Cara Menangkap Tokek

Cara Menangkap Tokek atau Gecko – ialah binatang yang serupa dengan cicak, namun ukurannya jauh lebih besar dan bunyinya pun tidak sama. Di artikel ini mari kita bahas perihal cara menangkap tokek, semoga dapat menolong bagi anda yang hendak mengusir atau menangkap gecko di rumah.

Sarang atau tempat bersembunyi tokek umumnya berada di area gelap serta berhawa lembab seperti belakang lemari, pepohonan atau tembok rumah. Saat keluar dari sarang umumnya gecko akan bersuara khas, jadi amat gampang menemukannya.

Sekarang tokek banyak diburu oleh tidak sedikit orang karena di percaya bisa menangani beragam macam penyakit. Menurut penelitian yang sudah dilakukan di Singapura, hewan satu ini mampu menyembuhkan penyakit hiv. Hal inilah yang menjadikan kenapa harga gecko sangat mahal. Selain hal tersebut di Indonesia sendiri tokek terbukti bisa menyembuhkan penyakit alergi kulit, asma, kanker, asam urat, dan penyakit lainnya.

Selain di manfaatkan untuk pengobatan, banyak juga orang yang merawat tokek hanya sebagai koleksi. Memang terdapat beberapa tipe gecko yang mempunyai corak warna yang cantik, lihat saja gambar tokek albino dibawah ini. Bagi anda yang hendak merawat atau beternak tokek, tentu hal pertama yang wajib anda ketahui ialah cara menangkapnya, agar saat terlepat kita dapat menangkapnya kembali.

Cara Menjinakkan Tokek

Alat Bantu Untuk Menangkap Tokek

cara-menangkap-tokek

Jaring ialah salah satu alat bantu termudah dan paling aman untuk meringkus tokek. Siapkan jaring yang umum digunakan untuk menangkap ikan dengan diameter besar tapi lobangnya jaring kecil-kecil. Selanjutnya tunggu sampai gecko keluar dari sarangnya, atau tempat persembunyiannya, setelah terlihat anda dapat segera menangkapnya dengan jaring tersebut.

Gecko ialah binatang liar yang telah terbiasa dengan kedatangan manusia, umumnya terdapat beberapa gecko yang tidak lari saat didekati. Jika mendekati keadaan tersebut sarung tangan adalah alat yang tepat untuk menangkapnya.

Harap untuk memastikan anda menangkapnya dengan cepat pada bagian lehernya,untuk meminimalisir resiko tergigit. Banyak orang yang menganggap bahwa gigitan gecko berbahaya karena sifatnya sangat menempel dan sulit dilepaskan.

Ciri dan Kemampuan Tokek

Alat Perangkap Tokek Rumah

perangkap-tokek

Jika ingin membuat jebakan untuk menangkap tokek bisa coba menggunakan bambu yang berdiameter 50 centi meter. Potong sebelah atas bambu lalu biarkan sisi bawah tetap tertutup, selanjutnya taruh bambu di tempat yang kerap di lewati oleh gecko. Umumnya tokek akan terpikat untuk masuk ke bambu untuk di jadikan rumah. Lakukan pengecekan secara rutin di siang hari, jika beruntung maka akan terdapat hewan ini di dalam jebakan bambu.

Perangkap tikus bertipe kandang ternyata juga bisa di pakai untuk menjebak tokek. Taruh umpan di dalam perangkap berupa jangkrik atau belalang kayu, bawa jebakan serta taruh di dekat sarang atau tempat persembunyian tokek.

Tembakau kering juga dapat digunakan untuk menjebak tokek, namun hal ini sedikit berimbas pada kesehatan tokek jika akan dipelihara. Caranya cukup mudah yakni dengan meremas lalu membentuk tembakau menjadi seukuran biji jagung atau kedelai. Posisikan tembakau tadi di tempat yang sering dilalui atau munculnya tokek, dan tunggu sampai tokek mengkonsumsinya. Zat aktif yang terkandung dalam tembakau mampu membuat tokek menjadi lemas sehingga mudah untuk menangkapnya.

Selain menyukai tembakau kering ternyata tokek juga suka dengan bulu-bulu kecil yang mirip dengan serangga. Para pemburu tokek sering menggunakan bulu tersebut sebagai umpan untuk memancing tokek agar keluar dari sarangnya. Umumnya para pencari gecko akan menaruh bulu pada ujung lidi atau bambu lalu lalu diletakkan di lubang masuk tokek sambil di gerak-gerakkan. Gunakan sarung tangan jika ingin menggunakan cara ini supaya gigitan tokek tidak melukai tangan anda.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!