Cara Mengatasi Burung Kacer Kurus

Belum Ada Ulasan

Burung kacer kurang perawatan berpotensi menderita penyakit nyilet atau kurus. Biasanya kurangnya asupan pakan EF seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong lebih cenderung menjadi penyebab kacer mempunyai tubuh yang kurus atau nyilet.

Ragam kandungan dalam EF umumnya mampu membuat berbagai jenis burung termasuk kacer mampu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan serta menjadikannya lebih birahi.

Kondisi kacer saat sedang birahi dapat membuat kualitas suara kicauan menjadi lebih dinamis dan merdu sehingga mempunyai nilai plus jika digunakan dalam perlombaan.

Ciri – Ciri Burung Kacer Terkena Penyakit Nyilet atau Kurus

burung-kacer-kurus

  • Burung terlihat kurang aktif dan suka berdiam pada suatu tempat
  • Badan terlihat lemas atau kurang bertenaga disertai bagian bulu mengembang
  • Saat terserang penyakit nyilet umumnya pada bagian dada terdapat tulang yang menonjol dan kurus
  • Lebih sering minum air karena untuk mencukupi kondisi tubuh yang kekurangan air.
  • Pada bagian kotoran terlihat bercak hijau atau sampai berwarna putih
  • Jika diamati secara seksama, maka akan terlihat kacer akan berjalan sempoyongan.
  Cara Agar Kacer Cepat Jinak

Cara Mengatasi Burung Kacer Kurus atau Nyilet dengan Mudah dan Cepat

burung-kacer-malas-makan

Kekurangan nutrisi pada burung biasanya ditandai dengan keadaan tubuh yang terlihat lemas serta kurang bertenaga. Hal tersebut jika terlambat penanganan akan berimbas pada kondisi ketahanan tubuh dalam menangkal berbagai penyakit.

Segera berikan perawatan jika kacer terlihat kurang aktif atau berdiam diri pada suatu tempat. Berikut adalaah cara mengatasi burung yang kurus dan nyilet.

1. Menempatkan Kacer Pada Lokasi Nyaman

Kacer tergolong dalam jenis burung yang sangat pemilih dalam hal lokasi. Penempatan yang kurang tepat dapat memicu burung menjadi stres dan membuatnya menjadi mogok makan.

Kacer sangat tidak suka dengan adanya predator di sekitarnya seperti kucing atau anjing, selain itu tempat yang bising akan membuat kekurangan waktu dalam istirahat. Sehingga sebagai langkah untuk mengatasi kacer kurus dapat dimulai dari pemilihan penempatan sangkarnya.

Usahakan untuk menempatkan kacer pada tempat jauh dari keramaian dan juga bersih. Posisi yang pas akan membuat nafsu makan berangsur kembali dan membuatnya sembuh dari penyakit nyilet.

Cara Agar Kacer Cepat Jinak

2. Memberikan Makanan Tambahan

burung-kacer-nyilet

Makanan tambahan untuk kacer sangat beragam tapi biasanya jangkrik, ulat hongkong dan kroto merupakan makanan EF yang dipilih untuk mengatasi kondisi tubuh burung kacer nyilet (kurus).

  Mengobati Penyakit Burung Kacer

Tapi perlu di ingat dalam pemberian makanan EF tidak boleh dilakukan secara sembarangan, diwajibkan untuk rutin dengan dosis yang cukup dan hindari pemberian EF secara berlebihan. Pemberian terlalu berlebih akan membuat kacer menjadi over birahi dan akan membuat burung menjadi suka salto.

Cukup berikan sekitar sepuluh ekor jangkrik secara rutin tiap hari maka secara berangsur ukuran tubuh akan berangsur membesar. Untuk lebih jelasnya Step by stepnya silahkan lakukan seperti contoh di bawah ini.

  • Sebagai langkah pencegahan agar burung tidak kurus maka dapat dengan memberikan lima ekor jangkrik setiap pagi hari.
  • Jika burung terlanjur kurus dan nyilet maka dapat memberikan pakan tambahan lima ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari secara rutin sampai keadaan berangsur pulih.
  • Saat Terindikasi terkena over birahi ada baiknya untuk menurunkan dosis pemberian EF serta lakukan berbagai langkah untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

3. Memberikan Pisang Pada Kacer

Dari semua jenis pisang yang tumbuh di Indonesia, ternyata pisang kepok merupakan jenis paling baik untuk diberikan pada burung peliharaan. Kandungan nutrisi yang tinggi terbukti mampu mencukupi kebutuhan gizi serta menunjang agar burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit nyilet. Namun sangat disayangkan tidak semua jenis suka dengan buah ini termasuk kacer. Perlu diberikan pelatihan agar burung mau makan pisang, berikut adalah caranya.

  • Sebelum melakukan penjemuran pada pagi hari, usahakan burung hanya diberi satu ekor jangkrik, hal ini untuk memicu rasa lapar.
  • Selanjutnya lakukan penjemuran seperlunya jangan terlalu berlebihan serta hindarkan dari panas terik matahari menyengat
  • Angin-anginkan burung setelah dijemur disertai dengan pemberian buah pisang yang telah dikupas dengan cara digantungkan.
  • Kondisi burung kelaparan akan memaksanya untuk memakan pisang dan lambat laun akan menjadi terbiasa.
  Buah Untuk Menurunkan Birahi Kacer

Mungkin cara ini sedikit merepotkan tapi hal ini terbukti ampuh, intinya kita diharuskan untuk tekun dan telaten dalam perawatan. Pastikan hanya memberikan pisang hanya saat kacer mengalami kelaparan agar dia mau memakannya.

Dalam mengatasi burung kacer nyilet atau kurus tentu kesabaran anda akan diuji, karena hal ini seperti kita menyuapi anak kurang nafsu makan. Namun jika kita telaten lambat laun akan menjadi sehat dan siap untuk di ikutsertakan dalam kompetisi lagi.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!