Cara Mengolah Daun Ketapang

Cara Mengolah Daun Ketapang – Banyak orang yang tidak tahu bahwa daun ketapang sangat berkhasiat bagi ikan cupang salah satunya untuk menyembuhkan berbagai penyakit ikan cupang.

Terkadang ada pula orang sudah tahu akan manfaatnya, tapi daun ketapang sebenarnya tidak boleh langsung digunakan perlu beberapa tahapan sebelumnya. Jika digunakan secara langsung kedalam aquarium ikan cupang maka dapat menimbulkan musibah.

Karena sebenarnya getah daun ketapang dapat mencemari air sehingga mampu membuat ikan menjadi sakit. Pencemaran daun ketapang di dalam air antara lain, munculnya minyak di permukaan, warna air berkembang menjadi keruh, mengeluarkan bau busuk.

Cara Membuat Ramuan Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

mengobati-cupang-dengan-daun-ketapang

Oleh karena itu sebisa mungkin unttuk membuat ramuan daun ketapang di olah dahulu sebagai langkah menetralisir bahaya dan resiko terutama agar tidak mencemari air yang berisi ikan. Sebelum kita membahas cara mengolah daun ketapang, perlu diketahui juga manfaatnya bagi ikan cupang :

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang dan Hias

Nama latin daun ketapang ialah catappa atau indian almond, secara alami dapat mengeluarkan cairan kimia untuk menangkal serangga serta parasit.

Daun ketapang kering yang terendam bisa menciptakan cairan kimia alami, bahkan dapat menjadikan warna air menjelma kuning kecokelatan mirip habitat ikan.

  1. Menurunkan ph air dengan menggunakan kandungan organic tannic dan humic nya
  2. Membunuh bakteri penyebab beraneka macam penyakit
  3. Merubah warna air mirip dengan habitat asli ikan
  4. Menurunkan tingkat kandungan kaporit dari air Pam

Cara Merebus Daun Ketapang Agar Lebih Manjur

Biasanya daun ketapang di olah dengan mencucinya sampai bersih lalu di jemur sampai kering, selanjutnya telah mampu di gunakan. Tanda jika ketapang yang di proses sangat bagus, maka warna air akan bermetamorfosis kuning kecoklatan, dan tidak berminyak.

Ternyata masih banyak yang masih merasa kebingungan perihal bagaimana tips mengolah daun ketapang yang benar. Dibawah ini ada sedikit tipsnya menggunakan cara perebusan

  1. Cari daun ketapang yang telah jatuh dari pohonnya, pastikan hanya ambil yang jatuh jangan memetiknya secara langsung untuk meminimalisir efek getah sisa.
  2. Jemur daun ketapang terlebih dahulu sampai benar-benar kering
  3. Setelah sangat kering baru bersihkan
  4. Masukan kedalam panci yang berisi air bersih
  5. Rebus sampai mendidih dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Selanjutnya tunggu hingga dingin hasil rebusan
  7. Saat sudah dingin buang daun ketapang sisakan airnya dan masukkan ke dalam wadah botol

Tips pemberian daun ketapang pada ikan cupang dapat dengan memberikannya sedikit saja atau sempai air terlihat sedikit kekuningan.

Apakah Merebus Daun Ketapang Efektif Mengobati Cupang ?

Metode ini sebenarnya kurang tepat bagi sebagian orang. Banyak yang beranggapan manfaat dan unsur alami daun ketapang akan ikut larut karena proses perebusan.

Terutama jika menjadikan daun ketapang untuk mengobati ikan cupang atau betta yang jelas-jelas butuh unsur kandungan di dalamnya.

Cara Mengolah Ramuan Alami Daun Ketapang

Banyak yang mempercayai bahwa daun ketapang mempunyai sangat banyak manfaat bagi ikan cupang, seperti menjadikan sisik menjadi kuat dan bercahaya, serta mengobati luka pada ikan cupang.

Daun ketapang yang bagus ialah dari pohon di pesisir pantai dengan kondisi kering dan sudah jatuh dari pohon. Jika sudah sukses memperolehnya, jangan di gunakan dulu sebelum mengolahnya secara benar, berikut metode mengolah daun ketapang yang benar:

  1. Pertama daun ketapang itu wajib di bersihkan dan cuci memakai air garam,
  2. Setelah itu rendam selama beberapa ketika.
  3. Kemudian daun ketapang tadi di peras hingga agak basah, masukan kedalam plastik dan ikat secara rapat, diamkan selama tiga hari.
  4. Setelah itu jemur hingga daun ketapang menjadi kering kembali.

Jika proses diatas sudah berhasil di lakukan, saat daun kering akan mengeluarkan bau harum seperti bau teh. Sepotong kecil saja (seujung kuku jempol) bisa memberi warna coklat kental pada 4-lima liter air.

Selain itu jika di rendam daun ketapang tak mungkin mengeluarkan minyak setelah direndam yang dapat berbahaya bagi ikan.

Cara Memberikan Daun ketapang untuk Mengobati Ikan Cupang

Sebaiknya pisahkan air daun ketapang dengan ikan, dan pemberiannya cukup 1:3 gelas, artinya ialah segelas air daun ketapang dan 3 gelas air biasa, agar kadar cairan organik tidak teramat banyak.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!