Cara Mengatasi Kenari Mabung

Cara cepat dan mudah mengatasi kenari mabung beserta upaya pencegahan. Burung kenari yang mengalami mabung bisa dibilang siklus yang sangat normal terjadi. Namun masih banyak saja para kicaulovers yang belum memahami sehingga menganggapnya membahayakan tubuh si kenari itu sendiri. Proses mabung atau ganti bulu juga terkenal dengan julukan lain contohnya molting, ngurak dan sebagainya.

Saat mengalami mabung, burung kenari dapat dipastikan membutuhkan tambahan energi dan vitamin. Terutama protein yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan bulu baru. Untuk memahami apakah burung kenari sobat terkena mabung atau stres saya sudah merinci dibawah ini berbagai ciri dan cara mengatasinya dengan cepat.

Ciri ciri burung kenari mengalami mabung

ciri-ciri-burung-kenari-mabung

Berikut beberapa tanda yang menunjukan burung kenari sedang mengalami mabung atau kerontokan bulu secara keseluruhan.

  1. Kerontokan bulu – rontoknya bulu  secara tahap demi tahap merupakan ciri yang paling nampak.
  2. Malas berkicau – kenari mabung umumnya malas berkicau dan lebih banyak melamun.
  3. Bulu tidak rapih – bulu sayap dan ekor umumnya nampak nyerit atau kusut.
  4. Tampak bulu muda – karena mabung ialah proses ganti bulu, maka akan nampak bulu-bulu muda yang tumbuh disela-sela bulu lama.

Faktor Penyebab kenari mabung

faktor-penyebab-kenari-mabung

Adapun banyak aspek yang menentukan mabungnya burung kenari antara lain sebagai berikut:

1. Faktor umur

Burung yang mabung ketika umurnya masih muda prosesnya lebih lama dari kenari dewasa. Mabung sendiri juga bisa dipakai sebagai patokan kalau sudah mulai beranjak dewasa dan lebih siap kawin.

2. Faktor Musiman

Faktor berikutnya karena faktor musiman, faktor ini umumnya terjadi dengan bersamaan pada semua burung di dalam satu rumah.

Atau bisa pula sebab faktor hormon, hormon yang tidak imbang cukup membuat burung kenari mengalami proses mabung. Dan pada dasarnya peningkatan hormon terjadi disebabkan burung dalam situasi birahinya naik.

Cara Mengatasi burung kenari mabung supaya Cepat Sembuh

cara-mengatasi-burung-kenari-mabung

Mau tau cara paling jitu membudidayakan burung kenari yang lagi mabung supaya tuntas dan bulu  dapat tumbuh secara penuh, silahkan ikuti tips berikut ini.

Tempatkan Pada Ruangan Jauh Dari Keramaian

Tempatkan-Pada-Ruangan-Jauh Dari Keramaian

Tempatkan burung kenari ditempat yang jauh dari keramaian dan jauh dari aktifitas manusia. Selain itu usahakan pula untuk menjauhkan dari potensi gangguan pemangsa terutama tikus, anjing maupun kucing. Rasa tidak nyaman yang timbul karena kehadiran predator akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Pada kurungan wajib ditutupi agar suhu yang ada dalam kurungan relatif lebih imbang, terpenting burung akan fokus serta tenang selama fase mabung.

Memberi Tambahan Nutrisi Protein

memberi-tambahan-nutrisi-protein_1

Kenari mabung mengalami penurunan protein sejumlah 20% dalam badannya, karena hal tersebut sebagai penggantinya ialah dengan memberikan nutrisi sebagai pemenuh keperluan protein yakni berikan makanan yang punya beragam protein, yodium, dan mineral.

Usahakan kadar protein tidak melebihi 30%, karena dapat membuat kenari malah sering bunyi dan birahi. Hal ini tidak bagus karena pada saat mabung, sebenarnya tidak di anjurkan untuk berbunyi.

Lakukan Penjemuran dan Pemberian Makanan Alami

menjemur-kenari-mabung

Setiap hari burung dijemur selama 20-30 menit-an, selesai dijemur kandang dibersihkan lalu berikan

Pakan biji-bijian yang mempunyai kualitas diatas rata-rata seperti ebod canary, air minumnya diganti dan campurkan multivitamin merk ebod vit dengan dosis 5-10 tetes dalam 50 ml air minum diberikan setiap hari.

Menjaga Kondisi Kesehaan dan Kebersihan

Burung kenari ketika mabung wajib diharap untuk memastikan bebas dari virus pembawa penyakit. Untuk mengeceknya, bisa membawanya ke dokter binatang terdekat.

Ada baiknya untuk mulai mencoba membersihkan burung kenari dari gangguan parasit seperti kutu, mikroba, maupun cacing yang menempel.

Rutin Memberi Makanan tambahan

Berikanlah menu tambahan yang berupa sayuran dan juga buah-buahan. Pada pemberian sayuran kita dapat menentukan jenis selada, sawi putih, sawi hijau.

Pemberia buah-buahan dapat diberikan buah peer serta anggur. Atau bisa menggantinya juga dengan telur puyuh/egg food untuk menu tambahan.

Jangan lupa juga untuk menyediakan grist yang terkenal kaya manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan berbagai jenis burung terutama kenari.

Selain itu juga untuk pemenuhan kalsium, yodium untuk proses membentuk tulang dan bulu.

Memandikan Kenari Mabung Secara Rutin dan Perlahan

Perawatan kenari mabung yang terakhir ialah jangan lupa untuk meberi mandi dengan memakai campuran air shampo.

Contohnya merk jati jajar agar kuman ataupun kutu-kutu bisa hilang, kandungan tambahan aloevera juga mampu berguna melembutkan bulu kenari.

Contoh Makanan tambahan untuk kenari mabung

Tambahan makanan kaya nutrisi bagi burung kenari antara lain sebagai berikut:

  • Sayur-sayuran hijau dan segar, seperti: sawi, selada, timun, brokoli.
  • Telur rebus.
  • Tulang sotong, ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat bagus buat kenari.
  • Biji-bijian segar seperti: kecambah.
  • Buah-buahan segar seperti: pisang, pepaya, apel.
  • Berikan kulit tiram, karena kulit tiram mengandung kalsium tinggi.
  • Tambahkan multivitamin orbird paling direkomendasikan untuk membantu mempercepat dan melancarkan proses mabung.
  • Canary seed atau orang sering menyebutnya biji kenari tetap menjadi pakan utama paling direkomendasikan. Walaupun harga sedikit lebih mahal, tetapi tetap upayakan supaya memperoleh asupan pakan berkualitas tersebut.

Leave a Comment