Cara Mengobati Kenari Mencret

3 Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kenari Mencret dengan Cepat. Merawat burung kenari memang sangat menghibur. Sebab selain corak bulunya yang cantik, kicauan kenari juga sangat indah serta bervariasi.

Namun kadang terdapat beberapa permasalahan ketika merawat burung kicauan ini, salah satu masalah yang ditimbulkan yakni burung kenari menderita diare atau mencret. Jika sudah begini sebaiknya buru-buru mendapatkan info perihal hal penyebab dan cara mengobati burung kenari diare agar bisa segera disembuhkan.

Ciri-Ciri Burung Kenari Mencret

cara-mengobati-burung-kenari-mencret

Penyakit diare sering terjadi pada burung umumnya ternyata ada dua macam. Diantaranya diare dikarenakan oleh bakteri menginfeksi pencernaan dan mencret karena keracunan pakan.

Terdapat sebuah cara ampuh untuk menghindarkan supaya kenari dapat menghindari masalah diare serta serangan bakteri-bakteri penyebab penyakit. Salah satunya dengan cara melakukan pembersihan selalu kandangnya serta tempat minum atau pakan.

Selain hal tersebut, tangkringan burung tersebut juga harus selalu dijaga kebersihannya agar sulit untuk kotor dan banyak bakterinya. memang kebanyakan dari kita terkadang malas untuk melakukan pembersihan kandang, terlebih apabila menernakkan juga jumlahnya berlebihan.

Sebaiknya melakukan pembatasan jumlah yang dikembangbiakkan agar seluruh burung dapat terurus dengan sangat baik.

 4 Cara Menarik Burung Walet Agar Cepat Menginap

Penyebab Burung Kenari Terkena Diare

Sayuran masih dalam keadaan kurang bersih atau belum dicuci bisa saja masih mengandung residu desinfektan atau pestisida. Hal tersebut bisa menjadi pemicu keracunan bagi burung yang mengkonsumsinya.

Penyakit diare oleh bakteri ini dapat menular, selanjutnya untuk penyakit diare karena keracunan pakan tidak menular. Penularan dapat dialami lewat daerah makan, minuman, maupun dari tahi burung.

Diare yang dikarenakan bakteri pada biasanya terjadi disebabkan kebersihan kurungan tidak terjaga. Dengan demikian bakteri membuat sarang di daerah makan dan minuman.

6 Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Bertelur

Tanda – Tanda Kenari Mencret Keracunan Makanan

  1. Kenari mencret karena keracunan makanan mempunyai ciri yakni feses berupa cairan mempunyai warna transparan dan juga mempunyai aroma atau bau tidak teramat busuk.
  2. penyakit mencret dikarenakan keracunan makanan tidak merubah pola makan pada burung, kenari masih agresif dan selera makan masih baik.
  3. Mencret kenari yang di akibatkan oleh keracunan makanan tidak dapat menular pada kenari lain.

Tanda-Tanda Kenari Mencret Terkena Bakteri

  1. kenari diare yang ditimbulkan oleh bakteri mempunyai ciri pada feses berupa cairan mempunyai warna keruh dan juga aroma atau bau sangat menyengat.
  2. burung tidak agresif, lebih sering diam dan juga selera makan menurun.
  3. Penyakit diare yang di akibatkan oleh bakteri ini bersifat sangat menular. Sebisa mungkin mengantisipasi burung terserang penyakit mencret dengan memisahkan dari lainnya.

4 Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Cara Mengobati Burung Kenari Mencret

Cara mengatasi burung kenari diare harus mengikuti beberapa prosedur yang sebisa mungkin dilakukan supaya kenari segera membaik seperti sedia kala. Langkah pertama jauhkan burung yang tengah sakit dengan lainnya. sebab tipe penyakit tersebut sangat mudah menular.

Bersihkan juga wadah pakan serta aksesoris pada tempat berbeda, selanjutnya cuci dengan memakai sabun. Apabila burung kenari mogok makan dan masih terlihat murung saja, maka sebisa mungkin berikan makanan yang disukainya.

Kenari menyukai pakan kroto dan telur puyuh maka anda bisa dengan memberi makanan tersebut. Kasihkan juga beberapa obat yang ada kandungan antiobiotik pada burung. Obat-obatan dapat diperoleh di toko pakan atau burung dengan merk seperti birdbloon, birdy-cillin, tetra clor dan lainnya.

Untuk dosisnya anda bisa membaca bagian kemasan. Kemudian jemur burung kenari dari jam tujuh sampai dengan jam sepuluh pagi. Lakukan hal ini sampai kondisi menjadi bugar serta tinjanya bertekstur normal.

Demikian artikel tentang 3 Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kenari Mencret. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!