Cara Mengusir Kecoa Dari Rumah

Kecoa adalah salah satu serangga yang memiliki aroma tak sedap serta berpotensi menyebarkan penyakit. Proses perkembangbiakan cepat membuatnya susah untuk dibasmi serta membawa bakteri, serta beberapa bibit penyakit penyebab tifus, hepatitis, kolera, reaksi alergi bahkan gejala asma.

Reaksi alergi biasanya berasal dari kotoran, sisa-sisa tubuh bisa dilihat saat terkena maka akan terasa gatal-gatal dan timbul ruam di kulit. Selain bahaya diatas ternyata juga beresiko untuk kesehatan anak, karena dapat menimbulkan masalah pada saluran pernafasan hingga asma serta beresiko keracunan makanan.

Saat kecoak merayap melalui masakan, maka akan meninggalkan bakteri penyebab penyakit difteri (bakteri Corynebacterium), muntah lalu mencret.

cara-jitu-mengusir-kecoa-dari-rumah

Agar pembasmian kecoak dirumah bisa efektif maka perlu dilakukan di segala penjuru, tak hanya melalui pemakaian produk / alat pembasmi tetapi juga melalui perbaikan kondisi rumah. Berikut adalah cara mengusir kecoa di rumah:

Menjaga Kebersihan

Membersihkan tempat tinggal adalah salah satu cara efektif untuk mengusir kecoa dari rumah. Kegemarannya meminum air serta masakan sisa sehingga apabila keadaan bersih, dia tidak akan datang karena sumber pakan tak ada. Berikut ini merupakan cara termudah membersihkan rumah :

  1. Memperbaiki pipa air bocor dan kran longgar yang menjadi sumber air minum. Sebenarnya jika tanpa makanan dia masih bisa hidup selama beberapa hari, namun berbeda jika air tak tersedia dalam jangka waktu lama.
  2. Membersihkan dapur berikut ruang makan dari sisa-sisa masakan terutama berasa manis.
  3. Sapu setiap hari selanjutnya lakukan pengepelan beberapa kali seminggu.
  4. Seka dan lap permukaan dapur dengan cairan pembersih.
  5. Simpan makanan ditempat tertutup rapat, agar baunya tidak memancing kecoa untuk datang.
  6. Segera buanglah sampah dan pastikan tempat sampah anda tertutup rapat.

Coro akan masuk melalui  lubang kecil yang ada dirumah, Apabila pada dinding tempat tinggal terdapat ceruk-ceruk atau retakan, maka tutuplah memakai campuran semen dengan pasir. Ketika bolongan didinding sudah tertutup, maka kecoak tak bisa masuk lagi.

Bahan Alami Mengusir Kecoa

Jika kecoa yang ada dirumah anda masih dalam batas wajar, Anda dapat mengusirnya menggunakan bahan alami yang dibenci, di antaranya :

  1. Merica, gerus beberapa biji merica lalu campur dengan sedikit air, usapkan biji merica didaerah sering dilalui.
  2. Melati, Potong kecil – kecil bunga melati selanjutnya letakkan disekitar tempat tinggal, Aroma melati tidak disukai oleh kecoa.
  3. Biji bunga lavender, taburkan biji bunga lavender kesarang.
  4. Daun salam, cincang kasar daun salam saat masih segar lalu taruh di tempat sering muncul.

Membeli Perangkap Kecoa Paling Efektif

Anda dapat menggunakan perangkap coro apabila jumlah yang ada dirumah masih dalam jumlah kecil, biasanya perangkap dijual di pasaran dalam bentuk gel. Kecoa sangat menyukai tempat gelap lembap sebagai sarangnya.

Tempatkan perangkap diarea belakang kulkas, almari, kolong sofa, bawah wastafel, dekat ceruk atau retakan dinding. Sebelum memberi perangkap ada baiknya baca instruksi penggunaan yang terdapat pada kemasan.

Jangan lupa cuci tangan sebelum / sesudah menggunakan cara mengusir kecoa dari rumah yang ini, agar tidak terkena reaksi alergi, serta jauhkan dari jangkauan anak dan hewan peliharaan.

Menggunakan Boraks untuk Membasmi Kecoa

Salah satu cara menghilangkan coro  yang jumlahnya semakin hari bertambah secara efektif dengan memakai boraks. Bahan ini adalah tergolong dalam obat kimia berbahaya jika terhirup, sehingga perlu hati-hati dalam menggunakannya, taruh dekat sarang serta jauhkan dari hewan peliharaan atau anak-anak.

Bukalah jendela lalu gunakan masker saat anda menggunakan boraks untuk membasmi kecoa. Implementasikan beberapa metode di atas agar dapat membasmi tuntas hewan menjijikkan dari rumah, semoga bermanfaat dalam menghindarkan segala penyakit.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!