Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Kelebihan nafsu sering timbul pada semua tipe burung lainnya terutama saat memasuki masa kawin. Keadaan ini umumnya ditandai dengan prilaku burung kacer terkena over birahi yang lebih cenderung menjadi aneh. Kacer yang mengalami kelebihan pada birahi sudah menjadi masalah yang sangat umum untuk para pecintanya.

Namun berbeda dengan yang baru memulai atau merintis, bagaimana cara mengatasi kacer over birahi tentu masih menbingungkan.

Ciri – Ciri Kacer Terkena Over Birahi Berat

cara-mengatasi-kacer-over-birahi

Prilaku burung kacer terkena over birahi sangat berbeda dengan saat dia normal. Pada umumnya saat kelebihan nafsu akan melakukan beberapa hal aneh seperti suka menabrak ke dinding kurungan atau sangat proaktif dikala melihat burung lain terutama betinanya.

Cara meningkatkan birahi dan mengurangi kacer itu banyak sekali. Jika teramat tinggi maka perlu untuk mengurangi durasi atau takaran hal yang bisa peningkat birahi. Namun perlu untuk tahu bahwa birahi yang teramat rendah juga dapat menyebabkan hal yang buruk.

Penyebab Kacer Over Birahi Berat

OB memang sering timbul serta disebabkan oleh beberapa faktor yang biasanya berhubungan dengan masa kawin burung kacer. Jika sudah tahu apa saja yang mengakibatkan kelebihan nafsu maka perlu untuk harus buru-buru mengatasinya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kacer over birahi:

  1. Penjemuran yang terlalu lama.
  2. Pemberian makanan tambahan yang teramat banyak seperti jangkrik dan ulat hongkong.
  3. Sering digatang dekat burung over birahi.
  4. Memasuki masa berkembang biak.
  5. Teramat sering mendengar bunyi burung fighter lain.
  6. Perawatan yang salah yang tidak sesuai.
  7. Kacer jarang dikasih mandi
  8. Jarang atau kurang di beri pembiaran .
  9. Sering memberi rasa manja ke kacer.
  10. Teramat sering melakukan full krodong.
  11. Tidak memegang rasa konsistensi bagi pemilik.
  12. Kurangnya memberi buah atau multivitamin.
  13. Jarang diembunkan

Penyebab Burung Mengangkat Kaki Sebelah serta Mengobatinya

Cara Mengatasi Burung Kacer Over Birahi Berat

Untuk menjadikan kacer mempunyai suara kencang dan indah sangat perlu ukuran birahi yang tepat. Namun bagaimana cara untuk mengatur dan memeriksa birahi kacer tergolong hal yang sulit dilakukan oleh pemula. Ada cara termudah sebenarnya yaitu dengan mencocokkan dengan setting harian. Berikut adalah beberapa cara mengatasi burung kacer over birahi berat :

1. Sering Memberikan Mandi

Pada saat kondisi kacer sedang normal biasanya mandi dilakukan dua kali yakni setiap pagi dan  sore. Namun saat sedang kelebihan nafsu ada baiknya untuk meningkatkan intensitas mandi menjadi empat kali setiap pagi,siang,sore dan malam. Tapi perlu diperhatikan juga cuaca serta kondisi kesehatan nya.

2. Meletakkan di Kandang Umbaran

Over birahi ialah keadaan burung yang mempunyai kemampuan lebih. Untuk mengobatinya tentu saja dengan menurunkan kemampuan tersebut agar tidak berlebihan. Salah satu cara mengurangi kemampuannya ialah dengan menempatkan di kandang umbaran.

Biasanya ukuran yang besar dan memanjang pada sangkar mampu membuat kacer terus melakukan olahraga sehingga akan membuat birahi turun. Kandang umbaran bisa juga dijadikan sebagai ajang melatih pernapasan agar berdurasi lama.

3. Tidak Usah Melakukan Penjemuran

Penjemuran tidak dianjurkan untuk diberikan pada kacer sedang over birahi berat. Sebisa mungkin hentikan sampai keadaan birahi kacer kembali stabil. Penjemuran selalu identik dengan sinar matahari sedangkan udara panas bisa memicu hormon birahi kacer menjadi tinggi sehingga akan membuatnya menjadi lebih bertambah.

Cara Mengobati Burung Salto

4. Mengurangi Pemberian EF

Kacer merupakan burung fighter pemakan serangga sehingga pemberian ef saat over pada birahi sebetulnya tak perlu dilakukan. Saat birahi memberi EF sedikit saja dapat membuat burung kacer menjadi kelebihan birahi.

Sebaiknya hindari makanan ef seperti jangkrik,kroto,belalang dan ulat hongkong. Namun berikan makanan tambahan cacing tanah karena terbukti bisa jadi cara ampuh mengatasi burung kacer over birahi berat.

5. Memberi Embun Rutin dan Lama

Sebagai ganti dari menjemurkan, lakukan memberi embun secara rutin dan sedikit lebih lama dari hari-hari sebelumnya. Waktu yang baik dalam melakukan memberi embun ialah pukul lima sampai enam  pagi. Jangan lupa untuk di angin-anginkan setelah dimandikan agar mengatasi kacer mbagong karena over birahi lebih maksimal.

6. Mandi Dimalam Hari

Mandi dimalam hari juga menolong dalam mengurangi birahi yang berlebihan. Situasi suhu udara yang dingin mampu menolong mengurangi birahi kacer. Jam yang tepat untuk memberi mandi malam kacer ialah setiap pukul tujuh malam.

7. Jauhkan dari Burung Fighter Lain

Jangan sesekali mencoba untuk menjadikan berdekatan kacer dengan burung fighter lainnya. Selain menyebabkan kacer menjadi agresif, hal tersebut juga dapat memicu terjadinya over pada birahi berkepanjangan. Lebih baik letakkan sangkar pada tempat yang sepi sehingga kacer dapat beristirahat.

Cara Mengobati Burung Batuk

8. Mandi Air Es

Setelah kacer diberikan embun atau angin pada pagi hari, langsung beri mandi menggunakan air dingin dari kulkas. Proses mandi bisa disemprot atau dengan tangan tetapi jangan sampai terlalu basah karena tidak baik untuk kebugaran cukup sampai terlihat menggigil. Cara perawatan kacer terkena over birahi ini walaupun cukup kejam, tetapi cukup manjur untuk mengurangi birahi.

9. Menjaga Sikap Perlakuan

Kelebihan nafsu bisa dikategorikan merupakan masa yang sangat sensitive untuk semua burung. Jangan sesekali mencoba untuk memanjakan karena hal tersebut malah membuat birahi kacer semakin meningkat. Sebaiknya perbanyak istirahat dan lakukan beberapa cara yang telah diulas.

10. Memberikan Buah dan Multivitamin

Buah mengandung banyak vitamin yang dapat menolong merubah asupan ef. Kandungan dalam buah dapat diserap dengan baik jika pemberian dilakukan pada siang hari. Gunakan buah yang padat seperti apel agar dapat membuat perut menjadi kenyang.

Sebagai tambahan sebaiknya memberikan voer secukupnya pada sore hari serta berikan juga multivitamin dan multimineral agar tidak terjadi kekurangan vitamin dan juga zat mineral.

Cara Mengobati Kenari Serak

11. Menjodohkan Kacer Jantan dengan Betina

Sebetulnya metode berikut diterapkan jika cara yang lain tidak membuahkan hasil. Birahi memang selalu punya hubungan dengan perkembangbiakan. Sebagai cara ampuh mengatasi burung kacer terkena over birahi berat sebaiknya segera jodohkan piaraan.

Hal tersebut hanya berlaku jika penyebab kacer over birahi adalah telah memasuki masa kawin. Menjodohkan kacer bisa melalui pemilik ternakan yang bagus agar menghasilkan anakan yang bagus. Pertama-tama harus melalui tahap perjodohan sebelum terjadi perkembangbiakan. Namun dengan birahi tinggi, rasanya tak akan mengkonsumsi waktu yang sudah lama.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!