Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan – Banyak hal bisa menjadi penyebab kucing mogok makan bisa sedang sakit atau memang tergolong suka pilih – pilih makanan. Walaupun memelihara kucing tergolong ribet tapi masih saja banyak orang suka memeliharanya.

Umumnya para pecinta kucing atau catlovers lebih sering berkumpul untuk saling berbagi solusi untuk mengatasi berbagai persamalahan yang dapat timbul pada kucing seperti malas makan contohnya.

Beberapa hal wajib diwaspadai jika hewan kesayanganmu malas makan dalam sehari saja. Umumnya, kucing itu makan sehari tiga kali sangat mirip dengan gaya hidup manusia untuk mencukupi energi dan asupan gizinya.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

kucing-malas-makan

Kucing yang jarang makan akan membuat tubuhnya rentan penyakit, bahkan hal ini bisa sangat berbahaya, karena proses metabolisme tubuh membutuhkan makanan untuk berproduksi.Kucing yang jarang makan lama kelamaan akan mengalami kerusakan dalam tubuhnya.

Hal ini bisa terjadi karena memang kebanyakan organ tubuh membutuhkan makanan sebagai sumber energi / tenaga. Kondisi tubuh akan semakin melemah dan akhirnya membuat penyakit serius dapat masuk dalam tubuh.

Kucing mogok makan dapat disebabkan oleh beberapa hal, Sehingga perlu bagi kita untuk mengetahui penyebab kenapa sampai menjadi malas makan. Setelah tahu penyebabnya tinggal menentukan cara mengatasi masalah pada nafsu makan kucing :

1. Memvariasikan Makanan

Bisa saja kucingmu tidak mau makan karena bosan dengan makanannya, Coba dengan cara memberi varian lain atau jenis makanan lain, Atau sobat bisa mengganti tipe makanannya.

Kalau terbiasa memakan tipe dry food tinggal menggantinya dengan makanan basah atau merek lain. Tapi perlu diwaspadai, mengkonsumsi makanan basah yang terlalu banyak, bisa saja membuat gigi kucing kesayangan berkarang.

Merk Makanan Kucing Terbaik

2. Mendekatkan Makanan

Kucing dengan kondisi sakit atau hamil tergolong malas untuk bergerak dari tempatnya, sehingga perlu melakukan pemancingan untuk mengatasi kondisi tidak mau makan, Tinggal coba saja mendekatkan makanan pada tempatnya beristirahat.

Pancing dengan mendekatkan makanan pada hidung atau mulutnya, Memberi makanan berbau menyengat mungkin bisa membangkitkan nafsu makannya, Cara ini dilakukan dengan harapan kucing terpicu untuk memakan di dekatnya.

3. Menyuapi Makanan

Kalau mendekatkan makanan tidak berhasil mengatasi kucing tidak mau makan karena sakit atau hamil, coba dengan cara lain misalnya menyuapinya. Ada kemungkinan kucing sobat sekarang sedang manja, dan butuh kasih sayang, Tinggal coba curahkan kasih sayangmu padanya dengan cara menyuapinya.

Cara menyuapi kucing sebenarnya tidak sulit kok tinggal gunakan sendok atau alat suntik yang sudah dicopot jarumnya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan makanan berjenis basah, Sebenarnya bisa menggunakan makanan kering, tapi wajib ditambah dengan air hangat.

Kondisi air bersuhu masih hangat atau panas mampu membuat makanan dapat dengan mudah encer dan menjadi lembut. Kondisi kucing yang lemah karena kurang makan membutuhkan makanan bertekstur lembut agar mempermudah untuk ditelan dan tidak membuatnya tersedak.

Cara Mengobati Scabies Kucing

4. Memberi Obat

Kucing yang tidak mau makan disertai lemas,diare atau mencret dan hanya minum saja bisa dikarenakan sedang sakit. Hal tersebut mampu menimbulkan beberapa tanda pada bagian dalam mulutnya terutama jika disertai muntah. Jika sobat temukan sariawan atau mulut berbau tajam bisa saja itu tanda kondisi mulut kucing sedang sakit.

Memberikan obat yang tepat bisa menjadi solusi untuk mengatasinya, sobat bisa membelinya di toko / petshop terdekat. Jika sakit terus berlanjut tanpa ada penyembuhan sedikitpun silahkan sobat kunjungi dokter terdekat. Dokter hewan akan memberikan perawatan khusus yang tepat untuk mengatasi penyakit kucingmu.

Jangan pernah mengakali kucing dengan cara memberikan obat pada makanannya karena indra penciumannya sangat peka. Saat kucing mendeteksi obat maka yang terjadi malah akan membuatnya tidak mau makan dan muntah karena mencium bau makanannya. Memberikan obat dan makanan secara terpisah adalah cara terbaik untuk memberi obat.

5. Memberi Vitamin

Kucing juga merupakan makhluk hidup yang sama dengan manusia sehingga perlu pemberian vitamin tambahan dalam mengatasi kondisi tidak mau makan. Pemberian vitamin secara tepat dan pas selain dapat membangkitkan gairah makan, bisa juga menambah metabolisme dan ketahanan tubuh.

Sobat bisa membeli vitamin di petshop terdekat, Pastikan memilih vitamin sesuai umur, jenis dan kebutuhan yang diperlukan si kucing.

Manfaat Vitamin C Untuk Kucing

6. Ajak Bermain

Kucing yang baru saja diadopsi bisa saja merasa bosan di rumah, Hal tersebut tentu akan berdampak pada perilaku serta pola nafsu makannya. Kucing yang bosan dirumah lebih cenderung tidak mau atau jarang makan serta lebih suka tidur terus.

Sebagai langkah untuk mengatasi kebosanan, bisa dengan mengajaknya beraktivitas atau bermain, Saat mood sudah membaik, nafsu makannya juga akan membaik. Jangan lupa untuk menyediakan semangkok penuh makanan kucingnya.

7. Tempat Nyaman

Sobat coba cek kondisi kandang atau tempat kucing biasa bersantai atau tempat sering tidur terus. Tempat yang kurang nyaman bisa membuatnya menjadi stress. Kebanyakan ketika mengalami stress akan malas untuk bergerak dan makan.

Periksa tempat sekitarnya apakah ada yang membuatnya stress atau bahkan hewan agresif, Pastikan tempat nyaman sehingga dapat mengatasi masalah kucing malas atau mogok makan.

Mengatasi Bulu Kucing Rontok

8. Opsi Terakhir

1. Bawa ke Dokter

Sesekali bawalah kucingmu pergi ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan apalagi jika kucing tidak mau atau mogok makan dan muntah saat makanan diberikan. Hal tersebut sebagai langkah untuk antisipasi berjaga-jaga kucingmu terkena penyakit serius dan perlu perawatan.

Dokter akan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi tubuhnya, Pada kondisi yang sangat serius mungkin dokter akan menyarankan penggunaan Tube Feeding. Tapi kalau penyakitnya ringan pasti dokter hanya memberikan obat atau vitamin penambah napsu makan.

2. Melakukan Tube Feeding

Tube Feeding biasanya dilakukan pada kucing yang mengalami kondisi sakit serius atau kondisi dimana tidak bisa mengunyah makanan. Tube Feeding merupakan cara memberikan makanan dengan memasukkan makanan ke lambung perut dengan selang. Cara ini hanya boleh dilakukakn oleh dokter hewan ahli spesialis dalam bidangnya.

Walaupun cara ini bisa dibilang menyakitkan tapi para dokter sangat merekomendasikannya lho. Cara ini juga biasa digunakan untuk mengatasi anakan kucing ( kitten ) yang tidak bisa menyusui induknya. Dengan memberikan tube feeding, diharapkan bisa mencukupi kebutuhan energi / gizi yang diperlukan organ tubuh.

kucing-malas-makan-ke-dokter

Jangan pernah menyepelekan masalah kucing malas makan bisa saja hal tersebut salah satu indikasi adanya penyakit serius di dalam tubuh. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!