Cara Mengatasi Kalkun Mencret 3.5/5 (2)

Kalkun mencret ditandai dari tinja yang mempunyai warna cair dan berwarna keputih-putihan atau kehitam-hitaman. Kondisi tubuh juga terlihat lemah, dengan kedua sayap kerap diturunkan ke bawah. Penyebab utamanya yakni adanya bakteri yang telah menginfeksi saluran pencernaan.

Kalkun yang sakit sudah sepatutnya diberi pengobatan tepat sesegera mungkin. Hal ini ditimbulkan ayam terinfeksi penyakit akan mengalami masalah sehingga memicu lambatnya perkembangan .

Penyebab Kalkun Terkena Mencret atau Diare

kalkun-bergerombol

Lalu apa saja penyebab ayam kalkun terkena mencret atau diare? Penyakit diare notabene ditimbulkan oleh bakteri dan cacing ini dapat menular. Jika tidak secepatnya diatasi maka bukan tidak mungkin penyakit akan menyebar dan membuat semua isi kandang akan terkena juga.

Kalkun Terkena Penyakit Serius

Jenis penyakit serius pada kalkun?. Ada beberapa serangan penyakit yang akan menjadi penyebab perubahan warna tinja kalkun. Contohnya yakni penyakit nd (new castle disease), tetelo, atau malaria akan dapat memicu warna tinja menjadi hijau.

  Mengobati Sayap Burung Turun

Penyakit gumboro dan pullorum akan menjadi penyebab warna tinja kalkun menjadi putih. Serta penyakit koksidiosis menjadikan tinja berubah warna menjadi cokelat kemerahan. Serangan penyakit juga umumnya dapat memicu kondisi tubuh menjadi lemas.

Kalkun Sedang Dalam Kondisi Stres Beratkalkun-betina-berjalan

Apa saja penyebab kalkun mengalami stres berat? Penting sekali untuk memberikan kandang yang ideal untuk kalkun dengan mempunyai suasana nyaman dan peredaran udara lancar. Jika kondisi kandang teramat panas akibatnya ayam akan lebih sering mememinum air dan jarang mengkonsumsi pakannya.

Begitu pula kalau kondisi kandang tersebut bising dan ramai membuat ayam menjadi kurang nyaman dan mengalami stres.

Pakan Kurang Cocok atau Terlalu Rendah Gizi

Bagaimana cara memilih pakan atau makanan yang cocok untuk kalkun? Dalam manajemen penyediaan makanan untuk hewan ternak, sangat rekomendasi untuk diperhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Percuma saja seandainya anda memberi pakan banyak namun tidak bergizi karena kegunaannya bagi perkembangan ayam tidak nampak.

Hindari memberi makan yang banyak terkandung garam sebab dapat merusak keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Jangan pula memberi pakan teramat banyak terkandung protein sebab dapat mengakibatkan asam urat dan gangguan ginjal.

  Cara Ternak Ayam Kate

Kalkun memang sangat rentan mengalami masalah pada pencernaannya akibat perubahan mutu pakan. Jenis pakan yang diganti secara mendadak dapat memicu selera makannya menurun. Jika kondisi ini terus berlanjut, perkembangan dapat menjadi sangat lambat.

Oleh sebab itu, jumlah dan mutu pakan yang dikasihkan wajib memperhatikan dengan baik. Bila anda terpaksa merubah pakan, lakukan secara tahap demi tahap dan terjadwal.

Cara Mengobati Kalkun Mencret Secara Alami

kalkun-dewasa-mencret

Bagaimana cara mengobati kalkun mencret secara alami? Coba manfaatkan umbi bawang putih sebagai obat alami untuk mengobati kalkun yang diare. Bawang putih mengandung antiseptik, antibakteri, dan antibiotik alami sehingga mampu mengobati diare hingga peradangan yang menyebabkan terjadi pada usus.

Pemberian bawang putih secara bersiklus akan menurunkan jumlah cacing dan bakteri di dalam usus secara signifikan. Kandungan zat saponin di dalamnya menjadikan jaringan-jaringan cacing menjadi terhidrolis. Anda bisa menumbuk bawang putih sebelumnya, lalu bagikan langsung ke ayam diare.

Obat Untuk Mengatasi Penyakit Mencret pada Kalkun

Apa nama obat untuk mengobati kalkun terkena penyakit mencret?. Pemberian obat kimia bisa juga bisa diberikan ke kalkun yang mengalami sakit diare. Untuk tinja ayam berwarna putih kapur atau hijau dapat diberi suntikan berupa preparat sulfonamide, furozolidon, mycomas, coccilin, neo terramycin, atau tetra dengan dosis sesuai anjuran.

  Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh

Sedangkan kalkun yang diare dan cacingan bisa dikasihkan obat cacing berbahan kimia. Contohnya yakni piperazine dengan dosis 50-100 mg/kg berat badan.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!