Cara Menarik Burung Walet

4 Cara Menarik Burung Walet Agar Cepat Menginap – Bagi penyuka burung , pastinya ingin tempat tinggal yang disediakan secara khusus untuk walet cepat didiami. Namun tidak semua pecinta burung bisa memikat hati walet.

Apabila anda ingin memiliki walet yang mau bersarang, pastikan anda tahu bagaimana cara membuat burung mungil ini tertarik. Berikut ini merupakan sebuah cara untuk membuat burung walet supaya cepat bersarang di daerah yang anda sediakan

1. Teknik Aromatik untuk Memikat Burung Walet

cara-menarik-burung-walet-agar-cepat-menginap

Salah satu cara membuat tertarik walet agar cepat bersarang adalah dengan memakai teknik aromatik dengan memanfaatkan feses burung walet.

Caranya, anda siapkan 10 kilogram feses wallet dan campur dengan 5 liter air sampai merata, selanjutnya diamkan larutan tersebut hingga 5 hari. Kemudian saring cairan tersebut untuk memisahkan antara bahan dan hasilnya, lalu campurkan minyak ikan dengan menggunakan perbandingan 3:1. aduk hingga rata.

Kalau sudah lakukan penyemprotan cairan yang sudah jadi ke seluruh bagian dinding, dan tembok tempat tinggal seminggu sekali. Walau aroma bisa membuat tertarik burung walet untuk hinggap di tempat yang disediakan, tapi jangan menerapkannya secara sering.

Feses wallet dapat menyebabkan timbulnya gas amonia, asam belerang, dan karbondioksida, hal ini bisa menjadikan tempat menjadi terkontaminasi. Karena hal tersebut tempat justru akan menjadi tidak bersahabat untuk dijadikan tempat bersarang.

2. Memakai Teknik Bunyi untuk Membuat Walet Tertarik

Bunyi khusus mempunyai peran penting sebagai alat promosi untuk memanggil burung walet supaya mau masuk dan bersarang. Dalam menempatkan suara khusus ini, pastikan tidak memanggilnya secara sembarangan.

Perlu melakukan keselarasan antara suara panggil dengan tempat membudidayakan. Jika lokasi peternak ada di tengah perkampungan, maka suara panggil yang sangat pas adalah suara panggil memiliki karakter suara anakan.

Jenis suara ini bertujuan supaya membuat anakan tertarik ke area baru kepunyaan pembudidaya. Berbeda jika lokasi pembudidaya berada di dalam hutan, maka suara panggil yang sangat pas ialah tipe suara memiliki karakter walet remaja dan birahi.

Hal tersebut tak lain bertujuan supaya menarik walet remaja agar mau datang ke tempat pembudidaya.

3. Cara Menggunakan Telur Bebek untuk Menarik Burung Walet

Dapat juga memakai telur bebek untuk membuat wallet agar mau bersarang dengan cepat di daerah yang disediakan. Caranya siapkan telur bebek sejumlah 7 butir untuk diambil putihnya dan 4 sarang walet.

Selanjutnya semua bahan dicampurkan dengan air sebanyak 60 liter, diamkan larutan bahan tersebut pada daerah tertutup selama 2 minggu. Lalu semprotkan di bagian dinding tempat disediakan.

Pastikan tidak menyemprotkan sampai mengenai sirip dikarenakan bau yang dihasilkan nantinya akan sangat menyengat. Supaya lebih aman bisa mengatur jarak sejauh setengah meter dari sirip.

Untuk melakukan penyembrotan wajib untuk mempertimbangkan waktu tepat, atau bisa memulai saat pukul 10 pagi dengan kondisi luar ruangan sedang bercuaca cerah.

4. Menggunakan Hygnometer pada Walet

Cara membuat tertarik burung walet agar bersarang dengan cepat lainnya adalah dengan memakai hygrometer, untuk mengetahui suhu dan kelembaban tempat yang sesuai .

Dengan bantuan alat ini sobat bisa menyesuaikannya di tempat yang telah disediakan khusus untuk burung walet. Alat ini sangat mudah ditemukan diberbagai toko sekitar ataupun online shop.

Demikian tentang 4 cara menarik burung walet agar cepat bersarang. Jika sobat mempunyai pertanyaan mengenai artikel diatas, silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!