Cara Mengawinkan Ayam Bangkok 4.5/5 (2)

Ayam bangkok merupakan tipe aduan yang memiliki kualitas unggul. Bahkan untuk jago lokal bisa dibuat babak belur oleh ketangguhan jenis  satu ini. Maka dari itu, anda tentu memimpikan keturunan dari ayam bangkok yang telah dipercaya gahar karena mampu menang berkali-kali. Namun kadang-kadang kita mengalami kesusahan untuk menjodohkan ayam bangkok tersebut.

Ternyata  ada trik khusus untuk merangsang supaya indukan bangkok agar mau melakukan perkawinan loh. Trik ini sudah dipercaya berhasil kami terapkan di pemilik ternakan sendiri. Unggas yang sudah sukses dikawinkan pun lebih mudah menciptakan telur.

Kemudian kita tinggal menanti waktu sebentar sampai telur-telur tersebut berkembang lalu menetas menjadi anakan unggul siap dipelihara.

Cara Menjodohkan Ayam Bangkok

menjodohkan-ayam-bangkok

Bagaimana cara menjodohkan atau mengawinkan ayam bangkok?. Muncul mitos menyebutkan kalau anda ingin memiliki hasil keturunan kualitasnya baik, maka jodohkan indukan bangkok pada kamis sore hari menjelang malam jumat. Mitos ini tentu tidak terlepas dari mitos malam, katanya ayam bangkok yang dikawinkan sewaktu ini bakal menciptakan keturunan lebih tangguh lagi daripada induknya.

  Manfaat Konsumsi Telur Ayam

Sebelum proses perkawinan dimulai, anda tentu perlu menyiapkan pasangan indukan. Untuk setiap pejantan bisa dipasangkan dengan 3-5 ekor ayam bangkok betina dalam satu kendang sekaligus .

Idealnya selisih usia antara ayam jantan dan betina ialah 1 tahun. Contohnya jika si pejantan berusia 3 tahun, maka usia betina berada di kisaran 2 tahunan. Nantinya pasangan ini dapat menciptakan keturunan terunggul.

Membantu Proses Perkawinan dan Penjodohan Ayam Bangkok

Kadang-kadang ada jenis bangkok betina memiliki kualitas sangat baik dan berasal dari keturunan jawara, namun ayam tersebut enggan melakukan perkawinan. Padahal anda sudah sangat yakin kalau usia sudah lebih dari cukup.

Maka satu-satunya solusi ialah dengan memaksanya dalam perkawinan. Caranya adalah pegang ayam betina tadi dengan posisi menghadap ke dalam. Lalu letakkan betina tersebut di depan pejantan bangkok siap kawin melakukan perkawinan. Untuk hal ini mungkin butuh usaha beberapa kali sampai si pejantan terpancing.

Menyiapkan Kandang Berukuran Luas / Umbaran

ayam-bangkok-unggulan

Siapkan kandang umbaran dengan ukuran cukup luas. Masukkan ayam bangkok ke dalam kandang tersebut. Ingat, setiap kandang hanya boleh diisi dengan seekor pejantan saja, sedangkan jumlah ayam betina berkisar antara 1-5 ekor di setiap kandangnya.

  Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Pada awalnya, ayam ini akan saling berusaha saling kenal secara alamiah. Setelah menunjukkan rasa cocok dan waktunya sempurna, mereka pun akan melakukan perkawinan secara bergantian.

Memberi Makanan atau Jamu Pemicu Rangsangan

Bila ayam bangkok jantan menunjukkan rasa malas dalam melakukan perkawinan. Keadaan ini umumnya ditimbulkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat. Jadi cara mengatasinya ialah anda bisa dengan memberi pengobatan kepadanya.

Bisa memakai jamu obat kuat umum digunakan manusia guna mengobati ayam bangkok yang malas-malasan. Niscaya setelah meminum obat tersebut, ayam tadi akan lebih beringas serta bersemangat.

Ciri – Ciri Pejantan Bangkok Jago Bagus Buat Indukan

ayam-bangkok-kuat

Apa saja ciri – ciri pejantan bangkok bagus buat indukan?. Dalam budidaya ayam bangkok, hal pertama yang wajib dikerjakan ialah menyiapkan bibit unggul supaya nantinya akan menciptakan keturunan yang mempunyai kualitas diatas rata-rata bagus.

  1. Bulu mengkilap serta kaku pada bagian sayap dan ekor.
  2. Kepalanya berbentuk buah pinang
  3. Batok kepala beserta tulang alisnya tebal.
  4. Mata masuk ke dalam, sipit, dan jernih
  5. Lubang hidung agak menonjol ke depan.
  6. Kulit muka kasar, tebal berwarna merah.
  7. Pukulan keras dan akurat
  8. Kaki bersisik kasar dengan bentuk dari persegi empat sampai bundar.
  9. Ketika berdiri, sikap tubuhnya tegak kokoh
  10. Memiliki tulang kasar rapat.
  11. Paruh besar, kuat melengkung beralur mulai dari lubang hidung sampai ke arah muka.
  12. Jari kaki panjang, kecil kuat dengan susunan jarinya mekar.
  13. Pandai memukul bagian vital lawan
  14. Semangat tarung tinggi.
  Cara Mengobati Ayam Ngorok

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!