Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Belum Ada Ulasan

5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan – Kambing yang malas makan umumnya ditimbulkan kurang nutrisi sehingga tubuh menjadi kurus. Perlu untuk tahu kambing ialah salah satu binatang ternak produksi.

Hasil yang diambil biasanya ialah daging dan susu untuk tipe kambing etawa, kain wol untuk domba, gibas untuk dagingnya. Kambing juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk aqiqah serta qurban pada waktu hari raya idul adha. Harga binatang qurban di Indonesia juga sangat beragam.

Biasanya ditentukan dari kualitas seperti ukuran badan, bobot tubuh serta kebersihan.

cara-mengobati-kambing-tidak-mau-makan

Sebelum tahu tentang cara mengobati kambing tidak mau makan sebaiknya ketahui lebih dulu penyebabnya. Penyebab malas makan sangat beragam, di bawah ini sedikit contohnya :

1. Makanan yang Tidak Cocok

kambing tergolong dalam hewan yang suka pilih-pilih dalam makanan. Ada kalanya merasa bosan dengan pakan yang sering di makan. Sehingga akan membuat kambing menjadi tidak mau makan.

5 Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Mencret Hijau

2. Terkena Cacingan

Penyakit cacingan dapat menyerang semua binatang salah satunya kambing, cacingan akan membuat inangnya merasa sakit, dalam lambung dan saluran pencernaan. Cacing mendapat makanan dengan mengambil sari nutrisi dalam darah, sehingga membuat kambing menjadi kurus.

3. Kekurangan Vitamin

Beberapa vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk perkembangan dan kesehatan tubuh, saat kambing mengalami  kekurangan vitamin, maka sangat umum terjadi malas makan. Vitamin yang sangat bagus untuk menambah nafsu makan adalah Vitamin C.

Kenali 9 Ciri dan Tanda Kambing Akan Melahirkan

4. Keracunan Makanan

Kambing suka makan dedaunan yang disediakan oleh peternak, namun kadang peternak lupa mengecek kondisi pakan yang akan diberikan. Dedaunan yang terkena pestisida, serta baru saja dipupuk sangat beresiko.

5. Memakan Benda yang Sulit Dicerna

Biasanya terdapat sampah berserakan di sekitar kandang atau tempat memelihara. Saat mengkonsumsi pakan kadang sampah tersebut ikut masuk bersama dengan makanan.

Hal itu tentunya akan membuat sistem pencernaan menjadi bermasalah sehingga membuat kambing menjadi mogok makan. Sampah yang berbahaya misalnya plastik,karet serta kresek.

6 Ciri Kambing Hamil Muda yang Sehat

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

cara mengatasi kambing mogok makan ini terbukti manjur oleh beberapa kalangan. tetapi sebenarnya di pasar atau disekitar sudah ada banyak tipe-tipe obat untuk menyembuhkan hal ini. Misal seperti kambing mogok makan karena selera makannya tidak bagus.

1. Perbaiki Jenis Makanan yang Diberikan

Hal pertama yang dapat diterapkan untuk mengatasi kambing tidak mau makan ialah perbaiki keperluan makannya. Harus tahu bahwa keperluannya sebagai binatang ruminan ialah makanan pokoknya berupa serat atau hijauan, rumput, daun-daunan, kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein.

7 Ciri Kambing Boer Asli Indonesia Beserta Cara Perawatannnya

2. Memberi Makanan Tambahan

Rumput dan dedaunan sebenarnya sudah bisa mencukupi kebutuhan tubuh. Namun ada baiknya untuk memberi makanan tambahan yang kaya sumber kandungan nitrogen atau protein.

Kambing kurus dan tidak selera makan umumnya akibat terjadi gangguan perkembangan sehingga dapat diatasi pemberian makanan tambahan seperti konsentrat.

3. Mengobati Penyakit Cacingan Pada Kambing

Salah satu penyebab kambing malas untuk makan adalah cacingan, pemberian obat cacing secara berjangka terbukti dapat mengurangi kemungkinan terkena cacingan. Jika sudah terlanjur terinfeksi ada baiknya segera obati dengan pemberian obat cacing secara intensif dan teratur.

Ciri Kambing Etawa Kaligesing Sehat dan Asli Indonesia

4. Memberi Multi Vitamin dan Mineral Tambahan Untuk Kambing

Pada umumnya vitamin dapat diproduksi sendiri di dalam tubuh. Namun kadang produksi tidak mencukupi kebutuhan sehingga perlu di lakukan penambahan vitamin serta mineral.

Kekurangan vitamin dan mineral dapat membuat kambing menjadi tidak mau makan.

5. Memberikan Ramuan Jamu Herbal Pada Kambing

Untuk mengobati kambing malas makan dapat dengan cara kuno yaitu dengan memberi Jamu. Beberapa jenis sangat cocok dengan jamu seperti kambing pedaging atau jenis boer dan tipe perah atau etawa.

Berikut ini beberapa ramuan jamu untuk kambing dari bahan yang dibutuhkan sampai urutan cara membuatnya :

  1. Ramuan Pisang

    Bahan yang dibutuhkan : dua sisir pisang, tiga liter santan, segelas gula jawa, satu sendok garam dapur
    Aduk semua bahan menjadi satu selanjutnya masak dengan api sedang sampai matang.

  2. Ramuan Temu Ireng

    Bahan-bahan yang dibutuhkan : Satu kepalan tangan temu ireng, Satu genggam kunyit, Tiga ruas lempuyanglempuyang, Sepuluh buah pace atau mengkudu.
    Semua bahan-bahan tersebut diolah menjadi satu dan dilumat hingga lembut. Selanjutnya aduk dengan ransum kambing dan beri setiap seminggu sekali.

  3. Jamu Daun Talas

    Bahan : lima belas lembar daun talas, lima belas sendok garam, lima liter air
    Campur sampai menjadi satu dan masak larutan sampai mendidih. Selanjutnya diamkan sampai dingin lalu beri pada kambing selama satu minggu setiap  sekali sehari.

  4. Jamu Telur Ayam Kampung

    Bahan : tiga butir ayam kampung, sebotol kecap
    Campur keduanya menjadi satu dan aduk sampai rata. Berikan ramuan sehari sekali selama satu minggu maka kambing akan menjadi lebih berselera makan.

  5. Ramuan Lempuyang

    Bahan : satu genggam lempuyang, satu genggam temulawak, sebotol kecap, segayung air
    Lumat lempuyang dan temulawak sampai lembut lalu tambahkan kecap dan air. Selanjutnya masak campuran sampai mendidih dan tunggu sampai dingin.
    Dosis yang dianjurkan cukup dengan memberikan sekali dalam sehari sampai selera makan kambing kembali pulih.

  6. Jamu Daun Pepaya

    Bahan: lima lembar daun pepaya, dua butir telur ayam
    Lumat daun pepaya sampai dapat diambil airnya. Selanjutnya tambahkan air hasil perasan dengan telur dan aduk sampai tercampur rata. Berikan ramuan sekali dalam sehari.

  7. Jamu Daun Jarak

    Bahan : sepuluh lembar daun jarak, tiga gayung air.
    Rendam daun jarak di dalam air memakai wadah tanah liat dan biarkan sampai 2 bulan. Berikan jamu pada kambing satu sendok makan sehari sampai nafsu makan menjadi lebih baik.

Demikian artikel tentang Penyebab dan Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda
  Ciri Kambing Etawa Kaligesing

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!