Cara Mengatasi Burung Patah Kaki

Cara Mengatasi Burung РPatah kaki pada burung bisa ditimbulkan oleh banyak factor, salah satunya mungkin karena terjepit oleh sesuatu benda, atau oleh hal lainnya. Beberapa yang sering jadi penyebab burung patah kaki ialah  kurungan burung yang terjatuh sehingga mengakibatkan kaki burung terbentur. Apabila terjadi hal ini, anda tak perlu gelisah untuk mendapatkan cara mengobatinya.

Semua burung beresiko patah kaki namun burung jenis kecil lebih rentan terkena seperti pleci, blacktroath, ciblek, kenari dan banyak lainnya. Sedangkan untuk tipe burung besar yang sering terkena kaki keseleo yakni betet, burung nuri, kakatua.

Cara Mendeteksi Penyebab Burung Patah Kaki Paling Akurat

burung-patah-kaki

Untuk dapat mendeteksi apakah kaki burung patah atau terkilir, cobalah raba pada kaki burung yang mengalami luka secara pelan-pelan. jika dirasa ada benjolan pada area kaki burung yang patah, bisa saja karena bagian tulang kaki tepat berada dibawah permukaan kulit.

Jika setelah diraba tidak ditemukan benjolan namun burung tetap enggan untuk bergerak mungkin saja penyebabnya karena terkilir atau keseleo. Burung dapat mengalami keseleo karena posisi urat atau otot yang tidak pada posisi seharusnya, sangat sulit untuk memastikan otot burung yang salah posisi  karena ukuran otot burung sangat halus.

ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara menyembuhkan patah kaki pada burung silahkan simak video diatas ini :

Cara Mengobati Burung Batuk

Memberikan Penopang pada Kaki Burung Yang Patah

Dengan memakai semacam penopang, untuk menahan kaki akan membuat gerakan tetap terkontrol, sehingga otot akan berangsur memulih seiring berjalannya waktu. Penopang hanya dapat diberikan jika burung hanya mengalami keseleo atau terkilir. Sedangkan jika mengalami patah wajib memberikan pen atau kawat untuk menghubungkan antar tulang yang patah.

Khusus untuk cara memberikan pen atau kawat pada kaki burung patah wajib dilakukan oleh dokter hewan. Nantinya dokter akan mendempetkan antar tulang dan menata ulang tulang yang patah kembali pada posisi seperti semula.

Walaupun cara ini tergolong sangat ampuh namun kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal karena akan membuat burung mengalami kebengkokan tulang kaki.

Usahakan pada waktu kita mendempetkan tulang di anjurkan harus rapi lantaran kalau tidak rapih akan menjadi pemicu kebengkokan pada tulang tersebut.

Burung Mengangkat Kaki Sebelah

Mengobati Kaki Burung Keseleo dengan Batang Serai atau Minyak Tawon

Metode ini dianggap cukup ampuh karena bisa menangani luka burung patah kaki dengan sangat cepat apabila dibandingakan dengan cara lainnya. Hal ini ditimbulkan karena batang serai punya beragam khasiat yang bermanfaat bagi kebugaran.

Batang serai terbukti memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk meminimalisir luka serta menghindari perkembangan bakteri penyebab infeksi serius, berikut adalah cara pengaplikasiannya pada kaki burung yang patah.

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengupas serai, agar cairan getah dapat melekat pada kaki burung yang keseleo. Namun jika tidak mempunyai serai dapat pula diganti dengan minyak tawon.

Gunakan kain kasa dengan isolasi kertas berwarna putih untuk melekatkan pada kaki yang keseleo agar mudah untuk diganti selama perawatan. Selama masa penyembuhan usahakan untuk memberi makanan tambahan pada burung terutama yang banyak mengandung kalsium tinggi.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!