Cara Mengatasi Lovebird Ngantukan

Cara Mengatasi Lovebird Ngantukan – Pada umumnya, burung lovebird yang bugar ialah nampak lincah dan sering berbunyi. Jika burung lovebird di kandang nampak sering ngantuk, bisa terindikasi lovebird tengah sakit. Umumnya burung yang sakit ini kurang lincah dan sewaktu siang hari sering diam di pojok kurungan atau tangkringan.

Ciri – Ciri Lovebird Ngantukan Atau Lesu

lovebird-ngantukan

Mengobati lovebird yang sakit tidak hanya asal-asalan saja. Perlu sebuah cara yang sempurna sehingga lovebird dapat menjadi lebih baik lagi kebugarannya. Dengan demikian, lovebird bisa aktif kembali dan bisa di ajak bermain. Berikut adalah  ciri yang dapat lihat ketika lovebird tengah sakit ngantukan

  1. Selera makan dari lovebird yang menurun disahabati dengan seringnya lovebird meminum air. Gerakan yang kurang gesitdan lebih sering melamun bisa juga mengindikasikan burung tengah sakit.
  2. Burung nampak lesu dan tidak membuang air seperti umumnya serta pada bagian bulunya kusam, kusut dan juga mengembang.
  3. Di bagian kepala, bulu lovebird akan berdiri atau jingkrak dan tidak rapi. Sayap yang terkulai dan tipe tinja yang cair bisa jadi salah satu indikasi yang perlu ditelitii.
  4. Untuk bagian pernapasan agar kita bisa tahu cara mengatasi lovebird sakit ini juga ditandai dengan nafas yang tidak teratur. Paruh sering terbuka seperti lovebird yang kepanasan. Hal ini juga berdampak pada burung yang akhirnya berdiri kurang seimbang dan mampu membuat gemetar.

Penyebab Lovebird Sering Mengantuk Atau Lesu

lovebird-kurang-bergairah

Jika burung lovebird kita sering nampak ngantuk, wajib segera di obati. Lakukan pemeriksaan sebelumnya apakah kondisi dada lovebird “nyilet” ataukah tidak. Biasanya ngantukan ialah penyakit bawaan yang ditimbulkan lovebird mengalami nyilet atau kurus dengan bagian bulu mampu membuat tidak halus.

Keadaan nyilet timbul karena kurangnya asupan gizi yang memadai serta terjadinya masalah pada sistem pencernaan dalam tubuh lovebird itu sendiri.

Cara Menangani Lovebird Sering Ngantuk dan Lesu

lovebird-lesu

Segera berikan vitamin tambahan pada lovebird contoh vitamin lovebird yang banyak dijual ialah vitamin lovebird dari ebod jaya yang tersedia di toko burung. Selain vitamin yang umum dicampur pada minumannya. Kita berikan makanan tambahan.

Contoh makanan tambahan yang dapat menggemukan lovebird dan mengobati nyilet ialah jagung muda. Pemberian jagung muda dapat dilakukan setiap hari sampai bagian dada nampak gemuk.

Selain jagung muda, bisa dikasihkan tauge,juga bisa kwaci yang dapat dikasihkan dua kali dalam jangka waktu seminggu. Jika dikasihkan berlebihan maka akan menjadikan birahi lovebird naik.

  1. Jangan lupa selalu periksa kebersihan kurungan supaya lovebird tidak tercemar bakteri yang menjadikannya rentan sakit serta nyaman untuk dibuat rumah bagi lovebird tersebut.
  2. Lakukan pengecekan asupan gizi yang disediakan pada lovebird tersebut sehingga tidak kekurangan kandungan nutrisi untuk mempertahankan kekebalan badannya.
  3. Anda perlu juga secara teratur menjemur lovebird peliharaan anda. Hal ini penting dimana terik matahari mampu menjadikannya hangat dan bugar sebagai cara menyembuhkan lovebird ngantukan. Namun pastikan jangan terlalu lama menjemurnya dan pastikan tidak melebihi jam 8 pagi.
  4. Hindari hal yang menjadikan burung menjadi kurang nyaman sehingga sedikit bisa saja bagi burung untuk sakit.
Baca Artikel Lainnya :
Mengatasi Lovebird Suka Turun Tangkringan Mengatasi Lovebird Suka Turun Tangkringan - Burung lovebird sering turun tangkringan saat sedang berkompetisi memang sering sekali terjadi. Umumnya pe...
Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Lovebird adalah salah satu jenis yang saat ini sangat digemari oleh para pecinta burung. Menurut para peneliti disebut lovebird karena sepanjang hidup...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!