Cara Mengatasi Tokek Stres

Cara Mengatasi Tokek Stres – Tokek ialah salah satu binatang yang masih banyak peminatnya. Gecko atau tokek masih termasuk sebagai bangsa cicak tetapi mempunyai ukuran lebih besar.

Sekarang banyak orang mulai terpikat untuk membudidayakan bahkan beternak tokek. Hal ini karena tokek di kenal mempunyai sangat banyak khasiat, bahkan ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa hewan ini mampu mengatasi penyakit hiv.

Oleh sebab itulah harga yang ditawarkan untuk seekor tokek sangat tinggi sekali di pasaran. Semakin besar bobot tubuh, maka semakin mahal juga harganya.

Cara Memelihara Tokek Agar Tidak Stres

Untuk tokek dengan berat sekitar 350-450 gram harga bisa mencapai 500 juta sampai 1 miliyar rupiah. Namun tentu saja sangat sulit menjadikannya mempunyai ukuran dengan berat seperti itu.

Bagi kalian yang terpikat ingin sekali beternak atau merawat gecko, berikut ialah artikel paling dasar yang dapat anda pelajari untuk mengatasi tokek agar tidak mudah stres saat dipelihara :

Membuat Kandang Ideal Untuk Tokek

Buatlah kandang dengan memakai kayu dan bentuk kotak agak besar, selanjutnya masukan bambu dengan ujungnya tertutup sebagai tempat bersembunyi. Buat kandang semampunyanya saja, mempunyai udara serta letakan kandang di tempat tenang.

Letakan juga kandang pada ruangan yang tidak teramat banyak cahaya. Saat di alam liar atau hutan, tokek menyukai tinggal di tempat yang minim cahaya.

Menciptakan Suasana Lingkungan Sekitar Nyaman

Ketika kalian ingin membudidayakan tokek, harap untuk memastikan lingkungan sekitar tempat tinggal tidak gaduh seperti di pinggir jalan raya, atau tempat yang gaduh. Karena tempat yang bising bisa menjadikan suasana kurang bersahabat untuk tokek.

Akibat stres akan membuat gecko jadi mogok makan dan minum, tentu hal ini justru akan menurunkan harga jualnya. Carilah tempat tenang, agar terhindar dari stres. Karena pada umumnya tokek menyukai tinggal di lingkungan tenang seperti hutan dan tebing-tebing.

Memberi Makanan Terbaik Untuk Tokek

Makanan ialah hal utama yang wajib anda berikan, karena makanan yang cocok akan menjadikan bobot tubuh semakin besar. Waktu paling sempurna untuk menyediakan makan tokek ialah pada jam 7, 8, dan jam 11 malam.

Berilah pakan satu tipe saja seperti jangkrik, serta hindari mencampur pakan dengan bahan lain seperti madu, atau obat penambah napsu makan. Penciuman tokek sangat tajam sehingga saat merasa makanannya terkontaminasi bahan lain maka ia akan lebih cenderung menghindarinya.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Menjinakkan Tokek Cara Menjinakkan Tokek - Sebagian orang mengangap tokek atau gecko ialah binatang yang menjijikkan dan menyeramkan. Tetapi ada juga komunitas yang ber...
Cara Menangkap Tokek Cara Menangkap Tokek atau Gecko - ialah binatang yang serupa dengan cicak, namun ukurannya jauh lebih besar dan bunyinya pun tidak sama. Di artikel in...
Ciri dan Kemampuan Tokek 14 Ciri-Ciri Tokek Mahal Beserta Kemapuannya. Binatang reptil sangat mudah ditemui di sekitar kita salah satunya adalah tokek. Lokasi keberadaannya sa...
Cara Memelihara Tokek Tokek atau gekko dapat dikategorikan termasuk dalam spesies reptil yang mempunyai bentuk mirip dengan cicak tapi dengan ukuran yang lebih besar. Wa...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!