banyak aspek yang dapat menjadikan kambing tidak cepat birahi, salah satunya ialah stres karena tak terpelihara. Selain hal tersebut faktor suhu dan lingkungan juga dapat berpengaruh dalam proses birahi domba.

Ciri-ciri jika kambing birahi biasa ialah terus berbunyi mengembik, sifatnya lebih was-was dan sering melambaikan ekornya. Kondisi tersebut dapat mempermudah pemilik ternak memahami siklus birahi yang sedang terjadi.

Pemilik ternak wajib sering melihat kondisi kemaluan domba untuk bisa memastikan kesehatan indukan. Kondisi kemaluan kambing yang tengah birahi akan nampak lebih besar dari terlebih dahulu, warnanya menjadi kemerahan, dan berasa hangat saat di sentuh.

Masa birahi kambing hanya bertahan dalam waktu delapan belas jam saja, supaya tidak telat, alangkah baiknya didalam kandang telah di kasih pejantan yang sudah siap kawin. Apabila masanya telah terlewati, maka anda wajib menanti dua puluh satu hari lagi.

Ciri Kambing Akan Melahirkan

Bahan Alami Untuk Mempercepat Birahi Kambing

Sebisa mungkin dari kecil berikan domba makanan yang terkandung nutrisi yang mencukupi, agar saat dewasa kambing tumbuh dengan bugar. Selain itu anda bisa dengan memberi makanan tambahan berupa kecambah.

Walaupun kecil ternyata kecambah terbukti bisa jadi peningkat birahi pada kambing, caranya siapkan setengah kilo capar setiap hari sebagai pakan tambahan.

Kedatangan pejantan juga dapat menolong kambing betina bagaimana cara agar cepat birahi, dapat di bilang pejantan membantu dalam proses perangsangan. Memang jika di amati kambing jantan akan nampak menggangu betina, tetapi ini berarti pejantan berupaya untuk menjadikan kambing betina birahi.

Cara Mengatasi Bulu Kambing Rontok

Pemberian Hormon Esterogen Pada Kambing

Sobat dapat mempercepat masa birahi kambing dengan metode memberikan hormone esterogen di kemaluan domba. Namun langkah ini hanya diperuntukkan untuk domba yang pernah beranak.

Setelah menanti selama seharian biasanya ternak akan mulai memperlihatkan beberapa ciri kambing birahi. Metode berikut hanya mempunyai delapan puluh enam persen keberhasilan. Karena walaupun kambing telah dibuahi, namun belum pasti ovum domba sudah matang.

Baca Artikel Lainnya :
Ciri Kambing Akan Melahirkan Mengetahui ciri - ciri kambing akan melahirkan tergolong hal yang sangat penting dalam memulai bisnis beternak. Dengan mengetahui tanda-tanda kambing ...
Cara Mengatasi Kambing Lumpuh Cara Mengatasi Kambing Lumpuh - Ada banyak sekali masalah yang akan dihadapi para pelaku sebuah usaha terutama yang berbasis pada peternakan hewan sep...
Mengobati Kambing Tidak Mau Makan 5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan - Kambing yang malas makan umumnya ditimbulkan kurang nutrisi sehingga tubuh menjadi kurus. Perl...
Ciri Kambing Bunting Kambing yang sedang bunting merupakan idaman dan harapan para peternak, karena hal tersebut mampu menambah jumlah hewan ternak yang dipelihara. Keahli...
Dampak Pakan Fermentasi pada Kambing Dampak Pakan Fermentasi pada Kambing - Bagi para peternak kambing pakan fermentasi dapat menjadi alternatif untuk makanan pengganti saat memasuki musi...
Cara Mengobati Kambing Mencret 5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Mencret Hijau. Diare atau mencret juga sering di derita oleh kambing. Diare terjadi karena adanya masalah yang t...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!