Cara Mengatasi Kambing Lumpuh

Cara Mengatasi Kambing Lumpuh – Ada banyak sekali masalah yang akan dihadapi para pelaku sebuah usaha terutama yang berbasis pada peternakan hewan seperti kambing, sapi dan ayam. Salah satu hal yang sangat sering menjadi masalah umum yakni kambing mengalami kelumpuhan.

Lumpuh pada kambing dapat mengakibatkan suatu kondisi dimana secara tiba-tiba tidak bisa berjalan atau berdiri. Kelumpuhan termasuk dalam jenis penyakit yang bisa disembuhkan karena pada jenis tertentu bersifat tidak permanen. Namun ada juga yang sifatnya bertahan lama seperti polio yang akan membuat penderitanya selamanya akan lumpuh.

Penyebab Kambing Lumpuh Mendadak Setelah Melahirkan

kambing-lumpuh

Penyakit lumpuh pada kambing belum dapat diketahui secara jelas penyebabnya namun yang paling sering adalah kurangnya Vitamin B1 (Thiamin). Hal tersebut akan membuat terserangnya sistem saraf pusat dan pergerakan.

Kambing yang kelebihan di beri pakan butiran dan konsentrat lebih beresiko tinggi terkena penyakit ini karena tingginya aktivitas mikroba dalam rumen. Jenis yang menyerang biasanya dari spesies Bacillus Aneurinolyticus dengan Clostridium Sporogenes yang bertugus menghasilkan enzim Tiaminase. Enzim tersebut tergolong berbahaya karena dapat merusak tiamin yang menyebabkan pencernaan karbohidrat terhambat dan menyebabkan kondisi dimana kambing mengalami kekurangan nutrisi.

Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Gejala Awal Kambing Akan Lumpuh

Penyakit kelumpuhan pada kambing sebenarnya tergolong keaadaan yang sangat jarang terjadi karena umumnya hanya menyerang indukan bunting dan anakan (cempe). Penting bagi para pelaku bisnis peternakan kambing agar mengetahui apa saja gejala penyakit kambing lumpuh agar tepat sasaran dalam mengatasinya.

Walaupun tergolong penyakit jarang, sebenarnya penyakit ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Sifatnya yang berbahaya dapat membuat kambing menjadi mati secara mendadak karena kembung yang kronis. Berikut adalah gejala umum yang bisa menjadi tanda kambing mengalami kelumpuhan :

  • Temperatur tubuh kambing secara tiba-tiba meningkat disertai kejang-kejang.
  • Kambing terlihat sempoyongan saat berjalan dengan bagian kepala mendongak melihat keatas.
  • Detak jantung yang sangat tinggi saat dirasakan dan terlihat was-was.
  • Mata menjadi keputih-putihan dan terlihat keruh.
  • Kelumpuhan pada mulanya hanya pada bagian otot kaki lalu menjalar ke rahang bagian bawah.

Cara Mengobati Kambing Mencret

Cara Mengobati Kambing Lumpuh Setelah Melahirkan

cara-mengobati-kambing-lumpuh-secara-mendadak

Hal-hal berikut bisa diberikan untuk mengatasi kambing lumpuh seperti pengobatan secara tradisional atau dengan bantuan obat. Langkah terbaik sebenarnya dengan memanggil mantri hewan terdekat. Namun jika tidak ada dokter hewan di sekitar kita maka ada bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Memberi obat anti radang dengan ditambah pemberian terapi cairan. Hal tersebut untuk mengatasi masalah kekurangan nutrisi terutama karbohidrat saat kambing mengalami kelumpuhan.
  2. Memberi tambahan Vitamin B1 dengan cara oral atau bantuan alat injeksi.
  3. Untuk cempe bisa dengan memberi obat kalsium (Calc) yang biasa di minum ibu hamil dengan cara dilarutkan dalam susu sapi. Atau bisa juga dengan mencampurnya beserta dengan ampas tahu/tempe.

Cara Mengatasi Bulu Kambing Rontok

Cara Mencegah Supaya Kambing Tidak Lumpuh Setelah Melahirkan

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah agar kambing tidak mengalami kelumpuhan, berikut kami ringkas sedemikian rupa menurut beberapa hal yang paling efektif saja

  1. Memberi tambahan mineral pada makanan yang diberikan
  2. Hanya memberikan makanan yang masih segar berwarna hijau secara rutin.
  3. Memberi formula pakan yang tepat dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kambing
  4. Mengurangi pemberian makanan berjenis konsetrat dan kering.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!