Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh 4.5/5 (2)

Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh – Tubuh kalkun yang terkena penyakit lumpuh akan terlihat lemas sekali dan cuma dapat terkulai di permukaan tanah. Bahkan untuk semampunya berdiri saja, dia tak dapat melakukannya. Kalkun memang bisa terjangkit penyakit lumpuh atau disebut juga sebagai penyakit turun urat, wajib untuk segera menyembuhkannya agar tidak menjalar ke organ lainnya.

Penyebab kalkun lumpuh biasanya diakibatkan penyediaan makanan yang teramat banyak sehingga menyebabkan kelebihan berat badan. Kondisi kelebihan berat badan akan memicu kedua bagian kaki tidak mampu menahan beban.

Cara Menyembuhkan Ayam Kalkun Mengalami Kelumpuhan

Bagaimana cara termudah mengatasi anakan ayam kalkun yang terkena lumpuh?. Anakan kalkun kerap mengonsumsi daun pepaya bisa juga mendadak menderita kelumpuhan. Umumnya pemilik ternak menggunakan daun pepaya untuk cara meningkatkan selera makan kalkun.

Faktor lain penyebab kalkun menjadi lumpuh ialah kekurangan vitamin d dan juga zat mineral yakni kalsium dan fosfor. Selain itu, perkelahian dengan pejantan lain juga dapat menyebabkan timbulnya masalah sama.

  Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina

Perlu di ketahui, kalkun mempunyai sifat temperamental yang tinggi, khususnya pada jenis kelamin jantan. Unggas ini tidak segan berkelahi dengan pejantan lain yang dianggapnya mengganggu.

Tak jarang perkelahian ini juga berimbas pada matinya salah satu kalkun yang bertarung.

Meminumkan Minyak Kelapa Sawit

Apa manfaat memberi ayam kalkun minyak kelapa sawit?. Jika tinggal di pedesaan sehingga sulit mendapati obat ostelin, maka bisa memakai bahan alami untuk mengatasi kalkun yang sedang mengalami kelumpuhan. Cobalah gunakan minyak kelapa atau minyak kelapa sawit.

Siapkan minyak kelapa/kelapa sawit dalam kondisi baru, bukan minyak bekas pakai. Berikan minyak tersebut ke mulut kalkun memakai selang atau sedotan. Berikan minyak ini setiap 1 jam sekali.

Menggunakan Obat Untuk Menyembuhkan Kalkun Lumpuh

Apa nama obat untuk mengobati ayam kalkun lumpuh?. Di pasaran, kini sudah tersedia obat  untuk menyembuhkan kaki unggas yang sedang mengalami kelumpuhan. Orang – orang biasa menggunakan ostelin. Obat ini umumnya banyak tersedia di toko hewan kesayangan.

Ostelin merupakan obat yang mempunyai bentuk kapsul. Untuk menyembuhkan kalkun lumpuh, bisa dengan memberi ostelin sejumlah 3 kali/hari masing-masing 1 kapsul yaitu pagi, siang, dan sore.

  Cara Ternak Ayam Kate

Pemberian secara rutin dan teratur mampu membuat proses penyembuhan kalkun lumpuh menjadi lebih cepat.

Membalurkan Tumbukan Serai

Apa saja manfaat memberi daun serai kepada ayam kalkun?. Serai juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kelumpuhan pada kalkun. Batang serai memiliki efek normalisasi kesalahan yang menyebabkan terjadi pada struktur urat.

Tumbuk batang serai sebelum digunakan, lalu lekatkan tumbukan ini ke kedua kaki dengan cara melekatkannya menggunakan plester. Gantilah batang serai tersebut setiap 2 hari sekali. Lakukan terapi ini sampai kondisi kaki kembali pulih.

Kalkun yang lagi terjangkit penyakit lumpuh sebisa mungkin ditempatkan ke kandang khusus supaya mudah dalam pengawasan. Untuk jenis kandang usahakan untuk menggunakan kandang panggung, di mana bagian dasar kandang tersebut tidak melekat dengan tanah.

Tidak ada salahnya memberikan pemijatan secara khusus pada bagian kaki kalkun yang mengalami kelumpuhan memakai salep untuk menolong proses pengobatan. Hindari menjemur dan memberi mandi kalkun yang sakit serta menjaga kebersihan kandang. Berikan 1 siung bawang merah setiap pagi untuk mempertahankan selera makannya.

  Cara Mengatasi Kalkun Mencret

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!