Cara Mengobati Burung Salto Belum Ada Ulasan

13 Penyebab dan Cara Mengobati Kacer Salto dengan Praktis. Burung kacer poci tergolong salah satu tipe burung yang banyak disukai oleh para pemilik burung bersuara merdu.

Karena ketika mengeluarkan bunyi, suara yang dihasilkan begitu merdu disertai dengan tarian ngobra ketika diadu membuatnya semakin terlihat menarik. Corak warna burung kacer poci yakni hitam dan putih dengan ekor memanjang.

Jika anda termasuk penyayang kacer/poci, atau telah membudidayakan kacer dalam jangka waktu yang sudah lama. Tentunya mengerti perilaku kacer yang mungkin dirasa aneh dan kesulitan dalam mengatasinya.

Tingkah laku aneh tersebut diantaranya yakni mbagong, over birahi serta salto. Tingkah laku unik ini kerap mempunyai nilai buruk oleh penyuka burung bersuara merdu. Karena dapat menjadikan burung menjadi malas berkicau.

Selain hal tersebut burung kacer salto sulit untuk menjadi juara karena salto akan menurunkan penilaian dari para juri. Kebiasaan salto bisa berakibat pada timbulnya luka diakibatkan burung dapat membentur dinding sangkar, Hal ini juga biasa terjadi pada burung cendet salto.

Burung Kacer Suka Salto

Caranya yakni dengan memeriksa tingkah laku dan mengevaluasi perawatan harian yang dilakukan. Burung kerap salto umumnya ditimbulkan karena sifat dari keturunan atau bawaan indukan.

Karena hal tersebut maka harus melakukan pelatihan dampak jera salto dengan memberikan pembatas karet. Bisa dengan memberi perlakuan yang sedikit jahat (misalnya memberi semprotan air es).

Tetapi jika burung mempunyai kebiasaan salto sebab mengalami stres, sebisa mungkin anda menjinakkan burung lebih dahulu. Sebagai caranya yakni dengan memakai tutup kain pada bagian atas sangkar.

  Cara Merawat Burung Parkit

Bisa juga dengan melakukan penyetelan beberapa suara bunyi alam. Contoh suara alam yang disukai kacer yakni deburan ombak, nada air terjun, air hujan serta suara kicauan burung yang terdapat di habitatnya.

Bisa juga melakukan cara menyembuhkan burung kacer salto secara biasa hanya dalam beberapa hari. Cara ini perlu disesuaikan dengan faktor penyebab terjadinya tingkah laku salto terdapat pada kacer yang dipelihara.

4 Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kacer Batuk Tersedak

Penyebab Burung Kacer Salto

penyebab-burung-kacer-salto

Tingkah laku kacer salto seperti itu harus buru-buru ditanggulangi. Sedangkan sebagai cara mengobati salto pada burung kacer berbeda dengan penanganan atau treatment salto pada burung cendet.

Namun tetap terdapat beberapa hal yang sama patut untuk diujicoba. Sebelum mengobati kebiasaan burung salto, sebisa mungkin mengetahui apa saja yang dapat memicu burung melakukan hal ini.

  1. Mandi yang kurang baik dan tidak terencana
  2. Posisi dekat dengan burung fighter setipe atau tipe lainnya
  3. Kurangnya mandi dimalam hari
  4. Waktu kerodong kurang lama.
  5. Meniru perilaku burung salto yang lain
  6. Kacer menunjukkan perasaan terancam atau tertekan
  7. Tingkat stres yang teramat tinggi.
  8. Posisi tangkringan yang tidak menyenangkan
  9. Kandang atau kurungan yang baru
  10. Mengalami OB (over birahi).

4 Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Cara Mengobati Burung Kacer Salto Secara Mudah

cara-mengobati-burung-kacer-salto

Mengobati burung kacer salto langkah pertama dengan merubah kurungan harian dengan kurungan yang bentuknya lingkaran . Pada lazimnya kurungan tersebut digunakan oleh burung anis merah.

Bisa juga dengan merubah kurungan berukuran lebih lebar dan panjang sehingga membuat burung bisa bergerak dengan bebas. Selain hal tersebut bisa juga menutup sebelah atas kurungan dengan kain, kardus,gombal atau penutup lainnya.

Bisa juga menjauhkan burung kacer dari burung-burung tipe lain yang mempunyai kesukaan menunjukkan tingkah laku salto seperti cendet/pentet, burung branjangan serta ciblek.

Tambahkan tangkringan menjadi 2 atau mengganti letak bertengger menjadi berbentuk silang atau sejajar tergantung dengan kondisi sangkar. Berikut merupakan cara mengatasi burung kacer salto yang lainnya :

1. Melakukan Krodong Secara Penuh (Full Krodong)

Full krodong sangat ampuh untuk menyembuhkan kacer salto karena akan mengurangi penglihatan burung. Full krodong dapat diterapkan seharian untuk menjadikan kacer tidak salto lagi.

  Cara Budidaya Burung Murai Batu

Sewaktu melakukan pengkrodongan, batasi memberikan ef meningkatkan birahi untuk menjadikan saltonya tidak terulang kembali.

Baca : 6 Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Bertelur

2. Mengurangi Birahi Burung Kacer

Salah satu hal yang menyebabkan salto pada burung ialah over birahi, sebaiknya mencoba untuk melakukan berbagai hal untuk mengurangi over birahi kacer. Cara menurunkan birahi kacer tergantung dari perawatan.

Kurangi memberi EF yang dapat menjadi peningkat birahi burung dan berikan mandi kacer lebih sering dan batasi waktu menjemurkan.

3. Menghindarkan dari Burung Fighter

Burung non fighter (bukan petarung), tidak masalah jika didekatkan, tetapi berbeda dengan burung fighter (petarung). Kacer akan menjadi terpicu untuk melakukan salto.

4. Menerapkan Metode Kandang Umbaran

Salah satu metode yang dapat diimplementasikan ialah dengan membuatnya masuk kandang umbaran yang mempunyai ukuran besar. Selain menolong dalam mengurangi birahi, metode berikut bisa juga membantu untuk membuat pernapasan menjadi lebih kuat

Lakukan Metode umbaran dapat dilakukan 2 – 3 kali seminggu saja, untuk menjadikan kacer berolahraga sehingga mendapat bentuk badan yang baik.

6 Cara Membedakan Burung Manyar Jantan dan Betina Secara Mudah

5. Melakukan Mandi Dimalam Hari

Mandi dimalam hari bisa mengurangi birahi dan menyembuhkan salto pada kacer, mandikan pada pukul tujuh malam atau di atasnya. Pastikan hawa sekeliling rendah agar sejuk dan berkhasiat untuk menyembuhkan salto. Mandi malam dapat diterapkan sampai empat kali dalam sehari.

6. Merubah Letak Bertengger

Kacer salto dapat dialami kalau tangkringan posisinya kurang bagus atau model yang kurang membuat nyaman. Cobalah untuk merubah model dan letak bertengger pada sangkar burung. Letak yang disarankan ialah serong atau horizontal dengan model berbentuk T.

5 Cara Mudah Mengobati Berak Kapur Pada Burung

7. Jauhkan Dengan Burung Salto

Jangan sesekali mencoba untuk menjadikan berdekatan antara burungmu dengan kacer atau burung tipe lain yang mempunyai masalah salto.  Karena hal itu dapat menjadikan burung anda ikut salto.

  Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Jika telah kebablasan salto, jauhkan dari burung tersebut dan segera berikan perawatan.

8. Menambah Jumlah Tangkringan

Pasang 2 – 3 tangkringan sejajar dalam kurungan atau kandang, kacer akan mengalami kesulitan dalam melakukan salto, dan secara pelan-pelan kebiasaan ini bisa menghilang. Jika diperlukan, tambahlah hingga 5 tangkringan agar beneran risih melakukan salto dan membuatnya jera untuk salto.

9. Mandi Air Es

Mandi  air es sangat mirip dengan mandi dimalam hari, mandi es bisa juga mengurangi birahi dan mengobati salto pada kacer. Ambil air es dari kulkas selanjutnya gunakan untuk memandikan.

Sebelum proses memandikan pastikan kacer sudah diangin-anginkan selama tiga puluh menit agar tidak terkejut saat terkena air dingin.

Cara Mengobati Sayap Burung Turun Sebelah Cepat dan Mudah

10. Terapi Bunyi Alam

Jika salto pada kacer ditimbulkan karena stres, cobalah dalam melakukan terapi bunyi alam dari pegunungan seperti bunyi air terjun, bunyi burung, bunyi ombak, dan lainnya.

11. Rutin Memberikan Multivitamin dan Mineral

Berikan birdvit dan bird mineral untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral kacer. Kekurangan vitamin dan zat mineral bisa menjadikannya melakukan hal aneh dan salto adalah salah satunya.

12. Memberikan Pembatas Karet

Berikan karet yang tersusun sejajar di alas kurungan atau bagian atas kurungan, gunanya ialah untuk mengurangi kebebasan bergerak kacer dikala sedang salto. Penggunaan karet akan membuat aman kacer agar tidak mengalami luka dikala mencoba melakukan salto.

10 Cara Ternak Lovebird Biar Cepat Bertelur

13. Memberikan obat syaraf

Obat ini bisa menolong menyembuhkan salto pada kacer, obat syaraf juga mudah ditemukan di toko peralatan burung yang berada dekat dengan tempat tinggal anda. Tetapi memberikan obat ini sebaiknya hanya diperuntukkan jika di rasa saltonya sudah kronis.

Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengobati burung kacer salto. Jika sobat mempunyai pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar

 

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!