Cara Mengobati Ayam Lumpuh

Penyebab Ayam Mengalami Kelumpuhan Secara Mendadak – Lumpuh ialah kondisi dimana tidak berkemampuan atau tidak kuat untuk jalan lagi, dan penyakit ini dapat menyerang semua binatang, termasuk pada ayam.

Penyakit lumpuh umumnya tidak menular, dikarenakan hanya terganggu atau cidera pada anggota badannya saja, sedangkan untuk hal yang menyebabkan ayam lumpuh itu sendiri juga terbagi menjadi lima.

cara-mengobati-ayam-lumpuh-secara-mendadak

Banyak hal bisa mengakibatkan ayam tidak bisa bergerak atau lumpuh wajib diketahui para peternak sehingga bisa mencegahnya sejak awal. Berikut ialah beberapa penyebab penyakit lumpuha dapat menyerang ayam:

Bibit Anakan Ayam (DOC) Jelek

Kualitas bibit (doc) biasa-biasa saja bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kelumpuhan ayam, umumnya ditimbulkan oleh factor keturunan atau dari indukan berkualitas sangat jelek.

Cara mengatasinya ialah jika hendak membeli bibit sebisa mungkin membeli dari penjual bibit yang sudah mempunyai reputasi. Walaupun harga yang ditawarkan agak sedikit lebih mahal namun hal terpenting ialah mendapatkan bibit dengan kualitas terjamin.

Terkena Benturan

Bisa saja yang menjadikan ayam tiba-tiba lumpuh dikarenakan terjadinya benturan, sedangkan penyebab benturan seperti:

  1. Anakan Terbentur Saat Pengiriman

    Mungkin tidak sadar selama dalam pengiriman bibit, terjadi benturan-benturan kecil pada ayam. Efek benturan tersebut tidak langsung nampak, dikarenakan bibit masih terlihat bugar ketika tiba dikawasan.

    Namun cidera yang dialami berangsur-angsur bisa dapat memicu lumpuh, jika dalam merawatnyanya kurang bersungguh-sungguh. Pentingnya merawat secara intensif ayam masih tergolong kecil ialah untuk menghindarkan atau menanggulangi pengaruh dari benturan selama pengiriman.

  2. Terkena Benda Keras

    Benturan juga dapat dialami saat memasuki usia remaja dewasa, terutama untuk ras kampung atau bangkok memang keistimewaannya suka bertarung.

    Semisalnya ketika ayam beradu atau sedang saling mengejar dan kaki terbentur dengan benda yang terdapat disekitar. Bisa saja menyebabkan luka dan tiba-tiba tidak mampu untuk berjalan lagi atau lumpuh.

Akibat Cuaca Buruk pada Ayam

Cuaca tidak ramah seperti pada musim penghujan menyebabkan suhu udara menjadi teramat dingin. Terutama jika hujan turun terus menerus sehingga membuat ayam hanya bisa berada didalam kandang dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hal tersebut akan menjadikan jaringan otot menjadi kram atau kaku dikarenakan aliran darahnya mengalami kemacetan. Cara mengatasinya ialah apabila musim penghujan tiba sebisa mungkin diberikan penghangat buatan agar suhu sangkar berangsur menghangat.

Kondisi kandang hangat membuat ayam tetap aktif bergerak sehingga sirkulasi darah lancar dan tetap dalam kondisi bugar.

Ukuran Kandang Kurang Luas

Kandang berukuran kecil atau ruang gerak tidak leluasa bisa menjadi hal penyebab ayam mengalami kelumpuhan. Hal ini sering terjadi pada jenis petelur yang menggunakan kandang berbaterai.

Diakibatkan kondisi ototnya kurang kuat, sehingga bisa dapat memicu kram pada otot atau lumpuh. Jadi sebisa mungkin jangan buru-buru dalam memasukkan ayam kedalam kandang berbaterai terutama jika masih berusia muda.

Kekurangan Vitamin dan Kalsium

Satu lagi hal penyebab ayam tidak bisa bergerak atau lumpuh yang juga sering timbul, yakni dikarenakan kekurangan kandungan nutrisi seperti kalsium dan fosfor pada makanan.

Manfaat dari kalsium dan fosfor itu ialah untuk membantu proses membentuk tulang. Apabila keperluan kalsium dan fosfor mengalami kekurangan, maka akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan keropos.

Biasanya terjadi pada hewan ternak ayam pedaging mempunyai pertumbuhan lebih cepat dan bobot tubuh akan semakin meningkat. Namun bila tidak diimbangi dengan kondisi tulang kuat akan menjadikan ayam rentan menjadi lumpuh dikarenakan tidak mampu menopang berat tubuhnya.

Maka penting untuk menyediakan makanan yang mempunyai kualitas diatas rata-rata serta memiliki kandungan nutrisi lengkap agar keperluan nutrisinya berkecukupan.

Cara Pencegahan Penyakit Lumpuh Pada Ayam

Penyakit lumpuh tidak termasuk dalam tipe menular, tetapi jika dibiarkan tanpa pencegahan, bisa saja peternakan kita akan mengalami kerugian. Ayam yang pernah mengalami kelumpuhan, perkembangannya serta hasil produksi tidak akan sempurna, dan hanya akan membuat bertambahnya anggaran makanan.

Kecuali untuk ternak jenis kampung atau bangkok yang memang terkenal mempunyai harga jual tinggi. Bisa diambil kesimpulan dari pernyataan diatas, yakni cara yang tepat ialah dengan melakukan pencegahan dimulai semenjak usia dini atau dari anakan baru menetas.

Hal tersebut bertujuan agar tidak menderita kelumpuhan nantinya saat telah dewasa. Caranya yakni dengan memelihara secara bersungguh-sungguh, memberikan makanan yang mempunyai kualitas diatas rata-rata, menjaga tingkat kebersihan kandang, memberikan vaksin dan vitamin.

Selain itu bisa juga dengan membiarkan ayam terkena sinar matahari secara langsung serta sirkulasiudara dalam kandang terjaga.

Cara Mengatasi Ayam Lumpuh Supaya Cepat Berjalan

Apabila menemukan ayam ternak menderita kelumpuhan, kita perlu buru-buru mengobatinya dengan cara melakukan perawatan intensif serta beberapa obat alami untuk kelumpuhan pada ayam seperti:

1. Bawang Putih dan Merah

Bawang putih atau merah ialah obat tradisional terbukti mampu melancarkan sirkulasi darah, serta dapat mengatasi luka dan keseleo pada ayam.

2. Gula Merah

Gula merah juga terbukti mampu membuat stamina serta sistem imunitas dan antibiotik tubuh bertambah. Sehingga sangat pas dikasihkan pada ayam yang sedang mengalami kelumpuhan agar energynya bertambah ketika proses penyembuhan.

3. Jahe

Jahe juga mempunyai kandungan beberapa zat mampu menyembuhkan peradangan dan pembengkakan. Jadi bisa juga dikasihkan ayam yang sedang mengalami kelumpuhan secara mendadak.

4. Minyak Kayu Putih

Selain pemberian beberapa obat tradisional, ayam sedang mengalami kelumpuhan bisa mengobatinya dengan mengoleskan minyak kayu putih atau setipenya pada bagian yang kram sambil dilakukan pemijatan pelan-pelan.

Dikarenakan minyak kayu putih sangat bagus untuk meringankan keseleo.

 Cara Melatih Pergelangan Kaki Ayam Bangkok

Mengobati ayam tidak bisa bergerak atau lumpuh bisa juga dilakukan dengan menggunakan beberapa cara terapi, atau memberikan pelatihan dengan mengerak-gerakkan bagian kaki secara perlahan.

Agar otot yang kram menjadi lemas terapi ini perlu rutin dilakukan setiap hari yakni pagi dan sore sampai bisa berjalan dengan normal. Dalam mengobati ayam sedang mengalami kelumpuhan memang sangat sulit untuk sembuh secara langsung, jadi membutuhkan waktu serta kesabaran.

Cara diatas tidak harus dilakukan semua secara bebarengan, cukup dengan memilih sebuah cara yang dirasa cocok dan sesuai. Lalu terapkan sampai ayam beneran sembuh atau sampai bisa berjalan dengan normal lagi.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Mengobati Ayam Pucat 5 Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Pucat dan Lesu. Ayam merupakan salah satu binatang kesayangan yang punya banyak penyuka terutama mulai dari peterna...
Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Cara Memilih Bibit Ayam Kampung Jantan dan Betina Berkualitas - Berurusan ekonomi peternakan ayam kampung memang juga merupakan salah satu tipe usaha ...
Manfaat Gula Jawa Untuk Ayam Manfaat Gula Jawa Untuk Ayam Jago Kampung - Gula jawa termasuk dalam pemanis alami yang berasal dari bahan dari tebu, aren dan air kelapa, tentu hal t...
Ciri Telur Ayam Berkualitas Hal paling penting sebelum kita menetaskan telur ayam untuk modal bibit dalam usaha ternak, ialah menentukan telur yang mempunyai kualitas unggulan at...
Cara Budidaya Kalkun Kalkun merupakan tipe unggas penghasil daging terbaik. Pemilik ternak biasanya budidaya kalkun untuk memperoleh dagingnya. Ukuran yang besar menjadika...
Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh Cara Mengatasi Kalkun Lumpuh - Tubuh kalkun yang terkena penyakit lumpuh akan terlihat lemas sekali dan cuma dapat terkulai di permukaan tanah. Bahkan...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!