Cara Mengatasi Bulu Kambing Rontok

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kambing mempunyai bulu halus terletak di sekujur tubuhnya, yang berguna sebagai alat untuk mengatur suhu tubuh. Kerontokan bulu kambing merupakan salah satu kasus yang sekarang mulai marak kembali terjadi di peternakan.

Bahkan dari sekian banyaknya peternakan, hampir separuhnya merasa kesulitan dalam mengatasi rontok bulu kambing. Kerontokan terbilang kondisi yang sangat berpengaruh terutama pada produktivitas.

Kambing yang mengalami rontok bulu akan membuat tingkat produktivitas menurun dalam berbagai hal, seperti menurunnya tingkat produksi susu yang dihasilkan, hingga penurunan berat badan. Pada beberapa kasus domba yang mengalami kerontokan akan mudah mengalami stress dan berakibat pada kematian.

Penyebab Bulu Rontok Pada Kambing

penyebab-bulu-kambing-rontok

Kambing biasanya sangat tahan terhadap berbagai perubahan cuaca dan suhu, Namun saat terkena penyakit, bulu akan menjadi lebih sensitif.

Perubahan suhu sedikit saja dapat menyebabkan domba menjadi sakit, bahkan berujung kematian. Berikut merupakan beberapa penyebab umum bulu rontok di kambing :

Jamur dan Parasit

Hal yang menyebabkan rontok bulu kambing ini sangat mudah menginfeksi kambing yang kurang terjaga kebersihannya, Parasit hidup dengan cara menyabotase aliran nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Hal tersebut mengakibatkan kulit mengalami kekurangan nutrisi, dan berakibat pada rontoknya bulu pada domba. Parasit menular melalui berbagai media baik dari makanan, bersentuhan bahkan penularan melalui air susu indukan. Kenali 9 Ciri dan Tanda Kambing Akan Melahirkan.

Hormon Tidak Stabil

Tingkat kestabilan hormon yang terganggu dapat menyebabkan kambing mengalami kerontokan, Beberapa hal yang menyebabkan tingkat hormon domba tidak stabil, semisal terjadinya gagal kawin.

Kambing yang mengalami birahi tidak tersampaikan lebih cenderung mengalami stres, sehingga hormon menjadi tidak stabil. Selain itu pemotongan alat reproduksi (dikebiri) juga dapat menjadi penyebab hormon domba labil.

Mengalami stress dan Trauma

Hampir mirip dengan hormon tidak stabil, stress juga dapat berakibat fatal pada kondisi kesehatan kambing, Hal ini bisa dilihat dari seringnya menggosokan badan ke tembok/dinding.

Kebiasaan berulang akan menyebabkan bulu tergosok menjadi rontok, dan membuat bagian kulit menjadi terlihat.Kenali 6 Ciri dan Tanda Kambing Bunting / Hamil.

Perubahan Suhu

Pada kondisi suhu sangat dingin (penghujan) bulu kambing akan nampak lebih tebal dari biasanya, Hal tersebut merupakan langkah yang diambil tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam kondisi hangat. Tapi ketika suhu berubah menjadi panas, maka domba akan merontokkan sedikit bulunya.

Kondisi Kekurangan Vitamin

Dari beberapa penyebab bulu rontok di kambing, kekurangan vitamin merupakan hal paling sering terjadi. Kurangnya ilmu pengetahuan tentang cara beternak yang benar, berdampak pada kondisi tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin. 7 Ciri Kambing Boer Asli Indonesia.

Cara Mengatasi Rontok Bulu Pada Kambing

cara-mengatasi-bulu-rontok-pada-kambing

Setelah mengetahui beberapa penyebab bulu rontok pada domba, tinggal sobat terapkan, cara untuk mengatasinya mengatasi rontok bulu di kambing :

Memisahkan antara kambing satu dengan lainnya

Parasit dan jamur dapat menular hanya dengan bersentuhan, sehingga ada baiknya untuk memisahkan kambing terinfeksi dengan lainnya. Ganti juga tempat makan baru, agar parasit yang tertinggal pada wadah makan tidak dapat menginfeksi ternak yang sehat.

Memberikan Jamu

Pemberian jamu pada hewan ternak sudah sangat umum dilakukan oleh para peternak untuk menjaga stamina dan kesehatan. Berikan jamu berupa campuran gula merah dengan sedikit asam jawa.

Minumkan pada kambing secara teratur seminggu sekali, terutama jika saat dalam kondisi stres. Jika dirasa sulit dalam menemukan asam jawa, maka dapat menggunakan campuran antara madu dengan kuning telur jawa 1 butir, selanjutnya minumkan setiap seminggu sekali. Ciri Kambing Etawa Kaligesing Asli dan Sehat.

Pemberian Vitamin Tambahan

Mengatasi kambing berkondisi kekurangan vitamin tergolong sangat mudah. Berikan suntikan neurobion atau pemberian vitamin B komplek. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan atau toko hewan untuk menentukan dosis tepat sesuai umur dan jenis piaraannya.

Selain dengan pengobatan, pemberian pakan tambahan dapat menunjang proses penyembuhan bulu kambing rontok karena kekurangan vitamin.

Memberikan Obat Antiseptik

Kambing yang terserang penyakit jamur dan parasit akan meninggalkan borok seperti kurap dan kudis. Dengan memberikan salep obat antiseptik dapat membuat bekas luka menjadi lebih cepat kering. Mandikan menggunakan sabun antiseptik akan membunuh parasit, dan jamur pada kulit serta membuatnya tidak kembali lagi.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi bulu rontok pada kambing. Jika sobat mempunyai pertanyaan berhubungan dengan artikel diatas silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Baca Artikel Lainnya :
Ciri Kambing Etawa Kaligesing Ciri Kambing Etawa Kaligesing Sehat dan Asli Indonesia. Ada banyak jenis kambing etawa yang ada di Indonesia salah satunya kambing etawa kaligesing. C...
Ciri Kambing Akan Melahirkan Mengetahui ciri - ciri kambing akan melahirkan tergolong hal yang sangat penting dalam memulai bisnis beternak. Dengan mengetahui tanda-tanda kambing ...
Dampak Pakan Fermentasi pada Kambing Dampak Pakan Fermentasi pada Kambing - Bagi para peternak kambing pakan fermentasi dapat menjadi alternatif untuk makanan pengganti saat memasuki musi...
Cara Mengobati Kambing Mencret 5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Mencret Hijau. Diare atau mencret juga sering di derita oleh kambing. Diare terjadi karena adanya masalah yang t...
Ciri Kambing Bunting Kambing yang sedang bunting merupakan idaman dan harapan para peternak, karena hal tersebut mampu menambah jumlah hewan ternak yang dipelihara. Keahli...
Mengobati Kambing Tidak Mau Makan 5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan - Kambing yang malas makan umumnya ditimbulkan kurang nutrisi sehingga tubuh menjadi kurus. Perl...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!